Cara Membedakan Ikan Koi Jantan Dan Ikan Koi Betina


Cara Membedakan Ikan Koi Jantan dan Ikan Koi Betina - Ikan koi merupakan salah satu ikan primadona di Indonesia. Kehadirannya banyak menarik minat masyarakat untuk menimbulkan ikan koi sebagai peliharaan. Sisiknya yang berwarna-warni dan bentuk tubuhnya yang menarik serta gampang dipelihara menciptakan ikan banyak dicari dikalangan masyarakat. Hal ini terlihat dengan banyaknya budidaya ikan koi yang sanggup ditemui di Indonesia. Melihat hal itu, banyak juga pemula yang tertarik untuk melaksanakan budidaya ikan koi. Dalam budidaya ikan koi sangat perlu untuk memperhatikan jenis kelamin ikan koi tersebut sebagai dasar bagi perkembangan budidaya. Ikan koi muda atau yang berukuran kecil memang sedikit sulit dibedakan jenis kelaminnya, walaupun untuk orang yang sudah paham betul tidaklah sulit, tetapi untuk Ikan koi pada usia yang sudah cukup matang atau remaja akan lebih gampang untuk membedakan mana ikan koi betina dan mana ikan koi jantan. 


Bagaimana cara membedakan ikan koi jantan dan betina?

Ukuran tubuh ikan koi
Cara Membedakan Ikan Koi Jantan dan Ikan Koi Betina  Cara Membedakan Ikan Koi Jantan dan Ikan Koi BetinaCiri-ciri yang paling gampang untuk membedakan jenis kelamin ikan koi yakni bentuk tubuh ikan koi. Ikan koi jantan dan betina mempunyai bentuk tubuh yang berbeda kalau diperhatikan dengan seksama. Tubuh Ikan koi jantan cenderung memanjang dan kurus, hal ini terlihat ketika Ikan koi sudah mencapai ukuran 30 cm akan lebih langsing ke arah ekor, sedangkan untuk tubuh Ikan koi Betina terlihat lebih bulat, melebar dan padat, terutama di bab perut. Jika dilihat dari atas, tubuh Ikan koi betina akan terlihat melebar kesamping kiri dan kanan.

Kekasaran Pipi Ikan koi Jantan dan Betina
Perbedaan lain sanggup dilihat dari bab pipi ikan koi. Jika pipi ikan koi diraba dan terrasa kasar, itu berarti ikan koi berjenis kelamin jantan, sedangkan untuk pipi ikan koi betina, ketika diraba cenderung halus. Tetapi tidak semua ikan koi dengan pipi halus yakni betina, kadang ikan koi jantan muda juga mempunyai pipi yang halus. Untuk itu, kalau permukaan pipi ikan koi kasar, kemungkinan besar ikan koi tersebut berjenis kelamin jantan.

Bentuk Sirip Ikan Koi
Ciri berikutnya sanggup dilihat dari bentuk sirip dada ikan koi. Jika diperhatikan sirip dada ikan koi betina mempunyai ujung yang sedikit membulat ibarat kipas sedangkan untuk sirip dada ikan koi jantan cenderung lebih runcing ibarat segitiga. Selain itu kalau diraba, sirip dada ikan koi betina lebih halus kalau dibandingkan dengan sirip dada ikan koi jantan yang kasar. Sirip dada ikan koi betina juga cenderung lebih transparan dibandingkan sirip dada ikan koi jantan yang lebih putih solid.

Bentuk dan Warna Lubang Ekskresi
Perbedaan jenis kelamin ikan koi sanggup dilihat dari bentuk fisik dan warna lubang ekskresinya. Untuk ikan koi betina, kalau diperhatikan lubang ekskresinya terlihat sedikit menonjol, cembung dan berwarna merah muda pucat. Tetapi ikan koi jantan mempunyai lubang ekskresi yang berwarna putih dan cenderung cekung kedalam dengan warna putih dan tidak menonjol.   

Cairan Perut Ikan koi
Perbedaan lain sanggup dilihat pada cairan yang keluar dari ikan koi melalui anusnya kalau dipijat. Jika anus ikan koi jantan dipijat, maka akan keluar cairan sperma yang berwarna putih dan kental maka sudah dipastikan kalau ikan koi berjenis kelamin jantan, tetapi kalau anus ikan koi dipijat dan yang keluar yakni cairan berwarna kuning atau kotoran, berarti ikan koi tersebut berjenis kelamin perempuan. Hal ini sanggup dilakukan kalau ikan koi sudah matang atau dewasa.

Bentuk Kepala Koi Jantan dan Betina
Ciri terakhir yang membedakan ikan koi jantan dan betina yakni ukuran kepala Ikan koi. Ikan koi jantan mempunyai ukuran kepala yang lebih besar dibandingkan ikan koi betina. 

 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel