Pemasaran Langsung, Pemasaran Online, Taktik Bersaing Dan Pemasaran Global



Pertumbuhan dan manfaat pemasaran langsung
Pemasaran pribadi berdasarkan direct marketing association ialah sistem pemasaran interaktif yang memakai satu atau lebih media iklan untuk menghasilkan balasan dan atau transaksi yang sanggup diukur pada suatu lokasi.

Pemasaran pribadi berdasarkan direct marketing association ialah sistem pemasaran interaktif Pemasaran Langsung, Pemasaran Online, Strategi Bersaing dan Pemasaran Global


Manfaat pemasaran pribadi
Pemasaran pribadi memperlihatkan banyak manfaat bagi para pelanggan. Konsumen menyatakan bahwa belana di rumah menyenangkan, nyaman, dan bebas pertangkaran. mereka sanggup melaksanakan belanja komparatif dengan membuka-buka catalog dan layanan belanja online, dan sanggup memesan barang untuk mereka sendiri atau orang lain.


Basis data pelanggan dan pemasaran langsung
Basis data pelanggan merupakan kumpulan data komprehensif yang terorganisasi wacana pelanggan dan calon pembeli individual yang terkini, terjangkau dan sanggup dilaksanakan untuk mencapai tujuan-tujuan pemasaran menyerupai produksi unggulan, penjualan produk atau jasa, atau pemeliharaan hubungan pelanggan. Basis data pemasaran ialah proses pembentukan, pemeliharaan, dan pemakaian basis data pelanggan dan basis data lain untuk berafiliasi dan bertransaksi.
Pemasaran berdasarkan basis data sering dipakai oleh pemasar bisnis ke bisnis dan pengecer jasa. Dipersenjatai dengan informasi dalam basis atas pelanggannya, perusahaan sanggup meraih jauh lebih banyak ketepatan pasar target daripada yang sanggup diperolehnya dengan memakai pemasaran misal, pemasaran segmen.
Perusahaan memakai basis data mereka dalam empat cara:
v  Mengidentifikasi calon pembeli:Perusahaan menyortir basis data tersebut untuk mengidentifikasi calon pembeli terbaik, kemudian menjangkau mereka dengan surat, telepon atau kunjungan pribadi dalam upaya mengubah mereka menjadi pelanggan.
v  Memutuskan pelanggan mana yang mendapat penawaran tertentu: perusahaan menetapkan kriteria yang menggambarkan pelanggan target ideal untuk suatu penawaran. Kemudian mereka mencari pelanggan yang paling mendekati tipe ideal tersebut dalam basis data pelanggan mereka
v  Memperdalam kesetiaan pelanggan: Perusahaan sanggup membangun minat dan antusiasme pelanggan dengan mengingatkan kembali preferensi mereka; mengirim hadiah yang tepat, kupon diskon, dan materi bacaan yang menarik; dan seterusnya.
v  Mengaktifkan kembali pembelian pelanggan: perusahaan sanggup memasang acara surat otomatis yang mengirimkan kartu ucapan selamat ulang tahun atau perayaan, surat pemberitahuan balanja hari natal, dan lain-lain kepada pelanggan yang ada dalam basis data mereka

Saluran utama pemasaran langsung
Pemasar pribadi sanggup memakai banyak saluran untuk menjangkau calon pembeli dan pelanggan. Saluran ini terdiri dari penjualan tatap muka, pemasaran direct mail, pemasaran melalui catalog, telemarketing, tv dan media dengan balasan pribadi lain, pemasaran melalui kios dan saluran online.

Penjualan tatap muka
Bentuk pertama dan tertua dari pemasaran pribadi ialah kunjungan penjualan, sebagian perusahaan industrial sangat tergantung pada tenaga penjual profesional untuk menemukan calon pembeli, membangun mereka menjadi pelanggan, dan membuatkan bisnis.
Pemasaran direct mail
Terdiri dari pengiriman penawaran, pemberitahuan, pengingat, atau hal-hal lain kepada seseorang di alamat tertentu. Diret mail ialah medium yang popular sebab ia memungkinkan selektivitas pasar target yang tinggi, sanggup dibentuk untuk perseorangan, fleksibel, dan memungkinkan pengujian awal dan pengukuran tanggapan.

Pemasaran melalui catalog
Pemasaran melalui catalog terjadi ketika perusahaan mengirimkan satu atau lebih catalog produk pada peserta terpilih yang kemungkinan besar akan memesan. Beberapa perusahaan besar telah memperoleh atau membuatkan devisi pesanan melalui surat, namun juga terdapat ribuan perusahaan kecil dalam bisnis catalog.

Telemarketing
Telemarketing yang efektif tergantung pada pemilihan telemarketer yang tepat, training yang baik bagi mereka dan penyediaan insentif atas prestasi. Telemarketer harus mempunyai bunyi yan menyenangkan dan menunjukaan antusiasme.

Pemasaran melalui televisi dan media utama dengan tanggapan langsung lain
Televisi dipakai untuk memasarkan produk secara pribadi pada pelanggan dengan tiga cara. Pertama melalui iklan balasan langsung. Pemasar balasan pribadi mengudarakan spot televisi, yang secara persuasive menggambarkan suatu produk dan memperlihatkan pelanggan nomor telepon bebas pulsa untuk memesan. Pendekatan yang kedua ialah saluran belanja di rumah, yang merupakan saluran televisi yang bertujuan untuk menjual barang dan jasa. Pendekatan ketiga ialah videoteks yaitu televisi konsumen yang dihubungkan dengan bank data komputer penjual melalui kabel atau jalur telepon.

Pemasaran melalui kios
Beberapa perusahaan telah merancang mesin peserta pelanggan yang dinamakan kios dan menempatkan mereka di toko, bandara dan kawasan lain.

Pemasaran Online


Saluran online
Saluran online ialah saluran yang sanggup dijangkau seseorang melalui komputer dan modem. Modem menghubungkan komputer dengan jalur telepon sehingga sanggup menjangkau bermacam-macam layanan informasi online.
Ada dua jenis saluran online:
v  Saluran online komersial: banyak perusahaan mendirikan layanan informasi dan pelayanan online yang sanggup diakses oleh mereka yang telah mendaftar untuk mendapat layanan tersebut dan membayar iuran bulanan.
v  Internet: internet ialah jaringan global sekitar 45.000 jaringan komputer yang memungkinkan komunikasi global yang instant dan terdesentralisasi.

Manfaat pemasaran online:
v  Kemudahan: pelanggan sanggup memesan produk 24 jam sehari di mana mereka berada
v  Informasi: pelanggan sanggup memperoleh setumpuk informasi komparatif wacana perusahaan, produk, dan dan pesaing tanpa meninggalkan kantor
v  Rongrongan yang lebih sedikit: dengan layanan online pelanggan tidak perlu menghadapi atau melayani bujukan dan faktor-faktor emosional.

Layanan online juga memperlihatkan manfaat bagi sejumlah pemasar:
v  Penyesuaian yang cepat terhadap kondisi pasar
v  Biaya yang lebih rendah
v  Pemupukan hubungan
v  Pengukuran besar pemirsa

Saluran pemasaran online
Pemasar sanggup menjalankan pemasaran online dalam empat cara:
Dengan menciptakan etalase elektronik; berpartisipasi dalam forum, newsgroup, dan bulletin boards; memasang iklan online; dan memakai email.

Isu Publik dan Etika Dlam Penerapan Pemasaran Langsung
Pemasaran pribadi dan pelanggan mereka biasanya menikmasti hubungan yantg saling menguntungkan. Namun, kadang-kadang, sisi gelap muncul. Keprihatinan yang muncul mencakup ekses yang menjengkelkan konsumen. Contoh yang tidak adil, kasus penipuan dan kecurangan, dan isu pelanggaran privasi.

Strategi bersaing
a.       Market leader
            Merupakan yang paling secara umum dikuasai sehingga merupakan titik orientasi untuk di tiru atau ditantang dan di hindari sebab sharenya sekitar 40 %. Di perlukan banyak sekali cara biar bisa bertahan sebagai market leader :
  1. menambah keseluruhan pasar
  2. mempertahankan saham pasar (40%)
  3. memperbesar saham pasar
b.      Market challenger (penantang pasar)
Sifat yang dimilikinya ialah ‘nrimo’ kalau tidak maka ia akan menyerang market leader untuk mendapat kedudukan yang tinggi dan menambah saham pasarnya. Ada tiga serangan yang di lakukan oleh market challenger :
  1. Serangan pribadi
yaitu dengan menerapkan atau memproduksi barang yang sama tapi dengan harga yang berbeda.
  1. Serangan pintu belakang (tidak langsung)
  2. Strategi ikan teri
penyerangan ini di tujukan untuk market follower dan market nicher. Strategi yang di gunakan ialah :
v  strategi potong harga
v  strategi barang murahan
v  strategi barang prestise
v  strategi aneka ragam produk
v  strategi inovasi
c.       Market follower
            Pemasar jenis ini hanya menjiplak apa yang sudah di keluarkan atasnya atau pendahulunya
d.      Market nicher
            Membidik segmen pasar yang kurang di minati dan diindahkan oleh perusahaan besar dan dilaksanakan dengan keahlian khusus.

Merancang dan mengelola strategi pemasaran global
Memutuskan apakah bergerak ke luar negeri
Banyak perusahaan menentukan tinggal di dalam negeri kalau pasar domestik di negerinya cukup besar. Perusahaan tidak perlu lagi mempelajari bahasa dan aturan negara lain.

Menentukan pasar mana yang dimasuki
Pada umumnya, lebih masuk logika untuk beroperasi di sedikt negara dengan komitmen yang lebih dalam dan penetrasi tiap negara. Ayal dan Zif menyatakan bahwa sebuah perusahaan harus memasuki lebih sedikit negara jika:
v  Biaya masuk ke pasar dan mengendalikan pasar tinggi
v  Biaya pembiasaan produk dan komunikasi tinggi
v  Ukuran dan pertumbuhan populasi dan pendapatan tinggi di negara-negara awal yang dipilih dan
v  Perusahaan ajaib yang dominant sanggup menciptakan kendala masuk tinggi

Menentukan Bagaimana Memasuki Pasar
Setelah perusahaan menetapkan untuk mencapai suatu negara tertentu, ia harus menentukan cara masuk yang terbaik. Pilihan luasnya ialah ekspor tidak langsung, ekspor langsung, lisensi, perjuangan patungan, dan investasi langsung.
Menentukan acara pemasaran perusahaan yang beroperasi di satu perusahaan atau beberapa pasar luar negeri harus menetapkan seberapa banyak mengatasi bauran seni administrasi pemasaran mereka pada kondisi lokal. Di satu sisi ekstrem ialah perusahaan yang memakai standarisasi bauran pemasaran seluruh dunia. Standarisasi produk, promosi, dan saluran distribusi menjanjikan biaya terendah sebab tidak ada perubahan besar pada bauran pemasaran yang ada sekarang. Ekstrem yang lain ialah pembiasaan bauran pemasaran, di mana produsen menyesuaikan elemen-elemen untuk tiap pasar sasaran.

Menentukan Organisasi Pemasaran
Tergantung pada tingkat keterlibatan mereka dalam arena internasional, perusahaan mengelola acara pemasaran internasional mereka dalam tiga cara: melalui departemen ekspor, divisi internasional atau suatu organisasi global.

Alasan Melaksanakan Pemasaran Internasional
            Suatu negara ataupun suatu perusahaan melaksanakan transaksi bisnis internasional baik dalam bentuk perdagangan internasional maupun dalam bentuk pemasaran internasional pada umumnya mempunyai pertimbangan atau alasan.  Pertimbangan tersebut mencakup pertimbangan ekonomis, politis ataupun sosial budaya bahkan tidak jarang atas dasar pertimbamngan militer. Perdagangan internasional tidak sanggup di hindari sebab tidak satu negara di dunia yang bisa mencukupi kebutuhannya sendiri.

Spesialisasi Antar Bangsa-Bangsa
            Alasan ini merupakan alasan yang mendasarkan diri pada kenyataan bahwa setiap negara mempunyai suatu keunggulan tertentu ketimbang negara lain, dan juga mempunyai kelemahan. Makanya harus mempunyai seni administrasi untuk memproduksi suatu komoditi :
  1. Memanfaatkan semaksimal mungkin kekuatan yang paling unggul
  2. Menitik beratkan pada komoditi yang mempunyai kelemahan paling kecil
  3. Mengkonsentrasikan perhatian untuk memproduksi atau menguasai komoditi yang lemah.
Pertimbangan Pengembangan Bisnis
            Beberapa pertimbangan yang mendorong mengapa suatu perusahaan melaksanakan  atau terjun ke bisnis internasional yaitu :
  1. Memanfatkan kapasitas mesin yang masih menganggur
  2. Produk sudah mengalami tingkat kejenuhan di dalam negeri
  3. Persaingan di dalam negeri lebih tajam
  4. Mengembangkan pasar baru
  5. Potensi pasar internasional lebih luas

Tahap-Tahap Dalam Memasuki Pemasaran Internasional
  1. Ekspor insidentil (incidental export)
dalam tahap awal ini biasanya terjadi pada ketika adanya kedatangan orang ajaib di negeri kita kemudian ia membeli barang-barang kita dan kemudian mengirimkannya ke negeri ajaib itu.
  1. Ekspor aktif (active eksport)
dari tahap terdahulu berkembang terus dan kemudian terjalin hubungan bisnis yang rutin dan kontinyu bahkan transaksi tersebut makin usang semakin aktif.
  1. Penjualan lisensi(licencing)
dalam tahap ini negara pendatang menjual lisensi atau brand dari produknya kepada negara penerima.
  1. Franchising
tahap ini lebih aktif sebab tidak hanya menjual lisensi tetapi lengkap dengan segala atributnya. Kesemua aspek dipindahkan dari pemilik kepada peserta sebagai suatu paket system secara keseluruhan.
Kebaikan franchising :
    • manajemen system yang sudah teruji
    • memiliki nama yang sudah terkenal dan populer
    • performa record yang sudah mapan untuk alat penilaian.
Kejelekan franchising :
·         biaya tinggi untuk mendapat franchise
·         keputusan bisnis akan dibatasi oleh franchisor
·         sangat dipengaruhi oleh kegagalan dari bentuk franchise lain
  1. Pemasaran di  luar negeri
bentuk ini akan memerlukan intensitas administrasi serta keterlibatan yang lebih tinggi sebab perusahaaan pendatang harus betul-betul secara aktif dan berdikari untuk melaksanakan administrasi pemasaran bagi produknya itu di negara asing
  1. Produksi dan pemasaran di luar negeri (total international business)
dalam tahap ini perusahan ajaib tiba dan mendirikan perusahaan di negeri ajaib itu lengkap dengan segala modalnya, kemudian melaksanakan proses produksi di negeri itu, kemudian menjual hasil produksinya itu di negara itu juga dan menjualnya ke negara asing.

Hambatan Dalam Memasuki Pemasaran Internasional
  1. Batasan perdagangan dan tarif bea masuk
Suatu negara yang ingin melindungi salah satu cabang industrinya di dalam negeri akan selalu mengenakan tarif bea masuk yang tinggi terhadap barang-barang dari negara ajaib ke negerinya.karena kalau tidak maka impor hasil industri dari negara ajaib akan menyaingi dan mematikan cabang industri di dalam negeri. Hambatan peerdagangan ialah antara lain berupa pemilihan partner dagang dari negara tertentu.
Cara lain yang di gunakan untuk membatasi impor yaitu dengan ‘quota impor” menyatakan bahwa hanya komoditi tertentu yang sanggup diimpor hingga jumlah tertentu dan tidak di perkenankan melebihi jumlah quota. Cara yang sangat keras dengan “embargo” negara melarang masuknya semua barang yang tiba dari negara tertentu yang dikenakan embargo.
  1. Perbedaan bahasa, sosial budaya/kultral
Perbedaan bahasa sering menjadi kendala bagi kelancaran bisnis internasional, sebab bahas merupakan alat komunikasi yang fital baik verbal maupun tulis. Tapi kini sudah ada bahasa internasional yaitu bahas inggris. Sosial budaya merupakan masalah yang harus dicermati
  1. Hambatan politik, hukum dan perundang-undangan
  2. Hambatan operasional

Strategi Pemasaran Internasional
  1. Perencanaan Produk Internasional
perencanaan produk yang akan dipasarkan ke internasional mencakup beberapa problem :
    • Produk yang mana yang akan di pasarkan
    • Kapan dan bagaimana harus di lakukan penyesuaian
    • Seberapa jauh perbedaan di antara banyak sekali negara
  1. Penetapan Harga Di Pasar Internasional
Dalam penetapan harga di pasar internasional pertimbangan yang harus dilakukan mencakup tiga faktor:
a.       Biaya
Selain biaya produksi juga harus memperhatikan perbedaan tarif bea masuk antar negara yang menimbulkan perbedaan harga jual yang berlaku pada konsumen akhir


b.      Konsumen
Konsumen mempunyai sifat yang berbeda-beda, maka harus dipahami sebab akan kuat pada harga dan bentuk promosi
c.       Persaingan
Untuk menghadapi persaingan di perlukan pengetahuan terhadap kondisi dari pengusaha yang sejenis di negara itu.
  1. Strategi promosi bagi pasar internasional
Bauran promosinya sama dengan di pasar domestik yaitu: iklan, promosi penjualan, publikasi dan personal selling. Pada umumnya pengusaha yang memulai memasuki pasar internasional melaksanakan promosinya dengan memakai promosi penjualan yang di sebut “pameran dagang di luar negeri”
  1. Strategi distribusi internasional

Perusahaan Multinasional
            Perusahaan multinasional pada hakikatnya ialah suatu perusahaan yang melaksanakan operasinya di beberapa negara. Perusahaan macam ini sering disebut Multinational Corporation (MNC). Dengan kecenderungan yang terjadi pada ketika ini bahwa undangan atau kebutuhan masyarakat dimanapun di dunia mendekati hal yang sama. Kecenderungan dengan adanya kesamaan inilah mendorong perusahaan untuk beroperasi secara internasional. Perusahaan akan mencari kawasan untuk pabrik dan memproduksi barangnya dengan harga yang murah dan menjualnya ke seluruh penjuru dunia, sehingga akan lebih irit dan mempunyai daya saing yang lebih tinggi.


Sumber Artikel:

Gitosudarmo, Indriyo., “Manajemen Pemasaran-edisi pertama”,Yogyakarta; BPFE, 1999
Swastha, Basu., “Azas-azas Marketing”, Liberty, Yogyakarta,1996

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel