9 Wangsit Bisnis Dalam Dunia Musik

9 Ide Bisnis Dalam Dunia Musik – kali ini siapabisnis.com akan mengulas mengenai inspirasi bisnis dalam dunia musik. Mengingat dunia musik kini ini semakin terkenal dan disukai banyak anak muda dan remaja. Lihat saja kontes idol yang ada di beberapa televisi nasional baik kontes lagu pop, lagu dangdut bahkan diadakan kontes idol untuk usia anak anak. Setiap tahun pendaftarnya sangat tinggi dan dengan antusiasme yang tinggi pula.

Antuasiasme yang luar biasa ini mungkin di dasari oleh pemberitaan pemberitaan yang meceritakan kisah para musisi atau penyanyi yang dulunya ialah seorang biasa biasa saja dan tidak punya apa apa, kini ini menjadi terkenal / terkenal dan sanggup meraih kesuksesan yang sangat diimpikannya.

Namun bisnis dalam dunia musik bukan hanya menjadi penyanyi saja, masih banyak lagi bisnis yang bisa anda tekuni dan menjadi sukses di lalu hari. 


com akan mengulas mengenai inspirasi bisnis dalam dunia musik 9 Ide Bisnis Dalam Dunia Musik

Berikut ialah inspirasi bisnis dalam dunia musik yang bisa anda lakukan.

1. Studio musik
Ide pertama ialah dengan menciptakan studio musik, atau biasa dikenal dengan istilah rental musik. Sebenarnya banyak masyarakat yang mempunyai hobi dan keahlian bermain musik, namun mereka tidak mempunyai daerah dan alat musiknya. Nah dengan membuka studio musik sanggup memfasilitasi masyarakat yang ingin bermain musik tanpa ada gangguan dan orang lain tidak merasa di ganggu oleh bunyi suara bising yang diakibatkan dari alat musik tersebut.

Untuk modal yang harus digelontorkan cukup besar mengingat harga alat musik sangat mahal.

Belum juga ditambahkan dengan renovasi ruangan yang harus kedap bunyi sehinga tidak mengganggu orang lain.

Beberapa alat musik yang harus disediakan di studio musik antara lain: 2 gitar, satu set drum, satu bas gitas, satu keyboard, dan microfon. Dan dengan kelengkapan musik menyerupai sound, pedal efek, kabel, lampu.

Studio musik juga harus di dukung oleh daya listrik yang tinggi sebab memang membutuhkan daya yang sangat tinggi.

com akan mengulas mengenai inspirasi bisnis dalam dunia musik 9 Ide Bisnis Dalam Dunia Musik

Dengan modal perjuangan yang sangat besar, sebanding dengan laba yang akan didapatkannya. Karena biaya operasional yang harus dikeluarkan hanya membayar biaya listrik saja.

Sedangkan jikalau ada peralatan musik yang rusak harus diganti oleh penyewanya yang dikala itu merusakan. 

2. Live sound engineering
Selanjutnya ialah bisnis teknisi bunyi (dalam bahasa sederhanya). jikalau anda mempunyai keahlian teknisi, lebih baik anda menekuni bisnis ini. teknisi bunyi pada suatu pertunjukan / penampilan sangat penting. sebab jikalau terdapat gangguan pada sound sistem nya. Maka sangat dibutuhkan kiprah seorang teknisi untuk memperbaiki secara cepat biar pertunjukan sanggup berjalan lancar. Teknisi bunyi juga melaksanakan pekerjaan untuk mengecek sound sistem sebelum pertunjukan dimulai.

Untuk fee yang diterima juga sangat besar, mengingat pekerjaan ini membutuhkan keahlian yang tinggi dan juga jam terbang yang tinggi.
com akan mengulas mengenai inspirasi bisnis dalam dunia musik 9 Ide Bisnis Dalam Dunia Musik


Memang harus diakui bahwa banyak dari masyarakat Indonesia masih belum mengenali dan mengerti pekerjaan ini. mereka hanya tahu bahwa suatu konser musik yang paling penting ialah penyanyi dengan band nya dan penari latar. Mereka tidak tahu yang ada dibelakang layar panggung.


Ada yang menyampaikan bahwa pekerjaan ini tidak bisa menghasilkan uang besar / honor yang besar. memang masuk akal saja. Namun sesudah ditelisik, pekerjaan ini bisa menghasilkan pendapatan yang luar biasa. Misalkan saja dalam suatu konser musik atau program musik live ada berapa lagu? Katakanla 15 hingga 25 lagu. Untuk standardnya saja jikalau untuk mixing dan mastering untuk mendapat bunyi yang bagus biayanya dari 500 ribu hingga 1 juta rupiah per lagu, namun mahal tidaknya tarif tergantung pengalaman kerja. Jika pengalaman / jam terbang masih rendah mungkin akan dibayar kecil namun itu sangat mempunyai kegunaan untuk menambah portfolio. 


Apalagi jikalau terdapat panggilan menjadi sound engineer di konser musik yang terkenal, tidak dibayarpun niscaya akan mau untuk menambah jam terbang dan portfolio.

Sangat berbeda jikalau bernyanyi dalam rekaman / studio dengan bernyanyi di luar ruangan dan pada dikala live, sebab pada dikala live akan ada bunyi suara yang berisik yang tiba baik dari para penonton maupun para kru kru yang sibuk pada pekerjaannya masing masing.

Jangan salah loh.... musisi/ band/ penyanyi yang sebagus apapun jikalau bunyi yang keluar bisa jadi menjadi amatir jikalau tidak disetting sound engineer.
Jika penyelenggara cocok, maka suatu dikala jikalau mereka ingin mengadakan program lagi niscaya akan menghubungi lagi.

 
3. Guru musik privat
Jika anda mempunyai keahlian memainkan alat musik, anda bisa membuka bisnis menjadi guru musik privat. Modal perjuangan yang dibutuhkan juga kecil. kiprah anda hanya mempromosikan keahlian anda saja. laba lainnya ialah dengan menjadi guru musik privat, anda bisa menentukan tarif sendiri dan aktivitas mengajar sendiri.


Jika anda mempunyai keahlian untuk memainkan alat musik, menjadi guru private musik salah satu pekerjaan yang bisa anda coba. Banyak sekali orang bau tanah yang menginginkan anaknya untuk berguru musik secara private, tujuannya selain untuk menambah pengalaman bermain juga sebagai stimultan perkembangan otak. Tidak semua orang mempunyai keahlian dalam instrumen musik dan itu mengapa tarif untuk kursus musik provat sangat mahal. Untuk tarif tergantung dari kecakapan dan pengalaman selama bekerja dalam dunia musik.  

Semakin guru tersebut berpengalaman maka semakin besar tarif yang diberlakukan ke muridnya. Walaupun tarifnya sangat mahal, namun tetap saja banyak orang bau tanah yang tertarik. Contoh Tarif guru les pirvate alat musik piano bervariasi mulai dari 50 ribu perjam hingga 200 ribu perjam.

4. Les musik
Berbeda dengan les atau kursus musik. jikalau guru musik privat hanya anda sendiri, sedangkan kursus musik merupakan perjuangan yang lebih komplek lagi, bedanya ialah membuka kursus musik harus mempunyai daerah belajar, panduan berguru juga harus jelas, administrasi aktivitas pengajaran harus jelas, mempunyai banyak guru musik.


Untuk membuka les musik tidak harus mempunyai keahlian dalam bisang musik, namun biasanya les musik didirikan oleh mereka yang sudah mempunyai keahlian dalam bidang musik. mendirikan les musik atau sekolah musik memang harus lebih hati hati sebab banyak faktor yang harus diperhatikan biar bisa berkembang dan bertahan


a. segmen pasar

segmentasi pasar yang dituju harus terperinci sebab itu yang menentukan langkah dan perencanaan taktik kedepannya. Misalnya menentukan anak anak atau kalangan pelajar atau untuk orang pandai balig cukup akal yang ingin mahir dalam memainkan alat musik


b. peralatan musik
setelah mengenali segmen yang dituju, dengan begitu kita bisa menyediakan alat alat musik menyerupai drum, keyboard, piano, gitar, saksofon, biola dan alat musik lainnya. Untuk melengkapi peralatan musik tentunya memerlukan biaya yang tidak sedikit. 

c. kurikulum pembelajaran yang lengkap dan berjenjang
salah satu hal penting lainnya ialah dengan menciptakan kurikulum pembelajaran biar ada pedoman dalam guru mengajar pada siswanya
 

5. Jual alat musik ( Buka Toko Alat Musik)
Selanjutnya ialah bisnis jualan alat musik. niscaya banyak yang membutuhkan alat alat musik. baik itu dari pemula maupun yang pandai bermain musik. semakin banyak orang yang menyukai musik, dan bahagia bernyanyi, potensi untuk ajakan alat musik semakin tinggi pula.

Berbagai peluang perjuangan mengenai musik sangat banyak. Bahkan jikalau anda tidak bisa memainkan alat musikpun. Anda bisa berkecimpung dalam bisnis toko alat musik. banyak juga yang menekuni bisnis toko alat musik ini tanpa harus paham dengan yang namanya musik dan alat musik.

Namun memang syarat utamanya ialah mempunyai modal perjuangan yang cukup. 

Mendirikan perjuangan toko alat musik harus punya uang yang cukup banyak. Bagaimana anda bisa memiki daerah perjuangan / ruko di pinggir jalan raya yang strategis, membiayai beberapa karyawan dan juga melaksanakan training pelatihan SDMnya, menyiapkan produk produk alat musik menyerupai drum, guitar, bass, piano dan peralatan instrumen musik lainnya. 

Modal 100 jutaan mungkin saja tidak cukup untuk mendirikan toko alat musik.



Ada beberapa taktik / inspirasi untuk mensiasati keterbatasan dana.

1. dengan memfokuskan untuk menjual 1 alat musik
Seperti menjual gitar akustik saja atau gitar listrik saja atau bahkan menjual kedua duanya. Dengan memfokuskan untuk menjual satu alat musik. maka toko tersebut akan mempunyai image seorang hebat toko musik gitar. Dan bahkan toko tersebut mempunyai banyak sekali variasi variasi sehingga calon pembeli bahagia untuk berlama usang dan menentukan gitar yang disukainya. Keunggulan lainnya ialah biaya lebih sanggup ditekan sebab hanya memfokuskan 1 pengadaan alat musik.


2. dengan menjual aneka macam alat musik
Toko alat musik didalamnya terdapat aneka macam macam alat musik. dan bahkan satu paket. Misalnya jikalau ada masyarakat yang ingin membentuk sebuah band. Maka mereka tinggal tiba di toko tersebut tanpa harus mencari cari lagi. Namun tentu saja jikalau ingin produknya lengkap harus mempunyai daerah yang lebih luas untuk display produk dan juga harus mempunyai modal yang besar untuk pengadaan alat alat musik tersebut.


6. Additional musician / additional player.
beberapa kali jikalau anda melihat / menonton band namun di dalam pertunjukannya kok ada pemain musik lain. Nah... pemain musik lain tersebut disebut additional musician. Additional musician sebagai pendukung pertunjukan dari band band utama.


Sering kali anda menonton sebuah grup band yang tampil live, namun komposisi anggota mereka ada yang berubah, nah mungkin ia merupakan seorang additional player. 

Pekerjaan dari additional player itu apa saja?

1. sebagai pengisi personel band yang kosong
Anggota band tentunya mempunyai personel personel yang memegang spesialisasi alat musik tertentu ataupun juga sebagai vokalis. Nah jikalau salah satu personel tersebut berhalangan hadir maka tentu harus membutuhkan personel pengganti untuk mengisi kekosongan tersebut.

2. sebagai komplemen dalam instrumen musik
Pemusik atau musisi juga sering kali memerlukan pemain musik komplemen untuk melengkapi penampilan penyanyi pada dikala live. Contohnya grup band RAN yang personelnya hanya ada dua. Untuk menyanyikan sebuah lagu tentunya butuh pemain dengan instrumen musik lain menyerupai bas, piano, drum dan lainnya.

Untuk menjadi additional player tentunya skill yang harus dimiliki juga mumpuni dan menguasai banyak genre musik.

7. Penulis lagu
Bisnis lainnya ialah menjadi penulis lagu. Memang untuk menjalankan bisnis ini tergolong susah untuk meraup untung dalam waktu singkat. Karena tingkat kesulitan cara biar penyanyi mau memakai jasa penulis lagu sangat jarang. Jika pun ada, mereka (penulis lagu) sudah mempunyai nama dan rekam jejak bahwa lagu lagu yang diciptakannya banyak yang populer.

8. Penyanyi solo
Beberapa dari masyarakat kita yang mempunyai bunyi yang indah menentukan untuk menjadi penyanyi solo. Mulailah untuk mencoba menjadi penyanyi di kafetaria kafe. Dan dari situ sangat mungkin jikalau suatu dikala nanti dilirik oleh produser rekaman.
Sedangkan untuk cara yang lebih instan lagi ialah dengan mengikuti kontes kontes idol yang diselenggarakan televisi nasional. 

Beberapa teladan penyanyi solo yang dulunya hidup sederhana dan kini populer

Inul Daratista
Siapa yang tidak tahu penyanyi dangdut solo yang terkenal dengan goyang ngebornya yaitu Inul Daratista. Dengan goyangannya yang pada masa tersebut sangat heboh dan sempat bermasalah dengan raja jangdut Roma Irama. Sebelum populer, Inul Daratista pada awal bekerja sebagai penyanyi dangdut hanya dibayar Rp.3.500 saja namundengan semangat pantang mengalah menekuni bisnis / pekerjaannya mulai nampak kesuksesan sebab kerja kerasnya. Sekarang ini Inul Daratista ,masih berkecimpung di dunia musik dangdut dan aktif sebagai juri di kontes dangdut yang disiarkan televisi nasional.

Ayu Ting Ting
Ayu Ting Ting atau Ayu Rosmalina ini bukan tiba tiba eksklusif terkenal di kancah hiburan musik tanah air. Dengan mengawali pekerjaan sebagai penyanyi di pesta ijab kabul dengan bayaran hanya Rp.200.000. sebab suaranya yang merdu menciptakan masyarakat Indonesia terpikat akan kecantikan wajahnya maupun suaranya. Lagu yang membuatnya artis ini terkenal dengan judul lagu Alamat Palsu.

Zaskia Gotik
Siapa sangka Zakia Gotik ini dulunya hidup pas pasan bahkan waktu Sekolah Menengah Pertama putus sekolah dan mulai bekerja sebagai penyanyi untuk membantu memenuhi kebutuhan keluarganya. Pada dikala itu dengan sekali menyanyi bisa membawa pulang uang Rp.100.000. semakin usang semakin terkenal dan mulai terkenal dengan goyangan itik nya. Sekarang artis ini aktif di program kontes musik dangdut yang disiarkan di televisi nasional.

Siti Badriah
Sosok lainnya ialah Siti Badriah. Sekarang ini dengan lagu fenomenalnya “lagi Syantik” . perempuan ini dulunya berasal dari keluarga yang kurang bisa dan keluarganya bahkan hidup sangat pas pasan. Namun sebab kerja kerasnya, perjuangan yang diperolehnya kini ini ialah buah dari konsistensinya menekuni sebagai penyanyi solo dangdut

9. Membuat band
Selain menjadi penyanyi solo, juga bisa menciptakan sebuah band. Memang tergantung passion masing masing.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel