Cara Membuka Perjuangan Apotek


Cara Membuka Usaha Apotek - Apotek yakni sebuah toko yang didalamnya menyediakan majemuk obat untuk banyak sekali penyakit. Keberadaannya niscaya banyak dicari orang baik di desa maupun di kota alasannya yakni banyak yang membutuhkan. Usaha apotek sanggup dijalankan oleh orang-orang yang memiliki ilmu farmasi. Sebagai seorang apoteker niscaya sudah mempelajari teori-teori untuk mendirikan perjuangan apotek.


Usaha apotek masih jarang ditemui alasannya yakni tidak sembarang orang sanggup menjalankan perjuangan ini. Anda perlu mencar ilmu menjadi apoteker. Tetapi untuk membuka perjuangan apotek, tidak harus berlatar belakang sebagai apoteker. Anda tetap sanggup membuka sebuah perjuangan apotek dengan berhubungan dengan apoteker. Anda sanggup berperan sebagai penyedia modal.


Untuk itu bagi anda yang ingin mencoba bisnis ini, saya akan menjelaskan bagaimana cara membuka perjuangan apotek. 

Siapkan Surat-surat Izin Usaha
Untuk mendirikan sebuah usaha, pertama yang harus dilakukan yakni menyiapakan sura-surat yang berkhasiat untuk proses perizinan usaha. Surat atau dokumen yang harus disiapkan adalah:

Surat Permohonan Izin Usaha Mendirikan Apotek
Surat Perjanjian Akta Notaris Apoteker dengan Pemilik Sarana Apoteker
Surat Pernyataan Apoteker dengan Pernyataan Tidak Terlibat UU Kefarmasian bermaterai Rp. 6.000
Salinan KTP Pemohon
Ijazah Asisten Apoteker
Surat Penugasan Asisten Apoteker
Surat Pernyataan Asisten Apoteker Bekerja Full Time di Apotek Terkait
Surat Pernyataan Asisten Apoteker Tidak Bekerja di Apotek Lain dengan Materai Rp. 6.000
KTP Asisten Apoteker
SITU
List Ketenagaan
Foto Ukuran 4x6 tiga Lembar

Jika semua berkas dokumen sudah siap, selanjutnya yaitu alur untuk mengurus perizinan mendirikan apotek, yaitu:

Mengajukan berkas permohonan di loket pelayanan
Pengecekan berkas
Survey ke lapangan
Penetapan SKRD
Proses izin
Pembayaran di kasir
Penyerahan izin mendirikan apotek

Pilih Lokasi
Untuk mendirikan usaha, apapun itu niscaya yang perlu dipersiapkan yakni lokasi. Dalam menentukan lokasi juga tidak sembarangan alasannya yakni ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan.

Seperti letak lokasi usaha. Lokasi perjuangan haruslah berada di tempat yang ramai alasannya yakni dengan berada di tempat ramai yang banyak orang berlalu-lalang maka akan banyak yang melihat apotek anda. Secara tidak pribadi ini yakni salah satu bentuk promosi.

Anda tidak harus membuka apotek di tengah Kota, kalau tidak memungkinkan anda sanggup membuka apotek di tempat atau pedesaan yang ramai. Hal ini alasannya yakni tidak semua orang sanggup dengan gampang mencapai kota, oleh alasannya yakni itu kalau ada yang lebih bersahabat niscaya mereka menentukan yang lebih dekat.

Survei Pesaing
Lakukanlah survei pesaing untuk melihat keadaan pasar. Untuk menguasai pasar, anda harus memperlihatkan kualitas terbaik dibanding dengan apotek lain. Baik kualitas pelayanan maupun kualitas obat yang dijual. Anda sanggup melaksanakan survei dengan cara mengunjungi apotek secara random. Anda sanggup membeli satu obat untuk melihat bagaimana harga yang diterapkan di apotek tersebut.

Modal
Berikutnya yaitu menyediakan modal. Modal-modal tersebut dipersiapkan untuk perizinan, menyediakan peralatan dan perlengkapan yang mendukung menyerupai etalase, pengadaan obat-obatan, operasional (karyawan, listrik, air, telpon, dan lain-lain)

Strategi Pemasaran
Selanjutnya yang harus anda pikirkan yakni taktik pemasaran. Strategi pemasaran sangat kuat terhadap kelangsungan perjuangan anda. Pemasaran sanggup anda laukan dengan memafatkan media cetak maupun media online. Anda sanggup menciptakan spanduk dan brosur, selain itu juga anda sanggup memasang iklan di sosial media menyerupai instagaram, twitter dan lain-lain.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel