Kajian Bisnis Home Industry Sabun Cair

Kajian Bisnis Home Industry Sabun Cair - Pembaca sekalian, pada kesempatan kali ini saya akan coba menuliskan ihwal cara atau tips dan trik berbisnis yang berbeda dari sebelumnya. Yup, selain dengan bagaimana berbisnis dengan memakai taktik promosi untuk menarik pelanggan, kini ini saya akan coba menjelaskan taktik lain semoga bisnis pembaca sekalian berjalan secara lancar dan cepat berkembang. Bukan hanya bagaimana taktik berbisnis yang manjur, saya juga akan mengulas peluang bisnis yang cukup menjanjikan untuk pembaca sekalian coba. Apa sih peluang bisnis yang menjanjikan tersebut? Salah satunya ialah perjuangan sabun cuci. Mengapa menentukan sabun basuh sebagai bisnis yang cukup menjanjikan? Sebelum lebih jauh membahas ihwal perjuangan sabun cuci, maka saya akan coba jelaskan terlebih dahulu mengapa harus berbisnis dan bagaimana prospek kedepannya. 

Kenapa perlu berbisnis? Ini ialah pertanyaan fundamental bagaimana pembaca sekalian ingin membangun sebuah bisnis tanpa ada dasar yang kuat untuk berbisnis?. Yang paling utama ialah dengan memulai berbisnis sanggup menjadi penghidupan bagi kita sehari-hari, memenuhi kebutuhan hidup sekaligus menjadi modal serta investasi di masa depan. Tentunya orientasi bisnis tidak melulu soal pendapatan atau penghasilan yang di hasilkan, tetapi juga banyak hal mengapa pembaca sekalian perlu membangun bisnis. Dengan berbisnis secara tidak pribadi sanggup berguru bagaimana mengelola waktu lebih baik. Saat memulai bisnis dan melihat peluang bisnis tersebut merupakan sebuah kesempatan yang tepat, maka kita akan berusaha untuk bagaimana mengatur waktu antara aktifitas penting kita sehari-hari, serta melaksanakan pekerjaan bisnis yang sedang kita geluti. Berbisnis juga tidak melulu soal uang, modal, dan investasi, tetapi juga dengan berbisnis, kita sanggup berguru bagaimana untuk mengelola kondisi keuangan. Dengan berbisnis secara tidak pribadi merupakan salah satu cara yang sanggup membantu untuk mengontrol keaadan ekonomi yang kita miliki.  

Peluang perjuangan sabun cair cukup menjanjikan. Dapat dibilang bahwa kebutuhan produk sabun cair semakin usang semakin meningkat sehingga banyak aneka macam produk sabun cair yang pembaca sekalian sanggup temukan di pasaran. Sabun basuh berupa sabun cair sangat di cari oleh banyak konsumen alasannya ialah banyak manfaat yang sanggup diperoleh dengan memakai sabun basuh cair. Sabun basuh cair sudah jelas, bersifat mudah dikala di gunakan untuk membersihkan peralatan-peralatan rumah tangga. Selain itu, sifat sabun cair yang gampang larut didalam air dan aroma produk yang khas menjadikan cairan pencuci piring mempunyai nilai lebih dibanding produk pencuci piring lainnya. Keuntungan lain yang didapatkan ketika memakai sabun basuh cair yaitu lebih higienis. 

Salah satu pebisnis sabun cair yang sedang berkembang salah satunya ialah Pak Widodo yang menyebarkan perjuangan sabunnya di kawasan Surakarta, Jawa Tengah. Pak Widodo memperlihatkan nama brand dengan nama Sabun King Queenclong dan sudah mempunyai cukup banyak pelanggan loh, pembaca sekalian. Pak Widodo merupakan penyandang difabilitas dengan derma beberapa alat bantu untuk berbisnis, berjualan sabun cair yang Ia buat sendiri, Pak Widodo berhasil menyebarkan bisnisnya secara sedikit demi sedikit hingga dengan sudah mempunyai cukup banyak pelanggan setia. Sabun basuh cair nya di buat sendiri oleh Pak Widodo dengan konsep bisnis Home Industry atau proses produksinya dilakukan sendiri di rumah Pak Widodo yang dibantu satu orang pegawai. Usaha produksi sabun ini telah ditekuni oleh Pak Widodo selama kurang lebih 3 tahun. Produk Sabun yang dihasilkan yaitu sabun herbal yang mempunyai beberapa variasi menyerupai sabun mandi, sabun cuci, dan sabun detergen yang semuanya berbentuk liquid. Selain memproduksi sendiri, Pak Widodo juga menjual sendiri produk sabun tersebut. 

Bagi pembaca sekalian, tentunya perlu memikirkan hal yang unik dan langka dalam membuat produk usaha. Hal ini dilakukan juga oleh Pak Widodo dengan bisnis Sabun King Queenclong nya ini. Usaha produksi sabun herbal yang ditekuni oleh Pak Widodo ini mempunyai kelebihan yaitu diproduksi tanpa soda api, tanpa memakai pewarna makanan dan minyak nabati. Omzet yang dihasilkan setiap harinya yaitu sekitar Rp. 400.000,00 dengan laba kurang lebih Rp.50.000 hingga Rp. 100.000,00 setiap harinya, menarik bukan?. Bagi penyandang difabel, motivasi perjuangan yang besar lah yang sanggup menjadikan seseorang untuk keluar dari zona nyamannya dan mencoba hal gres yang menguntungkan tidak hanya bagi dirinya, melainkan juga bagi orang banyak.

Menarik melihat semangat perjuangan yang ditekuni Pak Widodo bukan? Bayangkan saja, untuk setiap harinya Pak Widodo memakai sepeda motor roda tiga yang dimodifikasi khusus bagi penyandang difabel yang juga Ia gunakan sebagai stand display produk atau tempat untuk memamerkan produk untuk berjualan. Setiap harinya Pak Widodo melaksanakan pemasaran produk sabun dengan cara door to door atau melaksanakan pemasaran secara keliling dari tempat satu ke tempat yang lain. Area pemsaran produk yang dilewati Pak Widodo yaitu kawasan Gawok, Sukoharjo hingga Pasar Kliwon, Solo. Meskipun dalam menjalankan bisnisnya banyak hambatan yang dirasakan oleh Pak Widodo, akan tetapi Pak Widodo tetap semangat dalam menjalankan bisnisnya tersebut.  

Kisah lainnya yang akan saya ceritakan, tidak jauh juga dari kawasan Solo. Usaha sabun cair yang tengah berkembang ialah kisah Pak Ruswinarto yang sudah menjalani perjuangan produksi sabun selama kurang lebih 2 tahun. Produksi dilakukan di rumah Pak Ruswinarto di kawasan Luwang, Gatak, Sukoharjo. Setiap harinya Pak Ruswinarto memproduksi sabun herbal dengan nama Star Sabun Herbal. Produk sabun herbal tersebut berupa sabun mandi, sabun mencuci peralatan makan dan sabun mencuci baju. Pak Ruswinarto memasarkan produk sabun herbal hasil produksinya dengan memakai sepeda motor yang sekaligus difungsikan sebagai stand tempat memamerkan produknya. Omzet yang di hasilkan setiap harinya kurang lebih Rp.300.000,00 dengan laba Rp.80.000,00. Pemasaran dikala ini dilakukan sendiri oleh Pak Ruswinarto dengan cara berkeliling. 

Dua kisah yang sudah saya jelaskan setidaknya memperlihatkan penggambaran sedikit mengenai peluang perjuangan sekaligus prosedur berjalannya perjuangan sabun, khususnya sabun cair. Lantas, bagaimana taktik berbisnis semoga menarik pembeli dan mendapat banyak pelanggan? tips dan trik yang paling utama berdasarkan saya ialah melalui pemilihan desain kemasan yang menarik. Kenapa demikian? Menurut saya, salah satu hal yang cukup penting dari proses bisnis ialah desain kemasan. Pembaca sekalian perlu tau dong, kalau pemberian kemasan pada produk mempunyai beberapa tujuan, menyerupai sebagai pelindung isi (protection), memperlihatkan kemudahan dalam penggunaan (operation), bermanfaat dalam pemakaian ulang (reusable), memberi daya tarik (promotion) berupa aspek artistik, warna, bentuk, dan desain, sebagai salah satu identitas produk (image), memudahkan proses distribusi (shipping), dan sanggup memperlihatkan informasi (labelling) yang menyangkut isi, pemakaian, kualitas, dan sebagai cermin dalam penemuan produk. Membuat desain kemasan menjadi penting semoga konsumen mempunyai kesan baik terhadap produk yang kita tawarkan. Kemasan sanggup dibentuk atau dicari, menyerupai halnya mencari atau membuat sendiri kemasan berupa botol yang sanggup digunkan untuk mengemas sabun cair yang anda tawarkan pada konsumen.

Lantas, mengapa sih kemasan sangat penting untuk diperhatikan? Kemasan tidak hanya dituntut untuk sanggup memperlihatkan aspek fungsional bagi konsumen. Kemasan (packaging) mempunyai nilai komersial yang tinggi dan mempunyai tugas pen konsumen yang akan membeli atau menentukan suatu produk untuk dibeli, 38% konsumen akan menentukan produk melihat packagingnya, 45% konsumen menentukan alasannya ialah harga, dan 17% konsumen meilih produk alasannya ialah terdapat promosi yang sedang berlangsung. Dengan data tersebut, sanggup dikatakan bahwa packaging atau kemasan merupakan salah satu hal yang kuat terhadap keutusan konsumen untuk membeli suatu produk dari pelaku perjuangan dalam proses pemasaran  dan sebagai identitas dari suatu produk. Konsumen membuat pilihan pembelian berdasarkan persepsi mereka dimulai dari daya tarik tampilan visual dan nilai yang menempel pada suatu produk yang ditawarkan. Dengan demikian, pemilihan dan perancangan konsep desai suatu kemasan produk harus dilakukan secara seksama dimulai dari penentuan proses pengemasan, materi dan bentuk pengemasan, warna, bentuk, logo, dan gambar-gambar yang akan digunakan.

Respons konsumen sebanyak 73% tertarik membeli suatu produk alasannya ialah desain kemasannya sehingga dari pengambilan keputusan pembelian dilakukan pada point of sale.  Dengan demikian, timbul dugaan bahwa desain kemasan (packaging) juga sanggup mengakibatkan impulsive buying. Impulsive buying didefinisikan sebagai pembelian yang tidak terencana. Desain kemasan, utamanya tampilan kemasan suatu produk harus dibentuk semenarik mungkin dengan branding yang sanggup memikat para konsumen. Hal ini penting alasannya ialah sebelum memutuskan untuk membeli sebuah produk, seorang konsumen tentunya mempunyai aneka macam macam alternatif untuk menentukan produk mana yang akan mereka beli, alternatif muncul berdasarkan merk-merk yang ada pada sebuah produk yang salah satunya berdasarkan dari gambaran positif yang diberikan oleh brand sebuah produk.

Pembaca sekalian perlu memperlihatkan label pada desain kemasan, pembaca sekalian perlu juga memperhatikan bentuk kemasan dari produk yang di tawarkan pada konsumen. Umumnya pada produk sabun cair, saya sarankan untuk memakai botol flip top. Penggunaan botol flip top ini juga dinilai lebih praktis, ekonomis dan bersih alasannya ialah dalam penggunaannya, cairan sabun yang akan keluar tidak akan sebanyak bila memakai kemasan botol yang sebelumnya. Penggunaan botol flip-top dengan cara menekan cuilan botol (bukan tutup). Isi cairan akan keluar hanya ketika botol ditekan. Jadi, ketika botol tersebut dalam keadaan terbalik dan tutup atas terbuka, isinya tidak akan keluar alasannya ialah tutupnya sudah didesain sebaik mungkin dan mempunyai sistem pengunci sehingga cairan tidak gampang tumpah. Warna botol yang transparan ini akan membuat isi sabun cair akan terlihat secara nyata. Konten dari kemasan botol ini sudah cukup mewakili apa yang diinginkan responden. Selain botol flip top, pembaca sekalian juga sanggup memakai botol yang menarik, yaitu botol pump. Penggunaan botol pump ialah dengan menekan cuilan tutup atas botol yang mempunyai bentuk menyerupai selang. Dengan demikian, cairan yang ada di dalam botol sangat kondusif dan tidak akan gampang tumpah. Untuk sabun basuh tangan, dipilih bentuk kemasan botol pump ini semoga gampang dipakai oleh para pengguna sabun. Informasi menyerupai merk, keterangan kegunaan, volume, dan alamat.

Agar pembaca sekalian mempunyai gambaran bagaimana bentuk dari botol sebgai kemasan yang menarik, saya akan coba berikan tumpuan bentuk botol dan desain kemasan sebagai bentuk brand produk dagang. 


Gambar tersebut merupakan desain prototipe dari kemasan untuk sabun basuh piring. Desain kemasan sebagai pelabelan harus dibentuk semenarik mungkin. Konten dari kemasan botol ini sudah cukup mewakili apa yang diinginkan responden. Informasi menyerupai merk, keterangan kegunaan, volume, dan alamat pelaku perjuangan sudah tertera dalam desain kemasan botol yang gres ini. Informasi tersebut sudah tertera pada label yang dilengkapi dengan gambar sesuai dengan fungsi dan kegunaannya. Dalam hal ini ialah sabun basuh piring, sehingga gambar yang tertera yaitu peralatan rumah tangga menyerupai piring dan gelas. Label kemasan memadukan warna hijau sebagai warna mayoritas dan putih sebagai warna pendukung. Warna goresan pena pada brand Star Sabun ialah warna merah, dan King Queenclong warna biru. Hal ini menambah keserasian warna pada kemasan sabun cair pencuci piring ini.


Gambar tersebut ialah gambaran dari desain kemasan dan bentuk botol yang sesuai untuk di gunakan mengemas produk sabun basuh tangan atau hand wash senitizer, keren bukan? Dan mengapa sih perlu di buat dengan desain label kemasan menyerupai gambar diatas?. Sederhananya, semoga label yang di cantumkan dalam label konten sanggup memberi informasi menyeluruh bagi pembaca sekalian dan calon konsumen. Informasi menyerupai merek, keterangan kegunaan, volume, dan alamat pelaku perjuangan juga tertera dalam desain kemasan botol basuh tangan ini. Label kemasan untuk sabun basuh tangan King Queenclong memadukan warna ungu dengan goresan pena warna putih. Sedangkan untuk sabun basuh tangan Star Sabun memadukan warna goresan pena merah dan biru, warna latar belakang memadukan warna hijau dan putih. Dengan bentuk kemasan, fungsi, dan perpaduan warna pada label akan menambah daya tarik para calon pelanggan untuk membeli sabun basuh tangan ini. 

Sudah banyak mengerti kah mengapa perlu membut desain kemasan menarik dan tumpuan desain kemasan yang saya anggap menarik? Lebih lanjut, tips dan trik yang tidak kalah pentingnya ialah lakukanlah pemasaran melalui e-commerce. Globalisasi secara pesat perkembangannya tak sanggup terbendung lagi. Sebagaimana teknologi memang harus dimanfaatkan dengan baik dan semaksimal mungkin, kemudahan jual-beli online melalui internet juga harus dimanfaatkan dengan baik sehingga sanggup menguntungkan bagi produsen online dan konsumen. Hal ini penting semoga produk sanggup hingga kepada para calon konsumen. Aktivitas jual-beli online memang di satu segi mempunyai banyak kelebihan. Antara produsen dan konsumen sanggup lebih menghemat waktu alasannya ialah dengan memakai e-commerce, tidak harus membuang waktu ke toko fisik yang ada di Mall atau pun sentra perbelanjaan lain. Ada banyak situs belanja online yang sanggup anda sekalian manfaatkan menyerupai halnya Olx, Bukalapak, pasarmaret.com, JD.id, tokopedia.com, dan banyak website jual beli online yang sanggup manfaatkan. Dengan membuat toko online tersebut, maka sanggup memudahkan pelaku perjuangan untuk menyebarkan usahanya alasannya ialah toko online mempunyai cakupan yang sangat luas. Berikanlah foto terbaik dan deskripsi yang meyakinkan mengenai produk sabun anda dalam toko online untuk menarik pembeli.

Semoga artikel ini sanggup membantu anda sekalian medapatkan banyak jalan terang untuk memulai bisnis, bisnis apa yang mempunyai banyak peluang, prospek yang menguntungkan, bagaimana membuat kemasan semoga menarik banyak konsumen dan mendapat banyak pelanggan, serta bagaimana tips semoga produk sanggup di kenal. Selebihnya, anda harus mulai mencoba dan semoga pembaca sekalian berhasil.  

Penulis: 
1. Nadia Sigi Prameswari, S.Sn, M.Sn.
2. Drs. M.Suharto, M.Sn.
3. Esty Wulandari, S. Sos., M. Si.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel