Pembagian Ilmu Ekonomi



Pembagian Ilmu Ekonomi  - Oleh lantaran bidang yang dipelajari oleh ilmu ekonomi begitu luas, maka ilmu ekonomi juga banyak cabang cabangnya. Pada dasarnya ilmu ekonomi dibedakan sebagai berikut

Oleh lantaran bidang yang dipelajari oleh ilmu ekonomi begitu luas Pembagian Ilmu Ekonomi


1. Ilmu ekonomi deskriptif dimana kita mengumpulkan semua kenyataan yang bekerjasama dengan suatu kasus ekonomi atau topik tertentu. Misalnya sistem pertanian, perkembangan sektor industri tertentu dan keadaan ekonomi tempat tertentu.

2. Ilmu ekonomi teori atau analisis ekonomi yang berusaha menjelaskan, mencari pengertian, hubungan alasannya yaitu akhir dan cara kerja sistem perekonomian.

Ilmu ekonomi teori dibagi lagi menjadi dua sebagai berikut

Ekonomi makro, yang mempelajari kehidupan ekonomi nasional sebagai suatu keseluruhan. Analisisnya bersifat global dan tidak memperhatikan aktivitas ekonomi yang dilakukan oleh unit unit kecil dalam perekonomian

Ekonomi mikro, yang secara khusus mempelajari bab kepingan kecil dari keseluruhan aktivitas perekonomian menyerupai perusahaan, pasar, harga untuk satu jenis barang tertentu, dan alokasi sumber sumber daya ekonomi

3. Ilmu ekonomi terapan dimana kita memakai kerangka pengertian dari analisis ekonomi teori untuk merumuskan kebijakan kebijakan, anutan pedoman yang sempurna untuk mengatasi kasus ekonomi tertentu. Kaprikornus lebih bersifat simpel dengan menerapkan pengertian ekonomi pada bidang bidang atau kasus masalah tertentu.

Spesialisasi dan penerapan pada bisang bidang khusus menjadikan cabang cabang ilmu ekonomi, menyerupai ekonomi pembangunan, ekonomi moneter, ekonomi internasional, ekonomi pertanian, ekonomi koperasi, ekonomi dan administrasi perusahaan (yang berkembang dengan cepat sekali dan padat dirinci lagi mencakup manajemn pemasaran, manajem produksi, administrasi keuangan, administrasi akuntansi, administrasi sumber daya insan dan lain lain.
Penggabungan antara ilmu ekonomi, matematikan, dan statistika menjadikan ilmu tersendiri yaitu ekonometrika yang penerapannya terutam dalam bidang perencanaan. Ilmu ekonomi banyak dibantu oleh ilmu ilmu lain, khususnya matematikan dan statistika, pembukuan/ akuntansi, ilmu bumi, sejarah, hukum, sosiologi, psikologi. Sebaliknya, ilmu ekonomi banyak diharapkan dalam ilmu politik, hukum, sejarah, geografi dan juga dalam bidang bidang pertanian, teknik, pembangunan masyarakat desa, gerakan koperasi, dan sebagainya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel