Cara Beternak Ayam Petelur


Cara Beternak Ayam Petelur- Mungkin banyak yang bertanya bagaimana cara menciptakan sangkar ayam petelur, harga ayam petelur siap telur, cara beternak ayam petelur bagi pemula, bibit ayam petelur, analisa perjuangan ayam petelur, ternak ayam petelur rumahan, pakan ayam petelur, modal ternak ayam petelur. Yup, anda hanya perlu sabar menunggu,karena pada goresan pena saya kali ini, saya akan coba menjelaskan mengenai cara beternak ayam petelur. Untuk hal lebih jelasnya akan saya paparkan di bawah ini.

Pemilihan Lokasi Ternak
Dalam pemilihan lokasi kandang, anda perlu upayakan dalam pemilihan lokasi semoga jauh dari pemukiman warga. Selain sebab baunya yang menyengat, alasan lain mengapa harus menentukan lokasi sangkar yang jauh dari permukiman warga yakni sebab karakteristik ayam petelur yang gampang sekali stress. Pada umumnya, ayam petelur sangat sensitif dengan bunyi keributan.

Mungkin banyak yang bertanya bagaimana cara menciptakan sangkar ayam petelur Cara Beternak Ayam Petelur

Persiapan pembuatan kandang
Kandang yang dipakai untuk beternak ayam petelur disiapkan terlebih dahulu. Kandang dibentuk jauh dari pemukiman dan gampang dijangkau kendaraan. Ada 2 bentuk sangkar yang biasanya dipakai untuk beternak ayam petelur yaitu sangkar koloni, yaitu sangkar yang dibentuk sangat besar sehingga dalam satu sangkar terdiri dari ribuan ekor ayam petelur dan sangkar individual atau batere, yaitu sangkar yang diisi oleh satu ekor ayam saja, biasanya sangkar ini mempunyai bentuk persegi. Kandang ini  banyak dipakai peternakan ayam petelur secara komersial.

Pembuatan sangkar ayam
Membuat konsep desain sangkar ayam, sebaiknya anda menciptakan sangkar berbentuk panggung dengan tujuan semoga mempermudah dikala pemanenan atau pengambilan telur semoga telurnya gak akan tercecer kemana - mana. Kandang batere dibentuk dengan lantai yang melandai dengan sedikit kemiringan kearah depan dan berujung pada pecahan depan (luar) kandang. Ini menciptakan telur ayam akan menggelinding dan berkumpul di depan dan memudahkan pemilik untuk memungutnya.

Perawatan ayam petelur
Agar ayam tidak terjangkit penyakit, maka anda harus secara rutin melaksanakan pencucian sangkar dengan melaksanakan vaksinasi dan juga menyuntikan antibiotik kepada ternak anda semoga kekebalan badan ayam lebih kuat. Apabila sudah ada ayam yang terjangkit penyakit, pisahkan dari kawanan semoga tidak segera menyebar.

Pakan yang bergizi
Pilihan pakan untuk ternak ayam petelur di antaranya yakni sentrat, jagung yang sudah digiling, atau tepung ikan. Variasi pakan perlu dilakukan semoga nutrisi yang dibuthukan ayam petelur dapat terpenuhi semuanya.

Untuk pinjaman pakannya, setiap harinya ayam petelur harus diberikan masakan dengan intensitas tiga kali sehari. Selain pakan, jangan lupa untuk memperlihatkan minum juga. Untuk problem pakan ini, orang yang tetapkan ternak ayam petelur juga harus mengetahui porsi makan ayam yang pas. Pakan yang diberikan dihentikan kurang atau berlebihan.

Panen ayam petelur (5-9 Minggu)
Pakan yang diberikan untuk ayam pada fase ini yaitu pakan yang mempunyai kandungan gizi sebagai berikut: protein 18%-21%, serat berangasan 4,5%, lemak 2,5%, kalsium 1%, energi 2900-3400 kcal dan phospos 0,7-0,9%. Berikut adalag dosis atau diosis pinjaman pakan pada fase ini:

-Minggu kelima (30-36 hari) setiap hari diberi pakan sebanyak 111 gram/ekor.
-Minggu keenam (37-43 hari) setiap hari diberi pakan sebanyak 129 gram/ekor.
-Minggu ketujuh (44-50 hari) setiap hari diberi pakan sebanyak 146 gram/ekor.
-Minggu kedelapan (51-57 hari)setiap hari diberi pakan sebanyak 161 gram/ekor.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, selamat mencoba dan semoga sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel