Peluang Bisnis Perjuangan Budidaya Jamur Tiram Dengan Analisa Lengkap



Peluang Bisnis Usaha budidaya Jamur Tiram dengan Analisa Lengkap – kali ini saya akan membahas ihwal perhitungan bisnis, rincian modal, cara membuka usaha, dan menganalisa laba dan kerugian perjuangan budidaya jamur tiram. Jamur tiram merupakan salah satu jamur yang bisa dikonsumsi manusia. Jamur tiram biasanya hidup di permukaan batang pohon lapuk atau batang yang sudah di tebang. Jamur tiram biasa hidup di tempat hutan atau tempat sejuk, namun kini ini banyak pelaku perjuangan yang ingin membudidayakan jamur tiram di perkotaan atau pedesaan. Jamur tiram merupakan salah satu jamur yang sanggup dimakan, jikalau di olah menjadi kuliner atau kuliner rasanya menjadi sangat enak dan lezat. Banyak kalangan yang menyukai oalahan kuliner jamur tiram mulai dari usia muda hingga usia dewasa. 


Peluang Bisnis Usaha budidaya Jamur Tiram dengan Analisa Lengkap Peluang Bisnis Usaha Budidaya Jamur Tiram dengan Analisa Lengkap



Cara memulai perjuangan budidaya jamur tiram – untuk membuka perjuangan jamur tiram sangat praktis dan bisa dijalankan semua orang baik ibu rumah tangga maupun anak anak muda. Modal perjuangan yang diperlukan juga tergolong kecil namun laba yang didapat sangat besar. Beberapa peralatan dan perlengkapan yang diperlukan yaitu tangki air sprayer, termometer.


Manfaat jamur Tiram – jamur tiram mempunyai banyak manfaat yang baik untuk tubuh. Berikut beberapa manfaat dari jamur tiram : 

1. nutrisi untuk perkembangan janin
Jamur tiram ternyata sangat bermanfaat untuk ibu hamil. Mengapa? Karena nutrisi yang terkandung di dalam jamur tiram ternyata sanggup meningkatkan oksigen dan sel darah merah ibu sehingga sanggup bermanfaat untuk pertumbuhan janin dan juga memenuhi asupan gizi bayi

2. mencegah pertumbuhan tumor dan kutil
Manfaat lain selanjutnya yaitu menghambat pertumbuhan sel tumor dan tumor jinak. Mengapa? Karena jamur ini mempunyai kandungan zat besi yang sanggup membentuk dan mempercepat limfosit yang merupakan senyawa yang bisa menghambat sel sel tumor.

3. menangkal imbas jelek radikal bebas
Pada kandungan jamur tiram didalamnya terdapat vitamin B, C dan D2 sebagai antioksidan yang bisa melawan imbas jelek radikal bebas jikalau menyerang tubuh kita.

4. sanggup menurunkan kolesterol
Pada jamur tiram terdapat nutrisi lengkap yang sanggup menurunkan kolesterol jahat secara terjadwal jikalau kita mengkonsumsi secara rutin 

5. sebagai pemenuhan protein harian
Jika kita memakan olahan jamur tiram secara teratur, maka asupan protein pada tubuh bisa tercukupi. Dan itu bisa sebagai pengganti protein pada susu sapi.

6. sanggup menurunkan tekanan darah
Pada kandungan jamur tiram terdapat zat ergosterol yang bisa berbagi manfaat vitamin D dengan derma sinar matahari. 

7. mencegah kanker payudara
Kandungan jamur tiram terdapat zat beta glucan dan asam linoleat yang berkhasiat sebagai pencegahan pertumbuhan kanker payudara.

8. sebagai anti mikroba
Jamur tiram mempunyai zat anti kuman dan anti mikroba yang berfungsi membantu mempercepat penyembuhan luka dan iritasi

9. memperkuat kekebalan tubuh
Jamur tiram mempunyai kandungan magnesium yang cukup tinggi yang bisa meningkatkan kekebalan pada tubuh.

10. mencegah pertumbuhan sel kanker prostat
Jamur tiram mempunyai kandungan selelnium yang cukup tinggi yang sanggup mencegah kanker prostat secara berkala.

11. menyehatkan jaringan hati
Dari semua nutrisi yang lengkap pada jamur tiram sanggup menyehatkan jaringan dan kesehatan hati.

12. Menurunkan berat badan
Pada jamur tiram mempunyai kandungan air yang tinggi dan protein yang tinggi pula, sedangkan kalorinya rendah sehingga mempu sebagai diet dan aben lemak lebih cepat.

13. mencerdaskan otak
Nutrisi yang lengkap pada jamur tiram sanggup meningkatkan kualitas sel otak menjadi lebih baik.

14. cadangan energi tubuh
Nutris pada jamur tiram sanggup meningkatkan stamina dan mengakibatkan tubuh tidak praktis lelah.

15. melancarkan peredaran darah
Manfaat lain pada jamur tiram sanggup melancarkan peredaran darah diseluruh jaringan tubuh.



Cara Mengolah Jamur Tiram


1. sebagai adonan jus buah atau jus sayur
Jamur tiram bisa diolah dengan cara mencampur dengan jus buah atau jus sayur. Hal ini sanggup meningkatkan nustrisi yang terkandung di dalam jus buah ataupun jus sayur secara maksimal. Untuk mencampur jus dengan jamur tiram sebaiknya jumlah jamur tiram sedikit saja biar masih bisa mencicipi rasa buahnya.

2. bisa dibentuk pepes
Selanjutnya yaitu jamur tiram bisa dibentuk menjadi kuliner pepes. Pengolahannya dengan di kukus dan dibungkus dengan daun tiram, kemudian dicampur dengan bumbu pepes biasa. Makanan pepes jamur tiram tidak kalah enak dengan pepes lainnya. Pepes jamur tiram ini juga baik dikonsumsi oleh anak anak alasannya kuliner ini bernutrisi.

3. bisa dibentuk sebagai tumisan sayur jamur
Kalau anda biasanya bahagia memasak tumis, kali ini anda sanggup mencobanya dengan menambah jamur tiram pada tumisan anda. sangat enak dan juga kuliner ini merupakan kuliner sederhana. Pada tumisan jamur tiram bisa sebagai pengganti daging.

4. bisa dibentuk sebagai dadar jamur tiram
Nah jikalau anda yaitu penyuka kuliner telor dadar, maka anda bisa mencoba dadar jamur tiram. Caranya sangat mudah. Saat menciptakan dadar telur, masukkan potongan jamur tiram yang sudah dipotong kecil kecil dan sudah dikukus. Dengan adonan jamur tiram, rasanya unik dan enak. Selamat mencoba.

5. bisa dibentuk sebagai perhiasan sayur kembang pepaya.
Kalau anda ingin menciptakan tumis sayur kembang pepaya, cobalah untuk mencampur potongan kecil pada jamur tiram. Hasilnya akan tambah enak. Untuk jumlah campurannya bisa anda sesuaikan dengan impian anda.   
Cara budidaya jamur tiram – berikut yaitu langkah langkah hal yang dilakukan sebelum menanam bibit jamur tiram. Langkah pertama dengan menyiapkan materi dan peralatan yang akan digunakan, langkah selanjutnya dengan mencampur serbuk kayu dengan materi lain menyerupai bekatul, tepung jagung dan kapur hingga merata. Selanjutnya yaitu dengan menambahkan air sekitar 65% dari tempat tanam. 

Selanjutnya dengan memasukkan bibit ke dalam kantung plastik dan padatkan, beri cincin paralon pada cuilan atas kantung pastik sesudah itu lubangi setengah kantong plastik dengan kayu, tutup dengan kertas lilin. Setelah itu media tanam yang sudah dikemas disterilisasi pada suhu sekitar 120 derajat celcius selama tujuh  sampai delapan jam. Setelah itu dinginkan selama delapan hingga duabelas jam di ruang inokulasi.

Tips bisnis perjuangan budidaya jamur tiram

Lokasi usaha
Lokasi perjuangan untuk jamur tiram cocok berada di tempat pedesaan. Dengan kondisi tanah yang masih subur dan sumber air yang masih bagus, lebih baik jikalau perjuangan budidaya jamur tiram dilakukan di desa. Jika anda berniat untuk budidaya di perkotaan, maka anda harus memastikan bahwa panas sinar matahari sedikit, kelembaban terjaga dan sumber air higienis juga mencukupi, untuk penanaman bisa dilakukan di baglog.

Harga jamur tiram
Harga untuk baglog sekitar Rp.2.000 hingga Rp.3.500, tergantung pasokan dan harga pasaran di tiap tiap daerah. Jika dijual jamur tiram perkilonya bisa mencapai sekitar Rp.12.500 hingga Rp.20.000.

Produk
Produk jamur tiram anda harus berkualitas dan siap panen biar sanggup mencapai bobot dan hasil maksimal. Untuk 1 baglog sanggup mencapai berat antara 1,5 hingga 1,7 kg

Promosi usaha
Promosi perjuangan budidaya jamur tiram bisa dilakukan dengan melaksanakan penawaran eksklusif ke penjual pasar pasar tradisional atau ke warung makan berbahan baku jamur tiram. Selain itu anda bisa mengatakan jamur tiram melalui online dan media sosial

Pelayanan
Lakukan pelayanan yang terbaik dengan proses cepat dan sempurna waktu, jangan hingga mengecewakan pembeli atau konsumen.


Tips tambahan :

Cara memasarkan hasil budidaya jamur tiram

Salah satu aktivitas perjuangan yang harus anda jalani salah satunya yaitu pada pemasarannya atau marketingnya.

Oke... jikalau anda sudah andal untuk membudidayakan jamur tiram, namun jikalau anda tidak bisa memasarkannya, jamur tiram anda akan menumpuk dan pada saatnya panen, tidak bisa diambil alasannya tidak tahu harus dijual kesiapa.

Pemasaran juga mempunyai tugas penting dalam sebuah taktik pengembangan usaha. dengan adanya pemasaran yang jalan, maka aktivitas perjuangan menyerupai produksi akan lancar juga.

Berikut ini taktik pemasaran sederhana jamur tiram.

1. dengan menjual eksklusif ke konsumen.
-Tawarkan secara eksklusif pada keluarga besar, saudara, kerabat jauh dan tetangga tetangga di lingkungan tempat tinggal anda. proses memasarkan eksklusif ini mengakibatkan anda sebagai sales / marketing. Bagaimana jikalau tidak terbuasa atau aib melakukannya??? Jika anda aib mengatakan produk jamur tiram ke orang lain, maka tidak salah jikalau orang lain (pekerja anda) juga aib mengatakan jamur tiram anda ke masyarakat.

Pemasaran “mulut ke lisan “ memang sangat efektif untuk mengakibatkan terjadinya sebuah proses jual beli.

-Jadikan kebun (tempat budidaya ) jamur tiram anda sebagai toko.
Cara lain yaitu dengan mengakibatkan kebun anda sebagai toko langsung. Jika ada orang lain /masyarakat yang tiba ke kebun anda, maka mereka akan tertarik dan membeli produk jamur tiram. Dari situ anda juga melaksanakan edukasi mengenai budidaya jamur tiram. Dengan begitu mereka akan suka dan bahkan sering tiba ke kebun anda.

-jadikan rumah tempat tinggal anda sebagai toko / kantor.
Semakin banyak spot atau titik titik yang bisa menampilkan promosi jamur tiram maka akan semakin baik, walaupun itu yaitu rumah anda sendiri. tidak persoalan jikalau rumah anda dikasih spanduk tulisan, dengan begitu masyarakat yang lewat akan menyadari bahkan selalu ingat jikalau membutuhkan jamur tiram sanggup di beli di tempat tersebut.

2. dengan menitipkan di warung atau di toko toko sayuran
Jamur yaitu sejenis sayuran yang sanggup dijadikan untuk materi tambahan sayuran. Jamur juga bisa dimanfaatkan dan dibentuk sebagai lauk untuk makan nasi. Dalam satu waktu niscaya masyarakat bosan jikalau lauknya daging terus. nah jamur sanggup dijadikan alternatif sebagai pengganti lauk pauk.

Dengan menitipkan di warung atau toko sayuran, kemungkinan besar niscaya akan laris alasannya jamur memang sangat dibutuhkan.

Apakah warung atau toko sayuran akan menolak? tentu tidak alasannya sistemnya yaitu hanya titip barang, jikalau tidak laris maka jamur akan kembali ke anda. dan warung /toko tidak akan mengalami kerugian.

3. penjualan online
Cara lainnya yaitu dengan memasarkan lewat online. Cara tersebut gampang, praktis alasannya anda hanya memanfaatkan smartphone anda menjadi alat pemasaran. Anda bisa menjual jamur tiram lewat facebook, twitter, instagram, dan whatsapp. Banyak sekali orang orang sukses menjual produk / barang dagangannya melalui media umum tersebut.

Analisa bisnis perjuangan budidaya jamur tiram

Modal awal
Barometer
Rp.200.000
Peralatan pertanian
Rp.200.000
Tangki air
Rp.450.000
Termometer
Rp.150.000
Pemasangan etalase listrik
Rp.500.000
Total modal awal
Rp.1.500.000

Biaya tetap
Penyusutan Barometer
Rp.200.000
1/36
Rp.5.500
Penyusutan Peralatan pertanian
Rp.200.000
1/36
Rp.5.500
Penyusutan Tangki air
Rp.450.000
1/36
Rp.12.500
Penyusutan Termometer
Rp.150.000
1/36
Rp.4.100
Penyusutan Pemasangan etalase listrik
Rp.500.000
1/36
Rp.13.800
total biaya tetap perbulan


Rp.41.400
total biaya tetap per 5 bulan
Rp.41.400
5
Rp.207.000

Biaya tidak tetap sekali panen
Baglog
Rp.3.000
1000 buah
Rp.3.000.000
Plastik kemasan


Rp.1.000.000
Transport


Rp.500.000
Listrik dan air


Rp.500.000
Biaya lain lain


Rp.300.000
Total biaya tidak tetap


Rp.5.300.000

 Perkiraan :
1 baglog 1,5 atau 1,7 kg biasanya menghasilkan jamur tiram sebesar 0,5 kg hingga 0,7 kg dan masa sekali panen sekitar 4 hingga 5 bulan
Untuk kegagalan baglog sekitar 5 persen dari total baglog

Penerimaan
Penjualan
Rp.20.000
0,5 kg x 950 log
Rp.9.500.000
Biaya



Biaya tetap
Rp.207.000


Biaya tidak tetap
Rp.5.300.000


Total biaya


Rp.5.507.000
Laba higienis / panen


Rp.3.993.000

Demikian yang sanggup saja jelaskan mengenai perjuangan budidaya jamur tiram beserta analisa usahanya, semoga artikel ini sanggup bermanfaat bagi anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel