Web E-Commerce Pasarmaret.Com : Terobosan Gres Situs Jual Beli Online Di Kala Kontemporer



Web E-commerce pasarmaret.com : Terobosan Baru Situs Jual Beli Online di Era Kontemporer - Salam pembaca sekalian, pada goresan pena saya kali ini, saya akan coba mengulas salah satu media jual beli online yang cukup unik dan sedang berkembang belakangan ini. Kemudahan yang di rasakan oleh konsumen menjadi salah satu faktor utama pesatnya jual beli online. Globalisasi secara pesat perkembangannya tak sanggup terbendung lagi. Sebagaimana teknologi memang harus dimanfaatkan dengan baik dan semaksimal mungkin, akomodasi jual-beli online melalui internet juga harus dimanfaatkan dengan baik sehingga sanggup menguntungkan bagi produsen online dan konsumen. Dan harus diakui, kegiatan jual-beli online memang di satu segi mempunyai banyak kelebihan. Anda bisa lebih menghemat waktu alasannya ialah Anda tidak harus membuang waktu ke toko fisik yang ada di Mall atau pun sentra perbelanjaan lain. Salah satu penemuan dalam dunia e-commerce ialah pasarmaret.com.


Pasarmaret.com, yup, salah satu situs yang melayani gosip online guna memenuhi kenyamanan dalam berbelanja yang satu ini tengah berkembang seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi dan informasi. Perlu untuk pembaca sekalian ketahui, jika pasarmaret.com ini lahir sebagai terobosan gres dimana situs pelayanan gosip untuk belanja ini mulai berkembang dikala kebanyakan situs belanja online hanya terfokus pada masyarakat secara luas sebagai penjual dan pembeli. Pasarmaret.com muncul dari ranah sekolah tinggi tinggi yang berperan menjadi media bagi mahasiswa yang ingin berwirausaha. Tujuannya, tidak lain dan tidak bukan ialah untuk mewadahi aneka macam elemen yang berperan serta dalam kegiatan jual beli di ranah sekolah tinggi tinggi.

 saya akan coba mengulas salah satu media jual beli  Web E-commerce pasarmaret.com : Terobosan Baru Situs Jual Beli Online di Era Kontemporer

Awal mula kemunculannya, pasarmaret.com lahir dari sebuah riset loh, pembaca sekalian, mengenai minat belanja online masyarakat Kota Solo. Lebih spesifiknya lagi di daerah kampus Universitas Sebelas Maret (UNS). Kalau pembaca sekalian bisa telusuri, pembaca sekalian akan tau jika pasarmaret.com ialah salah satu dari banyak web yang bergerak pada sektor bisnis dan perekonomian yang berperan untuk membuat persaingan dagang bagi UMKM yang belum mempunyai toko online. Hal ini sebagai perwujudan pemerataan perekonomian di sektor perdagangan unit masyarakat kecil menengah. Lebih jelasnya, Penjual atau UMKM kecil yang belum mengenal belanja online mulai diperkenalkan dengan contoh belanja online yang serba gampang dan sederhana. Melalui situs layanan gosip terpadu seputar UMKM, pembeli yang membutuhkan gosip seputar kebutuhan terkait sanggup mengaksesnya melalui web pasarmaret.com. Berbeda halnya dengan situs belanja online lainnya, pasarmaret.com bukan merupakan situs yang melayani transaksi jual beli melainkan situs layanan gosip yang mempertemukan antara UMKM atau pasar tradisional dengan konsumen, luar biasa bukan?.

Nama pasarmaret.com sendiri gak lahir gitu aja. Pasarmaret sendiri punya makna tersendiri bagi foundernya yang berisikan identitas dan harapan. Pasar secara kamus besar bahasa Indonesia mempunyai arti tempat bertemunya antara penjual dan pembeli. Secara bahasa sansakerta, pasar diartikan sebagai tempat jual beli, pada umumnya kata pasar diidentikan masyarakat Indonesia ialah pasar tradisional. Sedangkan maret berasal dari kata bahasa inggris mart yang artinya pasar, kata mart diidentikan masyarakat pada umumnya ialah berupa pasar modern, Lidah masyarakat Indonesia kebanyakan tidak bisa mengucapkan kata mart namun maret. Pasar ialah area tempat jual beli barang dengan jumlah penjual lebih dari satu baik yang disebut sebagai sentra perbelanjaan, pasar tradisional, pertokoan, mall, plasa, sentra perdagangan maupun sebutan lainnya. Pasarmaret.com merupakan wadah bagi para pelaku perjuangan pasar tradisional dan juga pasar modern yang ingin membuatkan bisnisnya melalui website e-commerce yang berfungsi sebagai area tempat jual beli barang dan jasa.

Bagi pembaca sekalian, mungkin bertanya – tanya sebenernya bagaimana sih wujud pasarmaret.com dalam bentuk logo? Maka saya akan kasih tahu bagi pembaca sekalian bahwa berikut ini ialah logo dari pasarmaret.com.

Apakah terlihat familiar? Elegan? Simbolik? Bagaimanapun persepsi pembaca sekalian, sesungguhnya logo pasarmaret.com ini mempunyai makna dan harapan. Dalam logo tersebut terdapat dua bab yakni logotype dan logogram. Logotype ialah susunan abjad yang bertuliskan pasarmaret.com, sedangkan logogram ialah gambar papperbag yang sedang tersenyum. Makna dari kombinasi warna orange melambangkan perkembangan UMKM sedangkan warna hijau pada goresan pena maret.com merupakan citra dari pasar tradisional. Logogram berupa papperbag yang tersenyum. Papperbag sendiri menggambarkan simbol berbelanja atau transaksi belanja dan emoticon tersenyum ialah citra dari kemudahan dan kenyamanan yang dirasakan UMKM dan konsumen, mungkin sederhananya ialah kepuasan pelanggan. Gambaran secara umum, sanggup dibilang bahwa Makna logo pasarmaret.com - warna orange dan hijau pada logo pasarmaret.com mempunyai arti sebuah website e-commerce yang terbuka bagi siapa saja, bagi pelaku perjuangan yang ingin bergabung akan selalu diterima dengan penuh keramahan dan kehangatan. Bagi konsumen yang berkunjung di pasarmaret.com sanggup mengakses dan melihat produk pasarmaret.com dengan penuh ketenangan dan penuh pertimbangan dalam  membeli produk. 

Lantas, apa sih sesungguhnya tujuan atau visi dan misi dari di bangunnya website e-commerce pasarmaret.com? apakah hanya kebetulan semata atau hasil iseng? Visi dan misi untuk pasarmaret.com ialah untuk sanggup menjadi sarana online yang bisa membantu aneka macam elemen demi pemenuhan kebutuhan sekaligus membantu menghidupkan kembali UMKM dalam memasarkan nama dan produk UMKM tersebut. Bermula dari area kampus UNS, kini pasarmaret.com sudah melebarkan sayap sampai hampir di seluruh pelosok Kota Solo. Harapannya, pasarmaret.com sanggup merambah sampai ke seluruh daerah Karesidenan Surakarta yang mencakup Kota Solo, Boyolali, Sukoharjo, Klaten, Sragen, Karanganyar sampai Wonogiri. Setelah itu, berkembang lagi sampai sanggup di kanal dan menjangkau seluruh area Jawa Tengah, sampai ke seluruh Indonesia.

Apakah website - nya menarik? Mungkin itu yang terlintas di kepala pembaca sekalian. Sebagaimana tujuan diluncurkannya website e-commerce ini ialah untuk menarik mahasiswa berperan aktif dalam kegiatan ekonomi, khususnya dalam berwirausaha. Bagaimana cara menarik mahasiswa supaya tertarik? Jelas, salah satunya dari desain display laman website dibentuk semenarik mungkin, alasannya ialah targetnya bawah umur muda sehingga tampilannya dibentuk elegan dan semenarik mungkin. Sudah pasti, sih jika tampilannya terlihat trendi dan kekinian sebagaimana kesukaan para anak muda. Karena menarik, kini pasarmaret.com telah mempunyai kurang lebih 500 jumlah member yang terdiri dari UMKM dan wirausaha mahasiswa.

Apa saja sih fiturnya sehingga tak kalah menarik dari website e-commerce lainnya?. Banyak fitur yang diberikan oleh pasarmaret.com kepada member yang telah terdaftar. Selain diberikan kebebasan dalam mengelola toko online, pasarmaret.com juga mengatakan fitur untuk mencarikan UMKM  Reseller, Waralaba, Dropshipper dan Fitur Komunitas, ada juga fitur khusus untuk mahasiswa berwirausaha dari masing-masing fakultas loh. Untuk mempermudah lagi, pasarmaret.com berisi kategori-kategori yang sesai loh sama kebutuhan konsumen. Ada 10 kategori yang sanggup diakses konsumen, diantaranya kuliner, Kendaraan, Properti, Hobi, elektronik, Peralatan Rumah Tangga, Jasa & Pekerjaan, Kantor dan Industri, Hasil Alam, serta Fashion. Konsumen tidak perlu lagi berjalan mencari kebutuhannya secara langsung, alasannya ialah cukup mengakses www.pasarmaret.com dan menentukan jenis kategori yang dibutuhkan, maka akan muncul beberapa gosip terkait kebutuhan konsumen.

Kategori Kuliner yang didalamnya menjual aneka macam hidangan Kuliner dengan harga terjangkau. Didalam kategori kuliner, terdapat sub kategori yaitu minuman, makanan, bumbu., snack, materi mentah. Kategori fashion didalamnya menjual aneka macam macam fashion dengan sub kategori yaitu fashion wanita, fashion pria, pakaian olahraga, travel bag, kacamata, perhiasan, aksesoris. Kategori elektronik, menjual aneka macam macam alat alat elektronik dengan sub kategori yaitu elektronik rumah tangga, kamera dan aksesoris, handphone dan tablet, games, lampu, TV audio dan video, komputer dan laptop, aksesoris HP /tablet, alat listrik, elektronik lainnya. Kategori hobi didalamnya menjual perlengkapan dan alat - alat  terkait hobi dengan sub kategori yaitu aneka barang, barang antik, musik dan film, sepeda dan aksesoris, olahraga, koleksi, alat musik, buku dan majalah, mainan hobi, handycraft, dan hobi lainnya. 

Pada kategori lain, kategori properti didalamnya menjual dan mengatakan aneka macam macam properti dengan sub kategori yaitu tanah, indekos, ruko, gudang, rumah, apartemen, hotel/villa, properti lainnya. Kategori Kantor dan industri dengan sub kategori yaitu perlengkapan usaha, mesin dan keperluan industri, alat kesehatan, peralatan kantor, kantor dan industri lainnya. Kategori rumah tangga didalamnya menjual aneka macam macam kebutuhan rumah tangga dengan sub kategori yaitu perlengkapan rumah, furnitur, konstruksi, perlengkapan bayi, pakaian anak, buku anak, dekorasi rumah, perkembangan ibu bayi, mainan anak, rumah tangga lainnya. Pada kategori hasil alam didalamnya menjual aneka macam macam hasil alam dengan sub kategori yaitu pertanian, perkebunan, kehutanan, perikanan, peternakan, pertambangan. Kategori kendaraan didalamnya menjual aneka macam macam kendaraan dan aksesoris pendukung dengan sub kategori yaitu mobil, motor, truk, aksesoris kendaraan, sparepart. Dan pada kategori jasa dan pekerjaan didalamnya menjual aneka macam macam jasa dan pekerjaan dengan sub kategori yaitu jasa rumah tangga, keperluan event, tour dan travel, foto video, otomotif, konstruksi renovasi, kecantikan refleksi, rental mobil. Hukum/legal, desain percetakan, elektronik komputer, ekspedisi, jasa lainnya.

Kalau pembaca sekalian bertanya, bagaimana sih cara pakai website pasarmaret.com?. jawabannya yang paling singkat sih, ya praktis!. Prosedur untuk memakai website di buat sesederhana mungkin tapi tetap elegan sehingga konsumen sanggup dengan gampang mengaksesnya. Kemudahan lainnya ialah cara mendaftar sebagai member yang di sanggup bagi UMKM dalam mendaftar sebagai member. Berbeda halnya dengan banyak dari situs online kenamaan di Indonesia, pasarmaret.com tidak memerlukan e-mail pendaftar sehingga pendaftar tidak perlu repot melaksanakan konfirmasi ulang e-mail. Pendaftar hanya perlu memasukkan beberapa item wajib yang perlu di isi, ibarat nama UMKM, alamat lengkap UMKM, keterangan singkat mengenai aktifitas  toko, biodata pemilik toko dan nomer yang sanggup dihubungi. Dengan kemudahan mendaftar, tidak heran bila banyak dari UMKM yang mendaftarkan diri sebagai bab dari pasarmaret.com.

Sebagaimana seharusnya, pasarmaret.com yang lahir di ranah sekolah tinggi tinggi mempunyai fokus tujuan untuk membuatkan minat wirausaha mahasiswa sebagai bentuk apresiasi pada pengembangan UMKM baik mahasiswa maupun masyarakat sekitar Universitas Sebelas Maret Surakarta. Maka dari itu, pasarmaret.com bisa di bilang sebagai salah satu web penyedia layanan gosip yang unik, selain bergerak di bidang ekonomi, tapi juga mempunyai spesifikasi terhadap penggiatan ekonomi di sektor tempat sekolah tinggi tinggi. Fitur yang disediakan di dalamnya berupa fitur layanan gosip bagi produk UMKM yang di kembangkan oleh mahasiswa.

Fitur “Produk Mahasiswa” ini,  menyediakan akomodasi toko online bagi aneka macam macam fakultas yang ada di Universitas Sebelas Maret Surakarta. Produk Mahasiswa juga terdaftar dalam fitur web pasarmaret. Terdapat akomodasi toko online bagi 10 fakultas yang ada di UNS ibarat Fakultas Seni Rupa dan Desain, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Kedokteran,  Fakultas Teknik, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Pertanian, Fakultas Ekonomi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Matematikan dan Ilmu Pengetahuan Alam. Mahasiswa UNS sanggup menikmati kemudahan dalam berbisnis melalui web pasarmaret.com. Selain sanggup diakses hampir seluruh mahasiswa UNS, web pasarmaret.com juga sanggup diakses oleh umum sehingga sanggup membantu memudahkan mahasiswa untuk membuka bisnis kecil dan memasarkan produknya.

Keunggulan lainnya, pasarmaret.com memilki fitur yang cukup pribadi loh, pembaca sekalian. Pasarmaret.com punya 2 kategori pribadi sebagai bentuk afiliasi antara pasarmaret.com dengan pebisnis lainnya, diantaranya ialah kategori VIP dan VVIP. Kategori VVIP merupakan kategori bisnis dalam pasarmaret.com yang bekerjasama dengan pebisnis mancanegara atau bisnis ekspor dan impor produk. Fitur ini bisa meghubungkan pebisnis lokal dengan pebisnis dari luar negeri, keren bukan. Sedangkan fitur kategori VIP ialah firur yang berisi afiliasi dengan dosen yang memasarkan produknya di pasarmaret.com. Kategori ini memang dikhususkan untuk para dosen saja yang terdaftar dalam kategori VIP. Dua kategori tersebut membuat situs dengan laman web www.pasarmaret.com ini menjadi salah satu pilihan website yang keren alasannya ialah memfasilitasi kegiatan ekspor dan impor.

Pembaca sekalian adakah yang ingin pasang iklan? Tanpa di pungut biaya sepeserpun? Pastinya yang gratis bisa lebih menarik bukan?. Terobosan gres dalam fitur website e-commerce pasarmaret.com ialah menyediakan pasang iklan baris secara gratis. Pasang iklan baris gratis juga merupakan salah satu taktik penting bagi pengembangan website pasarmaret.com. Hal ini bertujuan guna memudahkan UKM yang ingin memasarkan produknya tanpa takut mendapat pungutan biaya.  Fitur pasang iklan baris juga bertujuan membantu pelaku perjuangan yang ingin mempromosikan produk dan usahanya namun takut mendaftar sebagai member pasarmaret.com alasannya ialah takut atau tidak tahu caranya mendaftar. Adapun cara untuk memasang hanya tinggal memasukkan nama produk dan masukkan deskripsi produk yang dipasarkan, maka iklan akan langsung tayang dalam homescreen web pasarmaret.com.   

Pasarmaret.com mempunyai banyak kelebihan, dan itu tidak kalah dengan yang dimiliki website e-commerce lain. Sebelumnya, pembaca sekalian perlu ketahui, website pasarmaret.com tidak mempunyai fitur jual dan beli secara langsung, tetapi mewadahi seluruh member toko online yang diberikan gosip dan identitas secara mendetail sehingga konsumen bisa mendatangi langsung dengan menentukan produk secara langsung melalui website pasarmaret.com. Hal tersebut memudahkan konsumen tanpa perlu memakan waktu, biaya, dan tenaga sudah sanggup menelusuri kebutuhan berbelanja dengan gampang dan nyaman. 

Selain banyak kelebihan yang di dapat, pasarmaret.com juga bisa mengatakan kemanfaatan bagi orang banyak. Dengan memakai pasarmaret.com, member mendapat keleluasaan dalam mengelola toko online sendiri merupakan salah satu keuntungan yang ditawarkan oleh pasarmaret.com. Hal ini perlu dimaksimalkan oleh UMKM untuk memperkuat identitas bisnis yang tengah digelutinya. UMKM sanggup memakai foto toko atau logo industrinya sebagai foto utama dalam laman toko online nya. UMKM yang telah menjadi member juga sanggup mengatakan deskripsi selengkap mungkin mengenai toko online nya. Menjelaskan perihal jenis bisnis yang sedang dilakoni, menjelaskan produk yang di tawarkan, menampilkan slogan toko yang menarik, atau deskripsi lainnya. Mungkin pembaca sekalian sanggup mencoba banyak keuntungannya dengan memakai website e-commerce pasarmaret.com. 

Penulis:
1. Drs. M.Suharto, M.Sn.
2. Prof. Dr. Narsen Afatara, M.S.
3. Nadia Sigi Prameswari, S.Sn, M.Sn.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel