Cara Beternak Bebek


Cara Beternak Bebek - Beternak angsa menjadi pilihan yang sempurna berdasarkan saya. Selain omzet yang potensial, ternak angsa juga gak susah – susah banget kok, asalkan peternak sudah cukup wawasan dan sabar dalam merintis perjuangan ternak bebek. Masakan angsa sudah menjadi primadona di pengecap orang – orang Indonesia. Bebek goreng, angsa bakar dan aneka macam macam jenis kuliner angsa akan selalu di cari oleh para penggemarnya jadi sudah niscaya angsa akan selalu di cari dan diminati. Berbicara seputar kebutuhan, ada aneka macam macam angsa dan jenis perjuangan yang sanggup anda geluti, ibarat halnya cara beternak angsa petelur, cara beternak angsa pedaging, cara beternak angsa peking, cara beternak angsa ras, cara ternak angsa petelur kering sampai cara ternak angsa petelur modern. Bagaimana cara beternak angsa secara umum? Yup, kali ini saya akan coba jeaskan mengenai cara beternak angsa yang baik dan benar.


 Beternak angsa menjadi pilihan yang sempurna berdasarkan saya Cara Beternak Bebek

1.Selektif menentukan bibit

Bagi anda yang berminat merintis perjuangan angsa petelur, sebaiknya anda melaksanakan seleksi awal untuk menentukan bibit ternak angsa petelur. Anda dapat membeli telur tetas dari induk itik yang dijamin keunggulannya. Selain itu anda juga sanggup memelihara induk itik yaitu pejantan dan betina unggul untuk mendapat telur tetas kemudian meletakannya pada mentok, ayam atau mesin tetas. Anda juga sanggup membeli DOD (Day Old Duck) dari pembibitan yang sudah dikenal mutunya maupun yang telah mendapat rekomendasi dari Dinas Peternakan setempat. Dengan menentukan bibit secara selektif, diperkirakan perjuangan anda akan sanggup berkembang dengan baik.

2. Lokasi yang tepat

Dalam merintis perjuangan bebek, jangan lupakan pemilihan lokasi kandang. Usahakan lokasi sangkar jauh dari pemukiman semoga angsa tidak bising kendaraan. Selain itu, bertujuan semoga penduduk setempat tidak terganggu dengan kegiatan angsa – angsa anda. 

3. Pakan yang baik

Berikan pakan angsa dengan dedak, jagung, padi, bungkil, dan kedelai. Anda juga sanggup menciptakan sendiri dedak semoga sanggup menghemat pengeluaran. Klasifikasikan pakan angsa ketika berumur 1 – 2 ahad 60 gram/ ekor/ hari, maupun sehabis angsa berumur 10 ahad 100 – 150 gram/ hari/ ekor. Hal ini dilakukan semoga angsa anda tumbuh secara baik dan optimal serta terjamin perkembangbiakannya.

4. Suhu kandang

Saat menciptakan kandang, anda perlu mengatur suhunya. Biasanya angsa petelur sanggup berkembang biak secara baik di suhu sekitar 39o celcius.

5. Bahan Baku kandang

Untuk menciptakan kandang, anda sanggup membuatnya sendiri sesuai dengan kebutuhan. Material yang di butuhkan umumnya ibarat kayu, kawat, besi. Semakin baik sangkar yang anda buat maka akan semakin memperlihatkan kenyamanan bagi angsa anda.

6. Antisipasi penyakit

Pada ketika itik atau angsa sakit, biasanya akan menampakkan ciri-ciri ibarat nafus makan hilang, tidak bersuara, gerakannya lamban atau pasif. Berikut ini beberapa penyakit yang mungkin saja sanggup muncul dan penanganan yang sanggup anda lakukan.

7. Panen ternak


Setelah proses itik betina dibuahi maka itik akan bertelur. Itik sanggup bertelur 200-250 butir pertahun. Waktu memanen yang tepata ialah pada pukul 06.00 – 07.00. Wadah telur berupa keranjang atau wadah lain yang cekung. Hendaknya telur segera dipasarkan. Unuk meningkatkan nilai tambah, telur sanggup diasinkan terlebih dahulu untuk dijual sebagai telur asin. Telur dihentikan disimpan lebih dari lima hari.

- Telur sanggup dijual /dikonsumsi
- Kotoran sanggup menjadi pupuk kandag
- Bulu angsa sanggup jadi kerajinan tangan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel