7 Tips Ampuh Belanja Berilmu Hadapi Simpulan Bulan


7 Tips Ampuh Belanja Pintar Hadapi Akhir Bulan - Akhir bulan bagi sebagian orang merupakan sesuatu yang sulit sehingga mengharuskan kita untuk sanggup mensiasatinya biar kondisi keuangan tidak mencekik. Di tanggal – tanggal final bulan merupakan masa kritis bagi orang yang kondisi keuangan di rekeningnya pas-pasan. Mau nggak mau harus berimprovisasi biar hidup sanggup tetap berjalan walau isi dalam kantung pas-pasan. Salah satu cara yang paling ampuh dalam menghadapi masa kritis di final bulan yakni dengan cara berhemat. Segalanya sanggup dilakukan dengan berhemat, termasuk dalam hal berbelanja. Salah menentukan cara belanja sama saja dengan menyia-nyiakan hasil kerja kerasmu. Nah, biar nggak salah langkah dalam menyiasati final bulan, kau sanggup coba 7 trik belanja khusus di final bulan.
Akhir bulan bagi sebagian orang merupakan sesuatu yang sulit sehingga mengharuskan kita un 7 Tips Ampuh Belanja Pintar Hadapi Akhir Bulan


1.     Coba atur intensitas belanjamu setiap 6 hari sekali. Biar tetap ada uang walau belum saatnya gajian lagi
Terkadang banyak orang menentukan berbelanja segala kebutuhan dengan harga yang cukup mahal, meskipun dengan alasan lebih mudah dan masih punya banyak uang sebab masih awal bulan. Namun, hal ini bahwasanya menciptakan kita terjerembab di awal perjalanan atau sanggup dibilang salah perhitungan. Belum hingga pertengahan bulan uang udah habis. Salah satu cara biar kau masih tetap punya uang sisa di final bulan yaitu dengan mengatur intensitas belanja. Alih-alih membelanjakan semua uang di awal bulan, cobalah untuk mengatur biar kau belanja setiap 6 hari sekali. Bagi total dana belanjamu ke dalam kebutuhan per 6 hari itu.

Menuruti cara ini meski sudah final bulan kau nggak lagi harus khawatir dengan tirisnya dompetmu!

2.    Belanja pakai kartu debit memang praktis. Tapi hindari deh biar kondisi keuanganmu nggak tiris
Menggesek kartu debit setiap belanja memunculkan rasa punya uang di otak kita. Karena tidak memegang uang cash kita jadi lebih spontan dalam belanja. Sebab aktivitas ini menciptakan kita kehilangan kendali atas jumlah uang yang memang ada di rekening kita. Biar di final bulan kau nggak merana ada baiknya aktivitas menggesek kartu debit ini kau hindari sebab sanggup – sanggup aktivitas menggesekmu malah menjadi hobi. Bawa uang cash selalu dalam dompetmu. Batasi penggunaan kartu debit cuma jikalau benar-benar perlu meskipun tengah ada diskon belanja spesial.

3.    Demi kondisi keuangan yang aman, hindari mampir ke minimarket yang penuh godaan
    Kemudian niat awalmu yang hanya jajan minuman berubah jadi jajan camilan, beli sabun, dan pembersih muka varian baru. Yeah. Minimarket memang semudah itu menggoyahkan imanmu. Biar godaan macam ini nggak tiba lagi sebisa mungkin hindari mampir ke minimarket demi keamanan keuanganmu. Apalagi di final bulan.

4.    Lakukan ‘puasa’ berbelanja beberapa hari dalam seminggu. Hal ini sanggup menyelamatkanmu di final bulan
Berbicara soal berbelanja, tentu tidak ada habisnya. Bahkan jikalau kita punya uang sanggup jadi kita belanja setiap hari. Apapun hal yang sanggup menciptakan kita ingin belanja, ibarat melihat masakan yummy di pinggir jalan, baju – baju yang menarik dan nikmat di pandang, hingga gadget yang sanggup kita dapatkan apabila kita punya cukup uang. Hal tersebut sanggup mengakibatkan kita ketergantungan untuk belanja, bahkan setiap harinya. Kita perlu melaksanakan puasa belanja. Dalam artian, beberapa hari dalam seminggu kita perlu menghindari belanja atau jajan sembarangan. Ini sanggup membantu kau dalam menghadapi masa – masa kritis di final bulan.

5.    Biasakan menyimpan struk belanja kemudian masukkan ke spread sheet anggaran. Cek dulu spread sheet ini sebelum belanja di final bulan

Seberapa sering kau menyimpan struk belanja? Sering dianggap sebagai kebiasaan remeh, mencatat baik-baik setiap struk pengeluaran dan struk belanja jarang kita lakukan. Padahal dari sini keamanan keuangan sanggup kita dapatkan.

Mulai kini biasakan kebiasaan gres ini:
 Simpan struk belanja – masukkan semua pengeluaranmu dalam 1 spread sheet- cek dulu spread sheet ini sebelum belanja di final bulan. Hal ini tak hanya berlaku untuk aktivitas belanja offline kau saja, akan tetapi juga berlaku bagi kau yang punya hobi belanja online di toko online

Cara sederhana ini membuatmu benar-benar tahu berapa uang yang masih kau punya. Hal ini juga sanggup membantumu membandingkan pengeluaran tiap bulannya.

6.    Pakai ‘kacamata kuda’ dengan membawa list belanja. Jangan biarkan dirimu keluar dari jalurnya
Bukan saatnya diakhir bulan buat kamu memberi pemakluman pada diri sendiri dengan kata-kata,

“Ya udah deh…boleh dibeli.”

Sebelum berangkat belanja di final bulan, cek dulu semua item yang kau butuhkan. Apa yang sanggup dibeli nanti, apa yang harus segera dibeli. Sebisa mungkin hanya beli barang yang ada di daftar belanjaanmu saja. Cara ini ibarat meletakkan kacamata kuda di depan matamu biar pengeluaranmu tetap terkendali.

 7.    Pandai – cerdik mencari diskon final bulan, memudahkanmu mengendalikan pengeluaran di final bulan
Masih resah harus gimana jikalau final bulan tiba? Masih banyak promo atau diskon di final bulan. Hal ini sanggup membantu meringankan dan memberimu kesempatan buat belanja di final bulan. 

Dari 7 cara ini mana yang mau kau coba? Belanja di final bulan nggak perlu menyiksa kok jikalau tahu caranya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel