Peluang Perjuangan Di Pekalongan

Peluang Usaha di Pekalongan - Pekalongan ialah salah satu wilayah yang mempunyai banyak potensi daerah. Terletak di Jawa Tengah, kota kecil ini berada di tempat pantura. Kabupaten Pekalongan dikenal alasannya ialah potensi batiknya yang sudah mendunia. Tetapi selain dikenal sebagai kota batik, kabupaten Pekalongan juga mempunyai aneka macam potensi lain yang mempunyai nilai ekonomi cukup tinggiuntuk dikembangkan sebagai peluang bisnis. Apa saja peluang bisnis yang sanggup dikembangkan di Kabupaten Pekalongan?
Baca juga: Peluang perjuangan di palembang


 Pekalongan ialah salah satu wilayah yang mempunyai banyak potensi daerah Peluang Usaha di Pekalongan

sumber gambar : https://en.wikipedia.org/wiki/Pekalongan
Sentra Batik Pekalongan
Kabupaten Pekalongan merupakan salah satu wilayah yang mempunyai tugas besar dalam perkembangan potensi batik di Indonesia, selain Solo dan Yogyakarta. Di Kabupaten ini, sanggup ditemui puluhan pengrajin batik yang aktif memproduksi batik setiap harinya. Pengrajin ini sanggup ditemui di Kampung Batik Kauman atau Kapung Batik Pasindon. Untuk pusat perdagangan batiknya, berada di daerah Setono dan beberapa pusat grosir lain berada di aneka macam pasar serta pertokoan yang tersebar di seluruh penjuru Pekalongan. Jika dibandingkan dengan batik asal Solo maupun Yogyakarta, batik Pekalongan tidak kalah kualitasnya. oleh alasannya ialah itu, produk batik Pekalongan banyak diburu oleh masyarakat baik lokal maupun internasional. Selain itu, alasannya ialah produk batik yang berkualitas, banyak pedagang batik di Yogyakarta maupun Solo sering mengambil batik buatan Pekalongan untuk dipasarkan di daerahnya. Hal ini lah yang membuat bisnis batik di Pekalongan mengalami perkembangan yang sangat pesat. Karena banyaknya pengrajin dan penjual batik di Pekalongan ini, maka untuk membuat batik yang dijual laku, harus membuat kreasi-kreasi gres yang sanggup menari para pembeli.
Baca juga: Analisa perjuangan batik Pekalongan
Potensi Bisnis Perikana dan Kelautan
Pekalongan terletak tempat pantura atau di tempat pesisir pantai. Letak ini lah yang membuat Pekalongan mempunyai sumber daya perikanan dan kelautan yang melimpah. Potensi bisnis ini didukung dengan adanya Pelabuhan Perikanan Nusantara yang berlokasi di kelurahan Pajang Wetan. Selain itu adanya budidaya ikan tambak yang berpusat di tiga kecamatan yaitu Tirto, Wonokerto, dan Siwalan, serta budidaya ikan kolam yang tersebar di seluruh kecamatan yang berada di Pekalongan. Menjadi bukti konkret bahwa setiap tahunnya Kabupaten Pekalongan berhasil memproduksi ratusan ribu ton ikan yang dipasarkan dalam keadaan segar maupun diolah menjadi aneka macam macam produk olahan ikan yang bernilai tinggi. Untuk wilayah Pajang Wetang Pekalongan, selain menghasilkan produk perikanan, juga mengolah rumput bahari yang cukup melimpah di daerah tersebut. setiap tahunnyapara petani rumput bahari ini sanggup mengolah ratusan sampai ribuan ton rumput bahari yang dipasarkan lokal maupun pasar internasional.
Potensi Makanan Khas Daerah
Kabupaten Pekalongan tidak hanya populer alasannya ialah batiknya tetapi juga alasannya ialah mempunyai bermacam-macam hidangan masakan daerah yang potensi bisnisnya cukup besar. Menu masakan khas daerah ini contohnya sego megono (nasi dicampur dengan megono yang teruat dari nangka muda dicampur dengan parutan kelapa), sauto (campuran antara soto dengan tauco), bergairah asem (sajian berkuah dengan irisan daging kerbau di dalamnya), dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk menjalankan bisnis ini, harus mengetahui resep dari masakan yang ingin dijual dan yang terpenting ialah menyesuaikan selera warga setempat. Kalau sudah sesuai dengan “lidah” masyarakat, niscaya akan membuat pengunjung berdatangan. Olahan masakan masyarakat Pekalongan ini sanggup dijajakan di pinggiran jalan maupun diangkat ke restoran. Tempat jualan dipinggir jalan, sanggup dengan gerobak atau kios. Pelayanan antara penjual dengan pembeli harus diperhatikan. Pelayanan yang ramah sanggup membuat pembeli merasa nyaman untuk membeli dan makan di tempat makan.     

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel