Budidaya Ikan Koi - Cara Membesarkan Ikan Koi



Cara Membesarkan Ikan Koi - Popularitas ikan koi menciptakan banyak orang untuk menjadikan ikan Koi sebagai salah satu hiasan dirumah. Baik pemula maupun kolektor ikan ulung memerlukan perhatian dan melaksanakan perawatan khusus untuk sanggup membesarkan ikan koi dengan baik semoga sanggup tumbuh dengan cepat dan perkembangannya tetap baik serta sehat.

Bagaimana tahapan yang perlu dilakukan untuk membesarkan ikan koi  
Pemberian pakan yang sempurna ialah langkah awal yang perlu dipenuhi selama membesarkan ikan koi. Ikan koi ialah ikan yang bersifat omnivora, ikan koi akan melahap segala jenis kuliner yang diberikan. Akan tetapi, bukan berarti sanggup memperlihatkan kuliner ikan koi dengan sesuka hati. Ikan koi juga butuh asupan gizi yang seimbang sesuai kebutuhan koi, baik itu berupa pakan alami maupun buatan.Hal ini perlu diperhatikan lantaran semakin cocok pakan yang diberikan, maka semakin baik juga bagi pertumbuhan ikan koi tersebut. Pakan yang sempurna sebaiknya perlu juga dipertimbangkan kadar gizi dan vitamin dalam kandungannya, tidak hanya baik bagi pertumbuhannya melainkan semakin mempercepat pertumbuhan ikan koi.

Popularitas ikan koi menciptakan banyak orang untuk menjadikan ikan Koi sebagai salah satu hia Budidaya Ikan Koi - Cara Membesarkan Ikan KoiBerilah makan ikan koi secukupnya dan jangan berlebihan lantaran kalau ikan koi makan terlalu banyak hanya akan menciptakan kolam cepat kotor, itu disebabkan oleh kotoran ikan koi. Semakin banyak koi makan, maka kotoranya menjadi banyak pula dan karenanya kolam menjadi keruh dan kotor sehingga ikan koi menjadi tidak nyaman bahkan mati. Apabila kalau ikan koi kekenyangan juga mengakibatkan kematian. Pemberian pakan koi juga pada umumnya diberikan setiap 5 jam dalam sehari dan jumlah pakan yang diberikan sebaiknya berukuran 2% lebih berat dari tubuhnya.
 
Selain donasi pakan yang tepat, apakah ada tips lain?
Tentunya ada tips lain yang sanggup mempercepat pertumbuhan ikan koi dengan baik. Hal itu sanggup disiasati melalui persiapan kolam yang ideal dan sesuai bagi kebanyakan ikan koi. Pada umumnya kolam yang sesuai bagi ikan koi mempunyai panjang 5 kali dari ikan koi, sedangkan lebarnya berukuran 3 kali dari lebar ikan Koi. Kolam juga sebaiknya diisi air sedalam 100-125 cm dari dasar kolam. Perlu diperhatikan juga pergantian air dalam kolam, lebih baik juga apabila kolam diberikan sirkulasi air semoga air tidak gampang keruh menggenang.

Kunci dari memelihara ikan koi ialah air, sedangkan kunci dari air yang cantik ialah fiter yang baik. Keruhnya air kolam terjadi lantaran beberapa faktor, menyerupai kotoran ikan, lumut, alga, daun yang jatuh di kolam dan sisa makanan. Parahnya lagi, air kolam yang keruh menciptakan kadar oksigen sedikit, dan menjadikan ikan berebut oksigen, ditambah dengan sisa kuliner dan kotoran ikan, akan mengakibatkan gas ammonia. Gas amonia yang melebihi batas akan mengakibatkan racun, dan karenanya ikan koi akan mati lemas. Untuk menjaga air tetap dalam kondisi bagus, sanggup dipasang filter empat lapis. Filter ini terdiri dari empat komponen, yakni komponen yang terdiri dari kerikil, pasir dan ijuk. Fungsi dari filter pertama ini ialah menyaring sampah dan lumpur yang mengotori kolam. Komponen filter kolam kedua yang berupa karbon zeolit yang berfungsi menghilangkan bacin tak sedap, racun dan membunuh bibit penyakit. Komponen filter kolam ikan koi ketiga yaitu yang berupa pestisida yang tak mematikan basil pengurai dan berperan dalam proses penjernihan air kolam. Komponen filter kolam yang keempat atau terakhir berupa tumbuhan atau bebatuan yang sanggup mengikat kotoran.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel