4 Cara Sukses Budidaya Ikan Koi Untuk Usaha



Cara Sukses Budidaya Ikan Koi Untuk Usaha  - Ikan koi berasal dari bahasa jepang yang berarti ikan karper. Di jepang, ikan koi dijadikan sebuah simbol persahabatan dan cinta. Hal itu dikarenakan ikan koi ada merupakan homofon yang maknanya ialah cinta dan kasih sayang. Ikan koi termasuk diantaranya ialah ikan mas dimana ikan tersebut mempunyai ornamen dan bentuk yang sangat indah, selain itu ikan ini termasuk ikan jinak. Anda niscaya sering melihat beberapa teman dan tetangga yang memelihara ikan koi dirumah alasannya ialah terdapat kepercayaan bahwa dengan memelihara ikan koi akan membawa keberuntungan. Jika anda menekuni peluang perjuangan budidaya ikan koi, anda harus mempelajari cara mengawinkan ikan, cara memelihara baik di kolam terpal, di aquarium, atau di kolam beton. Anda juga harus sanggup membedakan koi jantan dan betina. Anda juga harus mengerti analisa perjuangan menyerupai modal awal, pemeblian peralatan dan perlengkapan, dan terakhir kuntungan usaha. 

Cara Sukses Budidaya Ikan Koi Untuk Usaha 4 Cara Sukses Budidaya Ikan Koi Untuk Usaha


Kali ini SiapaBisnis hanya akan mengulas perihal cara sukses budidaya ikan koi untuk usaha. Usaha budidaya ini bergotong-royong cukup gampang dikerjakan alasannya ialah prosesnya sama dengan budidaya ikan mas. Namun anda tetap harus mengetahui cara budidayanya.
Proses Pemilihan Induk
Langkah awal proses budidaya ialah dengan menentukan induk ikan koi yang tepat. Proses ini sangat penting mengingat nanti akan menghasilkan anakan ikan yang bagus dan berkualitas. Secara umum anda sanggup melihat dan mengamati ciri ciri ikan koi yang baik menyerupai menentukan ikan yang sudah berumur lebih dari 2 tahun, mempunyai jenis ikan yang hampir sama, jikalau anda mengamati bentuk tubuhnya ideal jikalau dilihat dari atas menyerupai torpedo, gaya berenang ikan tersebut hening dan seimbang, anda juga sanggup mengamati warna ikan yang cerah dan kontras, pilihlah ikan yang gesit atau lebih banyak gerak.

Proses Pemeliharaan Indukan
Jika anda sudah menentukan indukan ikan koi, langkah selanjutnya ialah dengan memelihara indukan tersebut dengan memisahkannya kedalam kolam khusus. Sebaiknya kolam ikan berkedalaman sekitar minimal 150 cm. Anda juga harus memperhatikan kepadatan kolam jangan hingga terlalu padat. Sebagai pola ukuran kolan 4 x 5 meter diisi maksimal 20 ekor betina atau 40 ekor jantan. Anda juga harus memisahkan ikan jantan dan ikan betina biar nanti dikala dipijahkan tidak mengalami pemberokan. Untuk tunjangan pakan indukan diberi 3 hingga 5 % dari bobot tubuh dalam satu hari dan jumlah tunjangan pakan 3 hingga 4 kali.

Proses Pemijahan
Menyiapkan tempat pemijahan – anda harus menyedikan kolam khusus yang terbuat dari semen dan diplester biar sisik ikan tidak rusak jikalau ada gesekan. Kedalaman kolam sekitar 3 x 6 meter dengan kedalaman 60 cm dan ketinggian 40 cm. kolam harus ada susukan keluar masuk air dan diberi saringan halus tujuannya biar larva hasil pemijahan tidak hanyut ke luar kolam.

Melakukan proses pemijahan -  proses pemijahan dengan cara memasukkan indukan koi betina dahulu pada sore hari. Anda harus menunggu pada malam harinya biar ikan sanggup menyesuaikan diri di kolam gres dan tidak stress. Setelah itu masukkan ikan jantan di kolam sebanyak 3 hingga 5 ekor biar potensi kegagalannya kecil. Dari situ ikan akan dibuahi dimana ikan betina menyemprotkan telurnya pada kakaban. Setelah selesai, angkat indukan tersebut pada kolam pemijahan biar ikan indukan tidak memakan telur telurnya.

Penetasan larva – untuk penetasan telur suhu air harus 27 hingga 30 derajat celcius dan akan menetas dalam waktu 48 jam. Jika suhunya cuek penetasannya akan usang dan jikalau suhunya panas maka telurnya akan membusuk. Jika larva sudah terbentuk beri makan kuning telur yang sudah di rebus, dilumat dan dicampur air pada hari ke lima. Untuk tunjangan pakan jangan berlebihan alasannya ialah akan mengotori kolam. Dalam tunjangan pakan berlangsung selama 3 ahad sehabis itu dipindahkan ke kolam lain.

Pendederan – proses selanjutnya ialah memindahkan ke kolam pendederan hingga ikan koi berumur 3 bulan. Dari umur tersebut ikan koi berukuran sekitar 15 cm. kolam yang berukuran 3 x 4 m dengan kedalaman 40 cm sanggup menampung 250 hingga 300 ekor ikan koi. Pemberian pakan pelet 2 hingga 3 kali dalam sehari.

Proses Penyortiran
Proses terakhir ialah penyortiran untuk menentukan kualitas ikan. penyortiran sanggup dilakukan pada umur 1 bulan, namun pada umumnya dilakukan pada umur 3 bulan. Proses penyortiran ialah dengan menentukan ukuran, bentuk, warna ikan koi. Bedakan dengan kualitas rendah dan kualitas bagus.


Tokoh Wirausaha Usaha Sukses Budidaya Ikan Koi


Namanya ialah Bapak Mashuri, seorang warga Tambakboyo kota Blitar. Selama ini kota Blitar memang dikenal sebagai salah satu sentra budidaya ikan koi. Banyak pelaku perjuangan yang menggeluti budidaya ikan koi, bahkan di kota Blitar terdapat patung ikan koi.

Wilayah yang terkenal sebagai budidaya ikan koi berada di kecamatan Tambak boyo, kota Blitar.

Ceritanya Bapak Mashuri memulai budidaya ikan koi semenjak tahun 1982, dikala di Sukabumi, Jawa Barat mulai mengenai budidaya ikan koi kemudian inspirasi perjuangan tersebut di terapkan di kota Blitar dan bertahan hingga sekarang. Peluang perjuangan budidaya ikan koi memang masih potensial dan sangat mendukung sumber daya di tempat tersebut, alasannya ialah kota Blitar masih sangat melimpah sumber daya airnya dan tanah untuk lahan budidaya masih sangat luas.

Kualitas hasil budidaya ikan koi tidak kalah bagus dengan kualitas dari Jepang. Banyak sekali pembeli tiba dari luar kota menyerupai Jakarta, Medan, Kalimantan dan kota kota lain.

Usaha bapak Mashuri bertahan hingga kini alasannya ialah memang prospek dan laba dari ikan koi sangat besar. dengan harga jual yang tinggi menciptakan warga warga sekitar tertarik untuk ikut dalam perjuangan budidaya ikan koi.

Dukungan dari pemerintah kota Blitar sangat penting sebagai promosi ke kota lain di Indonesia biar tidak perlu impor dari negara lain.

Ketekunan dalam perjuangan akan membuahkan hasil yang nyata, jikalau kita konsisten pada apa yang ditekuni, maka keberhasilan akan mengikuti.


Ingin Budidaya Ikan Koi??? Harus Tahu Jenis Jenis Ikan Koi.

Begitu banyaknya masyarakat yang menyukai ikan koi, namun mereka tidak tahu bahwa ternyata aneka macam jenis jenis ikan koi. Mungkin saja dikarenakan pelaku perjuangan penjual ikan koi hanya menjual beberapa jenis ikan koi saja. mereka hanya budidaya ikan koi yang paling dicari masyarakat saja.

1. Ikan Koi Kohaku
Ikan ini memang termasuk terkenal dan banyak dicari masyarakat. biasanya kita sering sekali menemukan jenis ikan koi ini. ciri cirinya yaitu mempunyai warna dasar putih dengan adonan warna merah menyala di beberapa bab tubuhnya. Warna ikan yang cerah menciptakan ikan ini sangat disukai masyaarakat.


2. Ikan Koi Kujaku
Selanjutnyanya ialah ikan koi kujaku, ikan ini mempunyai persamaan dengan ikan koi kohaku dalam soal warnanya namun ada perbedaan terdapat warna kehitaman di beberapa bab tubuhnya. 


3. Ikan Koi Shiro Bekko
Ciri ciri dari ikan koi ini ialah warnanya putih cerah dan terdapat warna corak hitam di bab tubuh. Ini ini juga mempunyai garis garis yang indah di bab sirip dada ikan.


4. Ikan Koi Shiro Utsuri
Ikan koi ini terlihat hampir sama dengan ikan koi shiro bekko, namunterdapat perbedaan yaitu ikan shiro utsuri wana hitam sebagai warna dasar dan mempunyai corak warna putih.


5. Ikan Koi Shiro Matsuba
Ikan ini mempunyai ciri yaitu warna dasarnya putih dengan terdapat corak hitam pada bab sisinya.


6. Ikan Koi Aka Matsuba
Ikan ini mempunyai persamaan dengan ikan koi shiro matsuba, namun terdapat perbedaan yaitu pada warna dasarnya. Warna dasar ikan ini ialah merah dengan pola hitam berbentuk jaring.


7. Ikan Koi Tancho
Ikan ini mempunyai ciri yaitu warna dasarnya putih dengan corak warna merah di bab kepalanya saja.


8. Ikan Koi Tancho Showa
Ciri ciri dari ikan koi ini ialah adanya corak hitam  dengan warna dasar putih kemudian terdapat warna merah di kepalanya.


9. Ikan Koi Tancho Goshiki
Pola warnanya masih menyerupai koi tancho, namun bedanya ikan koi ini mempunyai corak hitam titik titik menyerupai jaring di seluruh tubuhnya.


10. Ikan Koi Tancho Kohaku
Ikan koi ini mempunyai pola warna merah cerah dengan bentuk lingkaran di kepala dan warna dasarnya putih bersih.


11. Ikan Koi Tancho Goromo
Ikan koi ini mempunyai ciri corak hitam dan merah di bab kepala dan diantara mata terdapat perisai.


12. Ikan Koi Tancho Sanke
Ikan koi ini hampir sama dengan tancho showa, namun perbedaannya ikan ini mempunyai warna merah di bab kepala dan mempunyai warna dasar putih. Dan terdapat warna hitam yang sedikit di bab tubuhnya.


13. ikan Koi Tancho Kujaku
Ikan koi ini mempunyai warna dasar putih dengan pola warna orang di bab kepala.


14.  ikan Koi Aka Bekko
Ikan koi ini mempunyai warna dasar merah dengan pola hitam di beberapa bab tubuh dan sirip berwarna putih.


15. Ikan Koi Ki Bekko
Ikan koi ini mempunyai ciri warna sadar kuning dengan corak hitam di tabgian tubuh.


16. Ikan Koi Kumonryu
Ikan koi ini mempunyai keistimewaan yaitu sanggup mengubah warna tubuh pada setiap tahun, namun warna dasar yang paling banyak ditemukan ialah warna hitam dengan corak putih di bab atas badan.


17. Ikan Koi Beni Kunmonryu
Ikan koi ini mempunyai 3 warna yaitu warna dasar putih cerah, corak merah cerah dan bintik hitam.


18. Ikan Koi Hajiro
Ikan koi ini mempunyai warna hitam pekat dan ujung sirip yang bewarna putih.


19. Ikan Koi Aka Hajiro
Ikan koi ini berwana dasar merah secara keseluruhan dan ujung sirip bewarna putih.


20. Ikan Koi Kikokuryu
Ikan koi ini mempunyai warna yang sangat bagus yaitu warna dasar putih dengan warna hitam berbetuk baris lurus rapi pada sisiknya.


21. Ikan Koi Beni Kikokuryu
Ikan koi ini mempunyai banyak warna di seluruh tubuh contohnya di bab punggung bewarna kuning kemudian dipadukan dengan warna putih dan hitam di bab perut.


22. Ikan Koi Goromo
Ikan ini hasil dari perkawinan antara koi kohaku dan koi asagi atau juga koi sanshoku dengan koi asagi. Memiliki ciri sisik yang bewarna merah dan ada lingkaran biru pada bab sisi ikan sehingga terlihat indah.


23. Ikan Koi Ai Goromo
Ikan ini memiki warna merah atau orange di tubuh secara merata. 


24. Koi Sumi Goromo Fish
Ikan ini mempunyai dua warna yaitu hitam dan putih.


25. Ikan Koi Budo Goromo
Ikan ini mempunyai corak warna merah dan warna dasar putih.


26. Ikan Koi Goshiki Goromo
Ikan ini  tidak mempunyai corak warna yang higienis di punggungnya.


27. Ikan Koi Ogon
Ikan koi ini mempunyai sisik bewarna keemasan, di bab kepala terdapat warna emas namun tidak jernih, sirip dada berkilau dan tubuh yang ramping.


28. Ikan Koi Platinum
Ikan koi ini bewarna putih keperakan atau menyerupai platinum. Tidak ada corak warna yang lain.


29. Ikan Koi Yamabuki Ogon
Ikan koi ini mempunyai warna kuning cemerlang atau warna metalik.


30. Ikan Koi Orenji Ogon
Ikan ini mempunyai warna merah keemasan, jikalau dilihat ikan ini sangat indah dan cantik.


31. Ikan Koi Nezu Ogon
Ikan ini mempunyai warna dasar bubuk abu keruh sehingga kurang menarik untuk dilihat.


32. Ikan Koi Ki Utsuri
Ikan ini mempunyai warna dasar hitam dan corak warna kuning pekat.


33. Ikan Koi Hi Utsuri
Ikan ini mempunyai warna dasar hitam namun mempunyai corak merah.


34. Ikan Koi Showa Sanshoku
Ikan koi ini mempunyai wana dasar hitam gelap dengan corak warna putih dan merah di tubuhnya.


35. Ikan Koi Kin Showa
Ikan ini hasil dari perkawinan Ogon Platinum dengan Showa biasa. Memiliki warna dasar putih dengan corak merah dan hitam.


36. Ikan Koi Boke Showa
Ikan ini mempunyai sisik yang kusam dan menyerupai terlihat pudar. Warna dasar ikan ini putih dengan corak hitam dan merah di bab kepalanya.


37. Ikan Koi Hi Showa
Ikan ini mempunyai warna dasar putih dengan corak hitam dan putih di tubuhnya.


38. Ikan Koi Sanke                                                           
Ikan ini bewarna dasar putih dengan pola merah dan hitam.


39. Ikan Koi Benigoi
Ikan koi ini bewarna dasar merah ke kuningan di seluruh bab tubuh.


40. Ikan Koi Karasugoi
Ikan ini mempunyai satu warna saja yaitu hitam pekat.


41. Ikan Koi Kigoi Fish
Ikan ini mempunyai warna kuning keemasan di seluruh tubuhnya tanpa ada corak sama sekali.


42. Ikan Koi Soragoi
Ikan ini mempunyai warna bubuk abu dengan corak merah kekuningan.


43. Ikan Koi Chagoi
Warna ikan ini kuning namun agak keruh dan tergolong non metalik.


44. Ikan Koi Doitsu Hariwake
Ikan ini sangat indah, alasannya ialah mempunyai warnakuning metalik dengan warna putih yang merata di tubuh.


45. Ikan Koi Sushui
Ikan ini mempunyai ciri tidak mempunyai sisik kecuali di beberapa bab punggunya. Warna dasar ikan ini putih dengan corak merah.


46. Ikan Koi Asagi
Ikan ini sangat terkenal dan termasuk jenis tertua. Ikan ini warna dasarnya biru dan terdapat corak merah di bab perut


47. Ikan Koi Kikusui
Ikan ini bewarna dasar putih dan pada bab kepala terdapat corak orange.


48.  Ikan Koi Shigure Ochiba
Ikan ini mempunyai warna dasar kuning ke bubuk abuan dan corak warna kuning.


49. Ikan Koi Yamato Nishiki
Ikan ini hasil perkawinan antara ogon platinum dengan sanke.


50. Ikan Koi Hikari
Ikan ini bewarna silver pada seluruh bab tubuh dan tidak ada corak warna.



51. Ikan Koi Black Dragon
Ikan ini termasuk paling mahal di dunia alasannya ialah corak warnanya yang unik menyerupai naga



  

Demikian ulasan mengenai cara sukses budidaya ikan koi untuk usaha. Dengan mengetahui cara budidaya merupakan salah satu tahapan yang harus anda kuasai dalam membuka usaha


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel