Tahapan Dan Cara Pembibitan Ikan Lele Untuk Usaha



Tahapan dan Cara Pembibitan Ikan Lele Untuk Usaha -  salah satu perjuangan budidaya ikan yang sangat menguntungkan dan masih mempunyai prospek kedepannya yakni perjuangan budidaya ikan lele. Jika anda ingin menggeluti perjuangan budidaya ikan lele, anda harus mempelajari seluk beluk perihal budidaya ikan lele ibarat jenis jenis ikan lele, cara pemijahan ikan lele baik di bak tanah maupun bak terpal, cara menetaskan telur ikan lele, cara pemijahan ikan lele secara buatan maupun alami, anda juga harus mempelajari dari segi ekonominya ibarat analisa perjuangan ikan lele, harga ikan lele, cara menciptakan bak ikan lele dengan biaya murah, dan yang paling penting yakni laba perjuangan budidaya ikan lele. Kali ini SiapaBisnis akan mengulas perihal tahapan dan cara pembibitan ikan lele untuk usaha. proses pembibitan merupakan salah satu hal penting dalam rangkaian perjuangan budidaya ikan lele.


Tahapan dan Cara Pembibitan Ikan Lele Untuk Usaha Tahapan dan Cara Pembibitan Ikan Lele Untuk Usaha

Tahapan dan Cara pembibitan ikan lele
Untuk budidaya ikan lele harus melalui proses pembenihan dan pembesaran, untuk proses pembibitan diperlukan disiplin dan ketelitian yang tinggi supaya hasil pembibitan sanggup menghasilkan lele yang berkualitas.

Memilih induk lele yang benar
Langkah awal untuk proses pembibitan ikan lele yakni dengan menentukan induk lele yang cantik dan sesuai dengan kriteria. Kriteria menentukan induk lele berukuran antara 5 cm hingga 10 cm. Anda harus menentukan ikan lele yang berkualitas dan lele yang sehat dan bebas penyakit, adapun ciri cirinya yakni mempunyai badan yang tidak cacat, sehat, pertumbuhannya cepat, selalu bergerak dengan lincah. Pisahkan indukan lele tersebut ke dalam bak yang terpisah dan anda pelihara dengan benar dan disiplin. Anda harus memperlihatkan perhatian khusus pada indukan ikan lele baik dari segi pemberian makan, pakan lele yang berkualitas, sistem pengairan juga bagus. Dan dari situ sesudah 2 ahad anda anda pilih lagi yang benar benar berkualitas. Pastikan bahwa indukan ikan lele tidak saling memakan temannya satu sama lain.

Melakukan pemijahan ikan lele
Tahap kedua cara pembibitan ikan lele yakni dengan melaksanakan pemijahan ikan lele. Dalam tahap ini prosesnya yakni dengan mengawinkan ikan lele yang jantan dan betina. Dalam mengawinkan indukan ikan lele ada aneka macam cara baik cata yang alami maupun cara intensif. Pengertian dari pemijahan alami yakni dengan mengawinkan ikan lele tanpa sumbangan insan sedangkan pengertian dari pemijahan intensif yakni dengan mengawinkan ikan lele dengan sumbangan manusia.

Melakukan pemeliharaan larva
Cara yang ketiga yakni dengan melaksanakan pemeliharaan larva ikan lele. Setelah mengawinkan indukan ikan lele, niscaya akan indukan akan memproduksi lava ikan. larva ikan yang terbentuk harus segera dipisahkan terhadap induknya hal itu dikarenakan nanti indukan malah akan memakan larva ikan lele. anda harus menyiapkan bak tersendiri untuk larva ikan lele dengan kualitas air bak yang bagus. anda sanggup menggunakan aerator yang berfungsi untuk menyuplai oksigen. Anda harus mempertahankan suhu bak sekitar 28 hingga 29 derajat celcius. Selalu jaga kebersihan bak terhadap kotoran dan sisa pakan supaya larva ikan lele tidak terganggu ekosistemnya.

Pendederan benih ikan
Langkah terakhir dalam pembibitan ikan lele yakni proses pendederan benih. Tahapan ini yakni pelepasan benih ikan pada kawasan pembesaran dengan sementara. Anda harus teliti pada proses ini jangan hingga ada kesalahan jikalau tidak, ikan akan mati. Utnuk kawasan pendederan pada umumnya menggunakan bak kecil lewat pengaturan lingkungan dengan ketat. Anda harus berhati hati sebab bibit ikan sendiri masih rentan terhadap penyakit. Untuk bak nya harus dipastikan bebas penyakit dan temperaturnya terjaga. 

Jika proses pembibitan sudah dilakukan dengan baik maka salah satu tahapan dalam budidaya ikan lele sudah anda kuasai. Demikian ulasan artikel perihal tahapan dan cara pembibitan ikan lele untuk usaha. semoga artikel ini sanggup bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel