Kelebihan Dan Kekurangan Perjuangan Budidaya Ikan Koi



Kelebihan dan Kekurangan Usaha Budidaya Ikan Koi - Ikan Koi merupakan salah satu jenis ikan hias yang mempunyai banyak penggemar di kalangan pecinta ikan hias. Ikan Koi berasal dari sebuah persilangan antara aneka macam jenis ikan mas dan pertama kali di populerkan di Jepang. Selama bertahun-tahun penduduk Jepang mengembangbiakan ikan koi, barulah mereka sadar ikan ini mempunyai nilai estetika yang tinggi. Keindahan ini mereka jumpai dikala tanpa sengaja ditemukan ikan koi berwarna merah dengan corak biru muda. Selanjutnya, aneka macam persilangan pun mulai galak dilakukan untuk menghasilkan ikan-ikan koi yang bercorak sangat indah. Budidaya ikan koi untuk keperluan ikan hias mulai serius digeluti di Jepang sekitar tahun 1820-1830. Mereka mulai memeliharanya di bak ikan yang sudah dibentuk khusus di perkebunan.

Kelebihan dan Kekurangan Usaha Budidaya Ikan Koi  Kelebihan dan Kekurangan Usaha Budidaya Ikan Koi
www.pixabay.com
 Lantas kelebihan apa saja yang sanggup dirasakan dengan budidaya Ikan Koi?
Meskipun perjuangan Ikan Koi di Indonesia belum terlalu terkenal bila dibandingkan Ikan Koi asal Jepang, namun dikala ini perjuangan budidaya ikan Koi di Indonesia terus mengalami perkembangan yang cukup pesat. Untuk cara budidaya ikan Koi sanggup dibilang cukup gampang untuk dilakukan lantaran langkah-langkah dalam budidaya ikan Koi hampir sama dengan ikan mas pada umumnya. 

Tetapi, untuk mendapatkan bibit ikan Koi cukup sulit dan bahkan tidak sedikit para peternak atau pembudidaya yang sudah sukses eksklusif mendatangkan bibit ikan Koi berkualitas eksklusif dari Jepang. Bagi anda yang tertarik untuk mencoba budidaya Ikan Koi, berikut ini akan dijabarkan kelebihan dan kekurangan budidaya Ikan Koi secara lengkap.

Baca artikel menarik lainnya mengenai ikan koi: Cara budidaya ikan koi untuk usahaCara pemasaran ikan koi; Cara mengawinkan ikan koi; Tips budidaya ikan koi di aquarium; Cara membesarkan ikan koi; Cara membedakan ikan koi jantan dan betina;  Kelebihan dan kekurangan budidaya ikan koi; Harga ikan koi. 
Kelebihan Usaha Budidaya Ikan Koi:

1.    Mudah Menerima Makanan
Salah satu alasan Ikan Koi udah dibudidayakan yakni lantaran ikan Koi gampang mendapatkan makanan apa saja. Ikan Koi mau mendapatkan aneka macam jenis makanan baik berasal dari binatang ataupun materi nabati (tumbuh-tumbuhan). Koi mau mendapatkan ikan, sayur-sayuran, dan daging. 

Tetapi untuk mendapatkan ikan Koi yang tumbuh sehat dengan warna yang memikat maka perlu memberi makan Ikan Koi dengan makanan buatan yang merupakan gabungan aneka macam bahan-bahan nabati dan hewani juga vitamin-vitamin yang sangat aktual terhadap pertumbuhan dan warna di badannya.
2.    Ikan Koi Praktis Menyesuaikan Diri
Ikan Koi juga dikenal sebagai ikan yang gampang mengikuti keadaan dengan lingkungan barunya. Ikan ini sanggup menempati hampir semua tempat. Tetapi pada dikala pemindahan, jangan hingga Ikan Koi mengalami perubahan secara mendadak. Kalau hal itu terjadi, kemungkinan Ikan koi akan menderita. Jika anda berminat memelihara Ikan Koi tetapi tidak mempunyai lahan yang cukup, anda tidak perlu khawatir lantaran Ikan Koi tidak membutuhkan daerah terlalu besar. 
3.    Ikan Koi Mempunyai Manfaat Bagi Kesehatan
Terdapat banyak sumber manfaat lain dari Ikan Koi lantaran kandungan yang terdapat didalam daging ikan koi ini antara lain yakni sebagai berikut :
·         Omega 3 bermanfaat untuk otak dimasa pertumbuhan dalam meningkatkan kecerdasan.
·         Protein merupakan salah satu senyawa yang berkhasiat untuk meregenerasi sel – sel tubuh yang usang diganti dengan sel tubuh yang baru.
·           Fosfor yang mempunyai manfaat untuk kesehatan tulang.
·           Vitamin D yang sama fungsinya dengan fosfor untuk mencegah penyakit osteoporosis.

Selain kelebihan yang sanggup dirasakan, apa kekurangan yang menjadi resiko bagi para peternak Ikan Koi?

Ketika membuatkan budidaya ikan mas koi, tentu juga tak hanya kelebihan yang sanggup dirasakan, ada pula resiko yang harus di tanggung oleh para peternak Ikan Mas Koi. Selain perlunya pengetahuan yang cukup untuk sanggup membudidayakan ikan bagus ini, ikan mas koi juga dikenal rentan terkena wabah penyakit. Permasalahan pada budidaya ikan yang menimbulkan janjkematian masal yangterjadi khusunya pada ikan mas dan koi diantaranya disebabkan oleh serangan virus. 

Faktor yang disebabkan penyakit atau virus inilah yang sangat banyak merugikan pembudidaya atau penggemar ikan yang cukup terkenal ini, sehingga kadang peternak ikan koi ini kesulitan untuk membudidayakan ikan koi tersebut. Beberapa penyakit sanggup menyerang tanpa membedakan jenis inangnya sedangkan yang lain bersifat spesifik-inang. 

Penyakit yang diakibatkan virus biasanya bersifat khusus pada famili yang mempunyai kekerabatan bersahabat atau bahkan hanya pada jenis tertentu. Umumnya, penyakit yang diakibatkan virus sanggup menjadikan penyakit yang akut dan kematian. Pada famili cyprinid, beberapa virus yang pernah dilaporkan menimbulkan penyakit akut, antara lain: rhabdovirus, corona-like virus, iridovirus dan herpesvirus

Herpesvirus pada ikan secara umum diidentifikasi sebagai penyebab penyakit mulai dari bisul sisik hingga bisul sistemik yang fatal hingga menimbulkan janjkematian pada ikan mas koi. Dalam hal ini peternak peru dibekali pengetahuan yang cukup untuk mengantisipasi koi semoga terbebas dari virus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel