Periklanan Eksklusif Dan Pemasaran Menurut Database


Periklanan Langsung dan Pemasaran Berdasarkan Database - Pemasaran eksklusif ialah suatu sistem interaktif yang memakai satu atau lebih media periklanan untuk menghasilkan suatu respon yang sanggup diukur dan/atau transaksi disegala lokasi. Pemasaran eksklusif mencakup pemasaran interaktif alasannya ialah pemasaran ini. Pemasaran eksklusif tidak terbatas hanya pada surat eksklusif tetap mencakup sebuah satu atau lebih media (misalnya, pengiriman surat eksklusif dengan tindak lanjut melalui telepon). Dibandingkan dengan media tidak langung seperti iklan televisi, pemasaran melalui media menyerupai surat eksklusif lebih memungkinkan untuk sanggup mengukur respon dari khalayaknya. Pemasaran eksklusif lebih gampang untuk diukur alasannya ialah respon trhadap pemasaran eksklusif lebih cepat daripada respon terhadap periklanan media massa dan sanggup ditelusuri terhadap para pelanggan khusus yang mana yang merespon terhadap perjuangan pemasaran. 
Periklanan Langsung dan Pemasaran Berdasarkan Database Periklanan Langsung dan Pemasaran Berdasarkan Database



Surat eksklusif merupakan media respon yang paling penting. Periklanan surat eksklusif mengacu pada segala materi periklanan yang dikirim eksklusif kepada orang yang akan dipengaruhi si pemasar, iklan-iklan ini sanggup berbentuk surat, kartu pos, program, kalender, folder, catalog, kaset video, catatan transaksi, formulir pesanan, daftar harga , menu, dan sebagainya. 

Ciri-ciri khas surat langsung meliputi:
  1. Kemampuan menjangkau sasaran
  2. Dapat diukur
  3. Dapat dipertanggungjawabkan
  4. Fleksibel
  5. Efisien



Masalah utama dalam memakai surat eksklusif ialah banyak orang menganggapnya terlalu mengganggu dan menyerang privasi.

Ada 4 faktor yang bertanggung jawab atas meluasnya penggunan surat eksklusif oleh semua pemasar, yaitu:



  • Semakin mahalnya biaya periklanan televise bersamaan dengan fragmentasi yang meningkat mendorong banyak pemasang iklan mengurangi investasi pemasangan iklan televisi.

  • Pengiriman surat eksklusif memnugkinkan pentargetan yang tidak sejajar dari pesan-pesan pada prospek yang diinginkan.

  • Meningkatnya perhatian terhadap terhadap hasil priklanan yang sanggup diukur mendorong para pemasar iklan untuk memakai media.

  • Konsumen bersifat responsife survey mengambarkan bahwa bangsa amerika menyukai periklanan melalui surat.



Pengiriman surat eksklusif yang berhasil mengharuskan adanya database-database di computer. Database memungkinkan kontak dengan para pelanggan yang ada kini atau calon pelanggan yang sanggup diakses, atau disampaikan oleh perusahaan-perusahaan yang memilki database ihwal alamat-alamat surat atau nomer-nomer telepon. Dibandaingkan dengan periklanan siaran, periklanan database tidak berafiliasi dengan para pelanggan sebagai suatu massa tetapi membuat hubungan individual dengan masing-masing pelangan atau calon pelanggan. Suatu database yang up-to-date memberikan pada prusahaan-perusahaan sejumlah asset, termasuk kemampuan untuk:



Mengupayakan periklanan pemasaran langsung kepada orang-orang yang merupakan prospek terbaik untuk penawaran;



  • Menawarkan banyak sekali pesan kepada kelompok pelanggan yang berbeda;
  • Menciptakan hubungan jangka panjang dengan para pelanggan;
  • Meningkatkan produktivitas komunikasi pemasaran;
  • Mengkalkulasi nilai seumur hidup dari suatu pelanggan atau calon pelanggan.



Ada dua bentuk pemasaran telepon yang umum dilakukan dimana telepon telepon merupakan media pemasaran eksklusif utama. Satu, outbond telemarketing (telemarketing melalui telepon keluar) mencakup panggilan dari para penjual yang yang memakai telepon kepada para pelanggan dan calon pelanggan. Yang lainya, telemarketing yang melalui telepon masuk mencakup penanganan panggilan masuk (inbound) untuk order, permintaan, dan keluhan. Telemarketing sanggup dipakai untuk mendukung atau bahkan mengganti tenaga penjualan konvesional.   

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel