Kegunaan Barang Dalam Ilmu Ekonomi



Kegunaan Barang Dalam Ilmu Ekonomi - Barang sanggup memuaskan kebutuhan manusia. Jadi, barang itu memupunyai kegunaan. Dengan kata lain, suatu barang dikatakan berkhasiat jikalau memenui kebutuhan manusia. Oleh sebab kegunaannya, maka barang tersebut disukai orang.
Barang sanggup memuaskan kebutuhan insan Kegunaan Barang Dalam Ilmu Ekonomi


Ada beberapa macam kegunaan barang sebagai berikut:

Kegunaan dasar
Kegunaan  adalah peningkatan dari materi dasar menjadi barang jadi yang memiliki nilai guna yang lebih tinggi daripada barang asalnya. Misalnya, kapas sebagai materi dasar menciptakan benang, benang sebagai materi dasar menciptakan tekstil dan tekstil sebagai materi dasar menciptakan pakaian.

Kegunaan bentuk
Agar menjadi berguna, sesuatu barang harus diubah terlebih dahulu dari bentuk aslinya. Kulit sapi lebih berkhasiat jikalau sudah diubah bentuknya menjadi sepatu atau tas. Kayu akan lebih berkhasiat sehabis diubah bentuknya menjadi meja dan kursi.

Kegunaan tempat
Barang menjadi berkhasiat jikalau telah dipindahkan ke tempat lain. Padi yang dipanen tetap disimpan di lumbung kurang berguna. Padi akan lebih berkhasiat apabila dibawa ke kota dan kawasan daerah yang kekurangan beras. Pasir di pantai atau di sungai kegunaannya kecil. Akan tetapi, sangat berkhasiat sehabis diangkut ke tempat tempat lainnya sebagai materi bangunan. Demikian pula kapur di gunung menjadi berkhasiat sehabis dibawa ke tempat lain untuk materi bangunan.

Kegunaan pemilikan
Suatu barang akan lebih berkhasiat jikalau benda itu telah dimiliki atau di sewa oleh orang yang membutuhkan. Buah buahan yang buka milik kita tidak sanggup kita makan. Buah buahan itu gres sanggup kita makan sehabis kita miliki. kendaraan beroda empat di toko akan memiliki nilai guna jikalau sudah dibeli seseorang. Kamar hotel akan berkhasiat jikalau sudah disewa orang.

Kegunaan waktu
Barang yang memiliki kegunaan pada waktu tertentu, contohnya jas hujan yang hanya berkhasiat pada ketika atau ekspresi dominan hujan saja.

Kegunaan pelayanan
Suatu barang akan menjadi berkhasiat jikalau sanggup menunjukkan jasa kepada kita. Misalnya televisi akan berkhasiat jikalau ada siaran. siapabisnis.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel