Harga Dan Cara Pemasaran Perjuangan Budidaya Cacing Tanah


Harga dan Cara Pemasaran Usaha Budidaya Cacing Tanah – mungkin bagi sebagian masyarakat perjuangan ini masih ajaib dan masih jarang alasannya yakni dalam pikiran kita sudah jijik dan lekat dengan kotor. Usaha yang saya maksud yakni perjuangan budidaya cacing tanah. Anda pastinya mengenal binatang ini. binatang ini hidup di dalam tanah dan sebagian dari kita bila melihat binatang ini akan merasa jijik dan takut menyentuhnya. 

Namun bila anda mencermati potensi perjuangan dari binatang ini, terdapat laba besar yang akan didapatkan. Jika anda menggeluti perjuangan budidaya ternak cacing tanah maka anda harus mengetahui analisa usahanya, harga cacing tanah dan cara pemasarannya, cara pemeliharaannya, jenis pakan apa saja untuk cacing tanah. Yang terpenting dari perjuangan ini yakni anda dihentikan merasa jijik atau risih alasannya yakni setiap hari anda akan mengalami dan berdekatan dengan situasi ibarat itu.
Baca juga artikel menarik lainnya: Kelebihan dan kekurangan budidaya cacing tanah; Cara menyiapkan media pada budidaya cacing tanah; Pakan untuk cacing tanah Cara budidaya cacing sutra.

Prospek perjuangan budidaya cacing tanah
Salah satu keunggulan dalam bisnis budidaya cacing tanah yakni pengelolaannya tergolong mudah, dan modal perjuangan yang diharapkan juga tidak banyak namun dengan laba yang didapatkan lebih besar. Cacing tanah ternyata banyak peminatnya dan seruan pasar akan cacing tanah ternyata cukup besar, hal itu dikarenakan cacing merupakan salah satu jenis pakan alternatif bagi binatang ternak. 


Cacing tanah sangat disukai oleh pelaku perjuangan ternak binatang unggas alasannya yakni cacing tanah mempunyai kandungan protein yang tinggi dan kandungan asam amino yang lengkap. Selain untuk pakan hewan, beberapa jenis cacing tanah juga ternyata sanggup dijadikan sebagai obat.  Banyak manfaat lain yang didapatkan bila anda membuka perjuangan budidaya ternak cacing tanah. 
Harga dan Cara Pemasaran Usaha Budidaya Cacing Tanah Harga dan Cara Pemasaran Usaha Budidaya Cacing Tanah


Kali ini SiapaBisnis akan mengulas mengenai harga cacing tanah dan cara pemasarannya. 

Harga cacing tanah – sebagai informasi cacing tanah mempunyai kemampuan berkembang biak yang sangat cepat dimana hanya dalam waktu 2 hingga 3 bulan dari mulai telur hingga usia dewasa. Selain itu rata rata bila beternak 100 ekor cacing sanggup diperoleh 100.000 dalam satu tahun. Salah satu keunggulan perjuangan ini yakni harga cacing tanah yang sangat tinggi sehingga laba yang didapat bisa berkali kali lipat. Harga cacing tanah jenis lumbricus dipasar lokal sekitar Rp.80.000 hingga 100.000 per kilo tergantung di tiap tiap daerah. Untuk harga cacing tanah jenis tiger sekitar Rp.65.000 hingga Rp.70.000 per kilo.
cacing tanah jenis lumbricus tempat jakarta Rp. 75.000, surabaya Rp.80.000, yogyakarta Rp. 77.000, bali Rp.90.000,

Cara pemasaran cacing tanah
kita sudah menguasai ilmu budidaya cacing tanah, namun untuk membuka perjuangan budidaya tidaklah cukup hanya dengan ilmu tersebut. sesudah bisa membudidayakan cacing tanah, anda harus sanggup menjualnya. kalau tidak bisa menjual cacing tanah..... ya akan sia sia saja.

pemasaran merupakan salah satu faktor perting dalam kegiatan usaha. Dari pemasaran tersebut, anda akan menghasilkan laba dan sanggup menambah modal untuk pengembangan usaha.

lalu bagaimana caranya 

Mendatangi eksklusif ke pelaku perjuangan ternak unggas lokal – salah satu cara pemasaran cacing tanah yakni dengan mendatangi dan melaksanakan penawaran eksklusif ke pelaku perjuangan ternak di tempat kota anda. cara pemasaran ini sangat cocok bagi pelaku perjuangan pemula. Lakukan komunikasi secara intensif dan pendekatan secara personal dengan kerjasama yang saling menguntungkan.

tentunya dalam melaksanakan penawaran harus sama sama menguntungkan antar kedua belah pihak. buatlah perjanjian tertulis bila mereka membutuhkan cacing dalam jumlah yang besar. namun anda harus memperhatikan kemampuan produksi anda, jangan hingga anda tidak bisa mensupply cacing. 

lalu bagaimana bila dikota anda tidak terdapat pengusaha unggas??? kan tidak semua wilayah bisa dijadikan ternak unggas, alasannya yakni faktor polusi udara?

berarti anda harus mencarinya di kota terdekat dimana terdapat ternak unggas. walaupun ada banyak sekali cara untuk pemasaran. namun cara ini harus wajib anda lakukan, dengan penawaran eksklusif ke pembeli.

Mempromosikan melalui media sosial – cara selanjutnya yakni dengan mempromosikan cacing tanah melalu media umum anda bisa memposting di facebook, twitter, instagram. Dengan melaksanakan promosi ke grup grup perjuangan khusus peternakan dan unggas dimana meraka niscaya membutuhkan pakan cacing tanah di facebook pastinya kemungkinan terjadi transaksi sangat besar.

Facebook - anda bisa memanfaatkan akun pribadi anda sendiri dengan memposting kegiatan dan melaksanakan promosi. selain itu ada fitur dari facebook yaitu menciptakan page (halaman) buatlah page khusus perjuangan cacing tanah. jadi acara promosi cacing tanah ada di page tersebut sedangkan akun pribadi membantu membagikan postingannya saja.

di dalam aplikasi facebook juga terdapat grup grup sosial lainnya. anda juga bisa bergabung dengan grup mengenai budidaya khususnya cacing tanah. kelebihan gabung dengan grup yang sudah ada yakni di dalam grup tersebut sudah ada anggotanya dan mereka mempunyai minat yang sama.

Twitter -  anda bisa memanfaatkan twitter untuk mempromosikan perjuangan anda. namun kalau bisa, sebelumnya anda harus mempunyai website atau toko online. dari toko online tersebut, anda bisa membagikannya melalui twitter. manfaatkan teknologi infomasi dengan biaya yang minimal.


Instagram - kini ini aplikasi instagram sangat disukai oleh masyarakat Indonesia. anda bisa membagikan foto kegiatan usaha, foto produk dan informasi lainnya dengan gambar.

Promosi melalui media website dengan menciptakan toko online - cara lainnya yakni dengan mempromosikan cacing tanah ada dengan toko online. Anda bisa menciptakan toko online kemudian optimalisasi website toko online anda supaya pengunjung / visitornya banyak dengan begitu akan sangat simpel untuk mempromosikan produk anda. bila website anda trafiknya sudah naik dan banyak pengunjung maka itu akan menjadi pondasi anda untuk menyebarkan perjuangan dengan membidik perdagangan ekspor.

sekarang ini sangat simpel untuk menciptakan website toko online sendiri. walaupun kita tidak bisa menciptakan sebuah website namun banyak sekali perjuangan jasa yang mengatakan pembuatan website toko online. dengan harga murah anda bisa mempunyai sebuah website.

memiliki website sangat penting bila anda tidak mempunyai tempat usaha. website berkhasiat sebagai pengganti tempat perjuangan atau tempat berjualan.

selain itu ada juga web ecommerce yang ada di Indonesia yang bisa anda manfaatkan ibarat OLX, tokopedia, dan lain lain. 


Pentingnya Membuka Jasa Pelatihan Usaha Budidaya Cacing

Agar bisnis kita cepat berkembang, anda harus mempunyai seni administrasi salah satunya yakni membuka jasa training perjuangan budidaya cacing, mengapa ini penting???

1. Untuk mengenalkan ke masyarakat umum bahwa anda yakni salah satu pelaku perjuangan budidaya cacing. Melalui training perjuangan ini akan menciptakan perjuangan anda cepat menyebar baik itu dalam kota maupun dari luar kota.

2. Usaha anda akan lebih cepat populer alasannya yakni dibantu meraka yang sudah diberi training usaha. promosi perjuangan dari lisan ke lisan sangat efektif dibandingkan dengan promosi melalui media.

3. Bermanfaat bagi orang lain. Jangan khawatir bila mereka yang sudah anda latih terus ingin menjalankan perjuangan budidaya cacing. Bahkan mungkin para penerima training akan menjadi kawan anda suatu dikala nanti. Bisnis ini potensinya masih sangat besar mengingat kebutuhan yang semakin besar dan pasokan yang terbatas.

4. Pelatihan perjuangan pada awalnya hanya untuk sosial, namun bisa saja di kemudian hari malah akan menjadi penopang atau menjadi sebuah training perjuangan / motivator dibidang budidaya cacing.

Membuka training perjuangan budidaya cacing ini tidak emmerlukan biaya pelengkap lagi, alasannya yakni dalam persiapannya anda sudah siap dan beraktifitas ibarat biasanya. Anda hanya membuktikan cara cara dan langkah yang benar, apa yang seharusnya dilakukan dari awal hingga akhir.





Kisah Sukses Pengusaha Cacing

Dilansir Tribunnews.com, terdapat pengusaha cacing yang sukses berasal dari kota Malang. Dibangun semenjak dari nol hingga kini berkembang pesat hingga kini ini omsetnya hingga ratusan juta rupiah dalam satu bulan.

Pengusaha ini berjulukan Abdul Azis Adam Maulida yang berkecimpung dalam budidaya cacing. Sebelum berwirausaha, dia bekerja di sebuah perusahaan kimia pada tahun 2010. Dengan gelar sarjana teknik industri ini memang sempat menganggur selama satu tahun lamanya sesudah keluar dari perusahaan tersebut.

Nah, pada dikala menganggur tersebut, dia ke kota Semarang untuk berguru budidaya belut. Dari situlah pak Adam ini mengenal cacing, alasannya yakni cacing yakni kuliner yang baik untuk belut.

Setelah beberapa waktu berguru perihal belut, pak Adam tetapkan untuk berhenti menjadi peternak belut alasannya yakni memang tidak mudah.

Setelah itu, pak Adam tetapkan untuk beternak sapi dengan kerjasama dengan orang lain sebagai kawan kerjanya. Namun sekali lagi perjuangan yang dibangunnya tidak berhasil alasannya yakni memang butuh fokus dan bila tidak jeli binatang sapi sering mati sehingga mengalami kerugian jutaan rupiah.

Setelah itu, pak Adam mencoba untuk budidaya cacing, namun perjuangan tersebut bukan yang utama.

Alasan pak Adam membudidaya cacing alasannya yakni perawatannya simpel dan makanannya pun bisa dari sampah dapur yang dihaluskan.

Suatu ketika pak Adam tetapkan untuk serius beternak cacing pada tahun 2013.

Dari situlah usang kelamaan usahanya berkembang dan pada 2014 pak Adam mendirikan CV Rumah Jaya Organik.

Suatu dikala pak Adam bertemu dengan Prof. Karsono dari Madiun (seorang peneliti dan anggota Komite Dewan Pupuk Nasional. Dari situlah pak adam mencoba bahwa cacing tidak hanya sebagai pakan, namun bisa diolah menjadi jus atau difermentasikan, dengan begitu harga jualnya menjadi lebih mahal.

Berkat keseriusan paka Adam ini, kini omsetnya hingga ratusan juta rupiah perbulan. Bahkan pada tahun 2017 berafiliasi dengan perusahaan yang mempunyai cabang di belasan negara di Asia. Dalam satu bulan pak Adam sanggup memasok sekitar 60 ton cacing dan di eksport hingga Myanmar, Malaysia, India, Nepal, Vietnam, Tiongkok, Bangkok.


Jenis Jenis Cacing Tanah yang Sering dibudidayakan

Banyak orang berfikir bahwa cacing tanah jenisnya hanya satu, namun ternyata ada beberapa jenis cacing tanah yang perlu kita ketahui dan cacing tanah tersebut biasa dibudayakan (dimanfaatkan untuk membuka usaha).

Kita sebagai peternak cacing harus tahu bahwa terdapat 4 macam cacing tanah ibarat cacing Lumbricus Rubellus, Cacing Africa, Cacing Biru dan Cacing Tiger. Nah dari kesemuanya tersebut tidak mempunyai tulang belakang. Mari kita bahas satu persatu.

1. Cacing Lumbricus Rubellus
Memiliki ciri yaitu panjang cacing antara 7,5 hingga 9 cm, untuk wana yaitu merah kecoklatan, pada ekor berbentuk tumbul dan warnanya yang kuning. Cacing ini berasal dari eropa dan biasa dipakai untuk industri farmasi, pakan hewan, kosmetik, dan sanggup dikonsumsi untuk manusia. Sebutan lain dari cacing ini yakni red worm alasannya yakni warnanya yang merah kecoklatan dan sangat simpel untuk dibudidayakan. Rata rata 1 indukan sanggup menghasilkan 100 hingga 106 telur atau kokon pertahun. Cacing ini bertelur setiap 2 ahad sekali.


Untuk kelebihan, cacing ini tergolong rakus sehingga cocok untuk biomas penghasil pupuk kascing dan dengan perkembangbiakan yang cepat menciptakan produksi cacing sangat meningkat. sedangkan kekurangannya yakni tidak bisa bersaing dengan cacing lokal.

2. Cacing Afrika
Memiliki ciri fisik yaitu panjang tubuhnya antara 30 hingga 35 cm dengan warna badan merah kecoklatan, bentuk ekor yang runcing dan warnanya yang pucat. Peternak biasanya membudidayakan cacing ini untuk diambil kascingnya. Kemampuan hidup cacing ini berada di temperatur 24 hingga 30 derat celcius. Cacing jenis ini cocok sebagai umpan pancing.


Kelebihan cari cacing afrika ini mempunyai kelebihan yaitu mempunyai bobot yang berat dibanding yang lain, sedangkan kekurangannya cacing ini simpel stress dengan tanda tanda seing memotong bab tubuhnya.

3. Cacing Indian Blue
Memiliki ciri panjang badan antara 20 hingga 25 cm dan warna badan merah coklat kebirubiruan, untuk bentuknya berbentuk bulatdengan gerakannya yang lincah. Biasanya kita menemukan cacing lokal ini di antara tumpukan sampah pelepah pohon pisang yang sudah wangi atau juga di sangkar sapi.


Cacing ini mempunyai kelebihan yaitu perkembangbiakannya sangat cepat, cepat mengikuti keadaan dengan lingkungan tropis, sedangkan kekurangannya yaitu sangat sensitif pada getaran sehingga sering kabur bila ada getaran.

4. Cacing Tiger
Memiliki ciri panjang hingga 10 cm dengan warna merah kecoklatan dengan garis badan yang terlihat jelas, untuk bentuk ekor yang tumpul dan warnanya kuning. Cacing ini mempunyai bentuk yang silindris dan gerakannya yang lambat. Kita bisa menjumpai cacing ini di tumpukan sampah ruah tangga, materi organik, dan di bawah batang pisang yang membusuk. Cacing ini disebut juga tiger worm dan sering dipakai sebagai penghasil kompos. 


Cacing ini mempunyai kelebihan yaitu perkembangbiakannya yang cepat sedangkan kekurangannya simpel kabur dari tempat budidaya.



Demikian ulasan mengenai harga dan cara pemasaran perjuangan ternak budidaya cacing tanah. Semoga artikel ini sanggup bermanfaat.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel