Cara Ternak Burung Kacer Dan Prospek Usahanya


Cara Ternak Burung Kacer dan Prospek Usahanya – nama burung kacer bagi penggemar burung sudah tidak aneh lagi. Bagaimana tidak.... burung ini mempunyai bunyi /kicauannya yang sangat merdu dan warna yang cantik. 

Beberapa pelaku perjuangan melirik ternak burung kacer mengingat permintaannya yang cukup tinggi, selain itu juga harga burung ini tidak murah.

Jika anda ingin menggeluti bisnis ini, harus mengetahui cara beternak burung kacer supaya cepat bertelur.


Cara Ternak Burung Kacer dan Prospek Usahanya Cara Ternak Burung Kacer dan Prospek Usahanya

1. menyiapkan sangkar penangkaran

Siapkan sangkar penangkarang
Siapkan sangkar burung untuk kacer dengan jumlah yang ingin dibudidayakan. Kandang burung harus diadaptasi dengan burung supaya kacer menjadi nyaman dan diusahakan supaya sangkar dibentuk ibarat habitat aslinya ibarat di sangkar terdapat ranting ranting kecil.

Ukuran sangkar yang bagus akan baik untuk kacer yaitu pajang 1,5 hingga 2 meter dan lebar 0,7 hingga 1 meter dan tinggi 1,7 hingga 2 meter.

Dinding pada sangkar memakai batako dan tidak perlu diplester hal itu untuk menjaga kelembaban pada kandang.

Untuk atap memakai genteng atau asbes.

Pada belahan dinding depan sangkar memakai kawat supaya terdapat udara keluar masuk kandang. 

Didalam sangkar juga diberi daerah makan dan daerah minum untuk kacer.

Sediakan kotak daerah kacer untuk bersarang dan diletakkan di belahan belakang dengan ukuran 15 x 15 cm dan kotak dari materi kayu.

Cara Ternak Burung Kacer dan Prospek Usahanya Cara Ternak Burung Kacer dan Prospek Usahanya

Sediakan juga sabut kelapa, daun cemara, tankai daun lamtoro di kotak bersarang.

Siapkan kolam
Selanjutnya ialah dengan menyediakan bak sebanyak dua bak dimana bak 1 untuk mandi burung kacer dan bak 2 diisi dengan pasir dan kerikil kecil sebab kacer seringkali mengangkut kerikil batu kecil untuk menciptakan sarang.

2. menentukan bibit kacer
Selanjutnya adala menentukan bibit sebab bibit indukan yang unggul menciptakan kualitas anakan kacer juga bagus.

Memilih jenis burung kacer
Beberapa jenis kacer yang sanggup diternak ibarat kacer poci dimana jenis ini banyak di pulau kalimantan dan sumatra. Kacer jawa yang tidak jauh beda dengan kacer poci namun siulan kacer jawa lebih lantang dan warna hitam lebih dominan. Kacer blorok ialah hasil perkawinan kacer poci dan kacer jawa dan ciri khas warnanya hitam dan putih.

Bibit indukan
Usia indukan jantan berumur 2 tahun sedangkan indukan betina berumur 1 tahun. Pilihlah bibit dengan postur badan yang bagus, dan bunyi yang bagus. ketika menentukan bibit usahakan yang jinak supaya tidak gampang terganggu ketika mengerami.

3. penjodohan
Yang harus diperhatikan ialah kesabaran sebab untuk menjodohkan kacer butuh waktu, kalau tidak sabar niscaya tidak berhasil dalam menjodohkan kacer.

Langkah pertama gantung kacer betina dan kacer jantang supaya tidak saling melihat dan hanya mendengar suaranya saja.

Tunggu hingga kacer tersebut saling bersautan.

Setelah itu kedua sangkar didekatkan supaya saling mengenal dan tunggu hingga 2 minggu.

Tanda2 kacer sudah mulai tertarik ialah kacer jantan berkicau lebih keras, kacer beritna membalas kicauannya, kacer betina juga terlihar lebih gelisah.

4. pengeraman
Tahao selanjutnya ialah pengeraman. Setelah telur menetas sering kali betina tidak mau mengerami telurnya. Namun kalau betina mengerami telur jangan hingga mengganggu hingga telur sanggup menetas. Umumnya telur menetas sekitar 14 hari dengan jumlah telur kacer 3 hingga 4 butir.

5. tunjangan pakan
Dalam kandungan pakan untuk kacer harus mempunyai protein yang tinggi supaya menjaga kebutuhan nutrisi betina ketika bertelurm mengerami dan meloloh anaknya.

Beberapa makanan yang sanggup diberikan untuk kacer ialah jangkrik, belalang, kroto, ulat hongkong. Pastikan tunjangan pakan dilakukan secara teratur.

6. perawatan anak kacer
Secara umum anakan kacer gres sanggup diambil uasianya sekitar 3 hingga 4 ahad dan buatkan sangkar tersendiri dan dipisahkan dengan indukan.

7. Pelolohan anak
4 ahad sehabis dipisah dari indukan, secara rutin memperlihatkan pakan yang bernutrisi.

8. Pemasteran kacer kecil
Latih kacer kecil dengan cara siulan lagu  dengan tujuan kacer kecil sanggup terlatih bersiul.
Semoga ulasan dari siapabisnis.com sanggup bermanfaat untuk solusi ternak burung kacer



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel