Peluang Bisnis Perjuangan Tabung Gas Dengan Analisa Lengkap
Monday, September 5, 2016
Edit
Setiap tahun seruan gas selalu meningkat, baik itu digunakan rumah tangga, rumah makan, warung makan industri, dll. Setiap tahun juga ada siklus di mana ada kelangkaan gas, menjadikan harga gas mahal.walaupun harga mahal, masyarakat tetap membeli alasannya yakni merupakan salah satu kebutuhan pokok yang wajib di beli. Dari satu kondisi tersebut, merupakan salah satu peluang besar untuk mendirikan perjuangan yang niscaya untung alasannya yakni niscaya laku.
A. ASPEK PASAR DAN PEMASARAN
Hampir setiap rumah, setiap warung di manapun niscaya memakai gas untuk memasak. Kaprikornus potensi perjuangan ini sangat besar
Saluran Distribusi
Jika pada umumnya untuk berjualan gas hanya mengandalkan pembeli tiba ke daerah anda, kini sistem kerjanya, pendistribusian produk dengan cara mengirim gas secara pribadi ke rumah, warung makan atau rumah makan dan toko yang sudah menjadi pelanggan.
Analisa SWOT
Dalam melaksanakan suatu bisnis, kita perlu memahami bahwa pentingnya analisis SWOT dalam pengoperasian perjuangan kita.
Kekuatan :
· Usaha gas didirikan menurut kebutuhan utama yang meningkat tajam yaitu gas untuk memasak yang mau tidak mau harus dijalankan alasannya yakni adanya korversi minyak tanah ke gas. dengan pengamatan yang telah dilakukan sebelumnya.
· Tidak ada risiko produk tersebut tidak laku. Yang terjadi yakni laris cepat atau laris lambat, tergantung dari perjuangan anda
· strategi pemasaran yang berbeda dari pesaing2 yang lain menciptakan mempunyai pelanggan sendiri.
· Memberikan nilai lebih dalam pelayanan dalam bertransaksi. Dengan memperlihatkan fasilitas kepada warung/rumah makan biar tidak perlu membeli gas di daerah lain.
· Kemudahan biaya yang relatif murah dan diskon yang diberikan.
Kelemahan :
· Modal yang dibutuhkan haruslah cukup.
· Kepercayaan pelanggan yakni yang utama. Pengiriman harus sesuai sempurna waktu.harus stanby setiap waktu. Sehingga perlu tenaga ekstra.
· Diperlukan keahlian lebih untuk mendapat seorang pelanggan.
· Kendala kendaraan untuk transportasi yang belum memadai.
Peluang :
· Adanya konversi minyak tanah ke gas, minyak tanah semakin langka dan semakin mahal.
· Mengingat bahwa kebutuhan gas sangat dibutuhkan oleh semua kalangan sehingga termasuk kebutuhan pokok,
· Efisiensi biaya memaksa warung/rumah makan harus mencari harga gas yang murah dan tidak perlu bersusah payah membeli diluar.
· Menambah jaringan dengan mendekati Toko2 yang punya potensi banyak konsumen gas sebagai pelanggan.
Ancaman :
· Adanya dominasi dari distributor gas dan sudah mempunyai pelanggan.
· Perkembangan perjuangan gres distributor gas yang kecil2an sudah mulai meningkat
Ancaman keamanan
· Risiko kebocoran yang dihadapi sangat besar
Kriteria Agen gas dan air galon yang diinginkan konsumen :
Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil pengamatan, didapat kriteria distributor gas yang diinginkan konsumen sebagai berikut :
· Harga murah dan mendapat laba lebih.
· Produk yang berkualitas dan kondusif untuk dipakai.
· Pelayanan yang utama (pengiriman sempurna waktu).
Strategi Promosi
· Pada awal pembukaan, image toko akan baru. Baik itu nama, spanduk, produk yang dijual. Hal itu akan menciptakan image yang positif.
· Menyebarkan banyak brosur2 yang telah di buat.
· Mendekati calon pelanggan satu per satu.
· Mendatangi toko2 strategis. Jika bersedia menjadi pelanggan akan didata identitasnya. Menjadi pelanggan akan mendapat diskon.
· Mendatangi rumah/warung/rumah makan/toko yang telah disurvey. Jika bersedia menjadi pelanggan akan didata identitasnya. Menjadi pelanggan akan mendapat diskon.
B. ASPEK MANAJEMEN
- Persiapan dan kesiapan dalam menyediakan produk dan promosi sampai dengan tahap beroperasinya perjuangan tersebut dibutuhkan waktu selama 4 minggu.
- Pembelian alat-alat berupa kunci gembok dan rantai
- Pembelian gas 12kg dan 3kg dari distributor isi ulang langsunG
- Pembelian gerobak motor
Analisis Pekerjaan
Dalam pengoperasian tersebut dibutuhkan pelayanan yang baik dalam melayani pelanggan sehingga menambah gambaran atau image baik Pelayanannya antara lain :
· Anda wajib memperlihatkan senyum ramah kepada pelanggan.
· Anda wajib berkomunikasi untuk menjalin pertemanan pada pelanggan.
· Anda wajib untuk sekali-kali membeli produk dari pelanggan.
· Anda sekali kali bersedia untuk mengirimkan pesanan produk yang akan dipesan di luar kegiatan pengantar.
· Pelayanan yang diberikan harus sempurna pada jadwalnya sehingga menciptakan pelanggan puas dengan pelayanan ini.
Jadwal kerja dalam usaha ini adalah sebagai berikut:
· Dalam pencarian calon pelanggan tidak mengenal batas waktu oleh alasannya yakni itu dibutuhkan kerja keras.
· Sistem pengantaran produk akan dijadwal sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
· Sistem pengantaran produk setiap hari dilakukan
C. ASPEK KEUANGAN
Investasi awal
Gas 12 kg | 20 tabung | Rp.400.000 | Rp. 8.000.000 |
Gas 3 kg | 60 tabung | Rp.100.000 | Rp. 6.000.000 |
gerobak angkut gas (di pasang di motor) | Rp. 2.000.000 | ||
Peralatan lain-lain | Rp. 200.000 | ||
Total | Rp.16.200.000 |
Biaya tetap
Penyusutan gerobak angkut 1/36 xRp.2.000.000=Rp.50.500 | |
Service motor 1 bulan Rp.100.000 | |
total | Rp. 150.500 |
Biaya variabel
Belanja harian | |||
Beli gas 12 kg | Rp.120.000 | 10 tabung | Rp. 1.200.000 |
Beli gas 3 kg | Rp. 15.500 | 30 tabung | Rp. 465.000 |
Bensin | Rp. 10.000 | ||
total | Rp. 1.675.000 | ||
Total perbulan = harian x 30 | Rp. 50.250.000 |
Perhitungan Untung Rugi
Penerimaan per bulan | ||||
Gas 12 kg | Rp.125.500 | 10 tabung | Rp.1.255.000 | |
Gas 3 kg | Rp. 18.000 | 30 tabung | Rp. 540.000 | |
Total harian | Rp.1.795.000 | |||
Total perbulan | Rp.1.795.000 x 30 | Rp.53.850.000 | ||
Pengeluaran per bulan | ||||
Biaya tetap | Rp. 150.500 | |||
Biaya variabel | Rp. 50.250.000 | |||
Total pengeluaran | Rp.50.400.500 | |||
Laba bersih | Rp. 3.449.500 |
Semoga bermanfaat.