Cara Beternak Sapi Limosin Yang Sempurna Untuk Pemula


Cara Beternak Sapi Limosin yang Tepat Untuk Pemula - Sapi limosin merupakan jenis sapi yang sering dijadikan ternak, alasannya ialah sapi ini sangat disenangi oleh banyak masyarakat. Bentuknya yang sangat besar menciptakan harga sapi ini jauh lebih mahal daripada harga sapi Indonesia. Sapi limosin mempunyai ciri khas dengan tipe pedaging yang berbulu berwarna cokelat tua, kecuali di belahan sekitar ambing berwarna putih serta lutut ke bawah dan sekitar mata berwarna lebih muda. Sapi ini pertama kali dikembangbiakkan di Perancis, dan ketika ini sudah sanggup ditemukan di Indonesia dengan mudah. Ternak sapi limosin mempunyai keunggulan tersendiri daripada sapi biasa, alasannya ialah pertumbuhan badannya yang sangat cepat. Di dalam dunia industri peternakan sapi Lomosin diprediksi akan terkenal dan menjadi primadona baru. Sapi limosin mulai dilirik para peternak ibarat halnya peternak sapi brahman dan sapi simental, alasannya ialah sapi limosin sendiri mempunyai pertumbuhan yang cepat dengan harga jual yang tidak mengecewakan tinggi.


Cara Beternak Sapi Limosin yang Tepat Untuk Pemula  Cara Beternak Sapi Limosin yang Tepat Untuk Pemula

Bagaimana langkah – langkah beternak sapi limosin?
Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu persiapan sangkar sapi. Kandang sapi lazimnya mempunyai dua bentuk yaitu sangkar individu dan juga sangkar kelompok. Ukuran pada sangkar individu biasanya 2,5 x 1,5 meter dengan ditempati satu ekor sapi limosin. Dengan sangkar individu ini sapi limosin akan lebih cepat tumbuh, alasannya ialah tidak terjadi persaingan dalam mendapat pakan serta mempunyai ruang gerak yang terbatas. Sedangkan sangkar kelompok merupakan sangkar bakalan sapi dalam satu periode penggemukan ditempatkan dalam satu kandang. Dalam sangkar kelompok seekor sapi akan mempunyai kelemahan, yaitu terjadi persaingan dalam mendapat pakan, sehingga sapi yang besar lengan berkuasa akan lebih cepat tumbuh daripada sapi yang lemah. Selain kandang, perlu juga dilengkapi dengan peralatan sangkar ibarat sekop untuk membersihkan kotoran, Garpu untuk mengaduk pakan, baskom untuk wadah munum dan sanitasi untuk memandikan sapi, sapu lidi untuk bersihkan kandang, serta sikat yang sanggup dipakai untuk memandikan sapi.

Langah kedua yang sanggup anda lakukan ialah memperhatikan pakan yang harus diberikan pada ternak anda. Dalam kegiatan penggemukan dan pertumbuhan sapi limosin pakan merupakan hal terpenting, alasannya ialah secara keilmuan dari sisi fisiologis dan system pencernaan sapi digolongkan ke dalam binatang ruminansia (hewan yang pencernaanya melalui tiga proses yaitu verbal dengan dibantu air ludah, dalam rumen dengan dukungan mikroba rumen, dan enzimatis sehabis melewati rumen). Keberhasilan bertenak sapi limosin khususnya pada ketika penggemukan sanggup di beri pakan sapi dengan dua jenis, yaitu hijauan dan kombinasi pakan hijauan dengan konsentrat.

Hal lain yang perlu diperhatikan ialah melaksanakan perawatan secara umum.    Perwatan dilakukan untuk memberi vaksin dan obat cacing untuk meningkatkan kekebalan tubuh sapi limosin. Perawatan lain yang sanggup dilakukan ialah membersihkan kotoran sangkar setiap hari untuk meningkatkan kadar kebersihan sangkar dan menjaga sangkar biar tidak terlalu lembab dan biar sealu sehat sehingga menjauhkan ternak dari setres. Kebersihan kawasan pakan dan minum biar pakannya tidak tercampur dengan bakteri. Upayakan wadah pakan dan minum ternak sapi limosin anda terbuat dari materi yang tidak melukai, sanggup memakai kayu atau tembok/ semen, kemudian kawasan air minumnya upayakan terbuat dari baskom plastik yang tak gampang pecah. Selain itu, sanggup juga memandikan sapi ternak limosin minimal 3 kali sehari untuk selalu menjaga sapi dalam keadaan sapi biar tetap bersih.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel