Pengertian Prinsip Ekonomi



Prinsip Ekonomi ialah berusaha dengan alat alat atau dana yang ada untuk memperoleh hasil atau tujuan sebesar besarnya atau dengan biaya / pengorbanan yang sekecil kecilnya untuk memperoleh hasil tertentu. Kaprikornus sebetulnya kurang sempurna jikalau dikatakan bahwa prinsip ekonomi ialah berusaha untuk mencapai hasil atau tujuan sebesar besarnya dengan biaya/ pengorbanan yang sekecil kecilnya. Misalnya jikalau akan pergi ke suatu tempat, kita akan berusaha menawar serendah mungkin ongkos angkutan.

Dengan demikian prinsip ekonomi menunjukkan:
- Suatu cara bertindak yang berusaha mencapai hasil optimal dibandingkan dengan biaya  /pengorbanan yang dikeluarkan; atau
- Suatu cara bertindak yang berusaha mencapai hasil tertentu dengan mengeluarkan biaya/ pengorbanan sesedikit mungkin.
 ialah berusaha dengan alat alat atau dana yang ada untuk memperoleh hasil atau tujuan se Pengertian Prinsip Ekonomi

Prinsip ekonomi selalu berkaitan dengan efisiensi. Kata efisien menawarkan perbandingan yang seoptimal mungkin antara pengorbanan dan hasil (dengan titik berat pada segi pengorbanan). Kaprikornus cara kerja yang efisien menawarkan bahwa suatu hasil dicapai dengan biaya pengorbanan yang paling sesuai tanpa pemborosan.

Seseorang konsumen harus memperhatikan bagaimana memakai penghasilan yang terbatas untuk keperluan makan, minum, pakaian dan lain lain sedemikian rupa sehingga kebutuhan kebutuhan hidup terpenuhi dengan seoptimal mungkin. Demikian pula seorang produsen harus memperhitungkan berapa hasil yang harus dicapai dan berapa baiay yang dikeluarkan untuk itu. Pemerintah juga harus mempertimbangkan bagaimana mengaloasi uang negara yang terbatas untuk perbaiakn jalan, mendirikan pabrik, membuatkan pendidikan, kesehatan, dan sebagainya secara efisien.

Manusia selalu bertindak rasional. Artinya insan berusaha memperoleh kepuasan maksimum dengan pengorbanan minimun. Orang yang memakai prinsip ekonomi dalan hidupnya tidak berarti memeningkan diri sendiri dan merugikan orang lain. Akan tetapi sebaliknya, prinsip ekonomi sanggup diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat terutama dalam masyarakat yang sedang membangun.

Berikut ini ialah pola contoh perjuangan insan yang memakai prinsip ekonomi. Seorang ibu rumah tangga membeli gula di pasar. hal itu disebabkan harga gula di pasar lebih murah dibandingkan di pasar swalayan (supermarket). Siswa sekolah lebih suka membeli buku buku pelajaran di koperasi sekolah dibandingkan di toko buku lantaran di koperasi memperoleh potongan harga sebanyak 10%.

Cari pola contoh tersebut tampak bahwa dalam melaksanakan tindakan ekonomi selalu berpedoman pada prinsip ekonomi, tetapi sanggup diterapkan pada banyak sekali aspek kehidupan yang lain. Orang yang tidak memakai prinsip ekonomi sering bertindak boros dan tidak efisien yang kesudahannya menimbulkan kerugian atau mengurangi laba yang seharusnya diperoleh. Orang akan semakin terlatih bertindak sesuai dengan prinsip ekomoni dengan cara mencar ilmu dari pengalaman, baik pengalaman sendiri maupun pengalaman orang lain.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel