Cara Budidaya Cacing Sutra Untuk Usaha



Cara Budidaya Cacing Sutra Untuk Usaha – kali ini siapabisnis.com akan mengulas mengenai perjuangan budidaya cacing sutra. Memang bila membahas mengenai cacing, pada umumnya orang orang akan merasa jijik dan tidak mau menyentuh cacing. Hewan yang satu ini terlihat kecil, berlendir dan habitatnya berada di tanah, tempat yang tidak bersih. Namun ternyata binatang cacing sanggup dimanfaatkan untuk usaha. salah satu jenis cacing yang mempunyai manfaat dan mempunyai nilai jual yaitu cacing sutra. Cacing jenis ini termasuk cukup gampang untuk dibudidayakan dan juga hanya membutuhkan modal kecil dan sesuai dengan budget anda. anda tidak perlu khawatir mengenai lahan alasannya yaitu perjuangan budidaya cacing sutra tidak memerlukan lahan yang luas.
Prospek perjuangan budidaya cacing memang bagus, hal itu dikarenakan undangan akan cacing sutra yang dari ke tahun terus meningkat, cacing sutra sangat diharapkan khususnya oleh penggemar ikan hias, burung dan lainnya. Anda tidak perlu khawatir alasannya yaitu dengan iklim di Indonesia yang cocok untuk habitat cacing sutra.
 baca juga : masalah pokok ekonomi

com akan mengulas mengenai perjuangan budidaya cacing sutra Cara Budidaya Cacing Sutra Untuk Usaha

Bagi anda yang ingin membuka usaha, berikut yaitu cara budidaya cacing sutra.

Tahap persiapan bibit cacing sutra
Langkah pertama yaitu dengan menyiapkan bibit cacing sutra, anda mencarinya di tempat sawah atau sungai, namun bila anda kesulitan anda sanggup memperoleh bibitnya di toko toko pertanian pada umumnya. Dari bibit cacing sutra tersebut dikarantina selama 2 hingga 3 hari dengan memakai air yang mengalir semoga menghindarkan dari kuman yang muncul di air tersbut yang dibawa pada cacing sutra.

Tahap menyiapkan media cacing sutra
Selanjutnya yaitu dengan menyiapkan media cacing sutra. Caranya yaitu dengan menggali atau menciptakan kubangan lumpur yang berukuran sekitar 1 x 2 meter persegi. Didalam kubangan tersebut di setting terdapat jalan masuk air masuk dan keluar. Setelah itu buat petakan yang mempunyai ukuran 20 cm x 20 cm x 10 cm dan di antara petakan tersbut diberi lubang sebesar jari jari anda sekitar 0,5 cm.

Tahap pemupukan lahan dan pembuatan pakan
Selanjutnya yaitu memupuk lahan. Pemupukan sangat penting alasannya yaitu semoga cacing sutra sanggup tumbuh dengan baik dan juga berkembang biak dengan normal. Bahan untuk memupuk sanggup memakai pupuk sangkar atau ampas tahu.

Tahap fermentasi lahan budidaya cacing sutra
Selanjutnya yaitu dengan melaksanakan fermentasi lahan. Caranya yaitu dengan merendam lahan yang akan dipakai selama 3 hingga 4 hari dengan posisi menggenangi air dengan tinggi 5 cm.

Tahap penebaran bibit cacing sutra
Selanjutnya yaitu menebar bibit cacing sutra ke media yang disediakan. Anda harus memastikan bahwa selama penebaran dan perawatan, lahan tersebut dialiri air semoga menghindarkan dari bakteri.

Tahap derma pakan
Selanjutnya yaitu proses derma pakan. Anda sanggup memakai materi bahan organik untuk memberi pakan, diantaranya, gabungan daun daun yang dicampur dengan lumpur atau sedimen.

Tahap panen cacing sutra
Semua tahapan sudah anda lalui, selanjutnya anda sanggup memanen cacing sutra. Waktu panen yaitu sekitar 75 hari semenjak pembibitan. Anda sanggup memanen secara bersiklus setiap 15 hari sekali.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel