Mengenal Macam Macam Kebutuhan Dalam Ilmu Ekonomi



Mengenal Macam Macam Kebutuhan Dalam Ilmu Ekonomi – yuk berguru macam macam kebutuhan di siapabisnis.com. Kebutuhan insan sanggup dikelompokkan menjadi lima sebagai berikut:

1    1. Kebutuhan berdasarkan tingkatan atau intensitas kegunaan

Kebutuhan pokok atau primer
Yang dimaksud dengan kebutuhan pokok atau kebutuhan primer yakni kebutuhan minimal yang harus dipenuhi untuk sanggup hidup. Kebutuhan ini mencakup makanan, pakaian, dan perumahan (pangan, sandang, papan). Selain itu ada unsur suplemen yang penting berkaitan dengan tercukupinya kebutuhan pokok minimal bagi setiap manusia, yakni gizi, kesehatan, pendidikan, dan sarana sarana pendukung lainnya menyerupai transportasi, air minum, dan rasa aman.

Kebutuhan sekunder
Kebutuhan sekunder yakni kebutuhan yang kurang begitu penting untuk dipenuhi. Tanpa terpenuhi kebutuhan ini, insan masih sanggup hidup. Misalnya, kebutuhan akan meja kursi, sepeda, radio, dan buku buku bacaan. Kebutuhan kebutuhan ini akan dipenuhi apabila kebutuhan kebutuhan pokok sudah terpenuhi. Oleh lantaran itu, kebutuhan ini sering disebut kebutuhan kedua.

Kebutuhan barang mewah
Apabila kebutuhan pokok dan sekunder telah terpenuhi, orang akan membutuhkan barang barang mewah, contohnya mobil, berlian dsb. Keinginan memenuhi kebutuhan barang glamor ditentukan oleh penghasilan seseorang dan lingkungannya. Orang yang bertempat tinggal di lingkungan orang kaya, biasanya berhasrat atau ingin mempunyai barang barang menyerupai yang dimiliki orang orang di lingkungannya.

Penggolongan kebutuhan berdasarkan tingkatan tersebut bersifat relatif. Semua itu tergantung pendapatan, tingkat pendidikan masyarakat dan lingkungannya. Bagi orang kaya yang tinggal dikota, barang barang menyerupai televisi bewarna, mobil, dan AC merupakan barang barang sekunder. Akan tetapi bagi masyarakat pedesaan yang tingkat ekonominya menengah kebawah barang barang itu tergolong glamor yang sulit terjangkau.

Mengenal Macam Macam Kebutuhan Dalam Ilmu Ekonomi Mengenal Macam Macam Kebutuhan Dalam Ilmu Ekonomi

2    2.  Kebutuhan berdasarkan sosio budaya
Kebutuhan sosio budaya bersahabat kaitannya dengan faktor lingkungan dan tradisi masyarakat serta dengan sifat psikologis manusia. Oleh lantaran itu, kebuthan sanggup dirinci sebagai berikut.

Kebutuhan sosial
Kebutuhan sosial yakni kebutuhan yang timbul lantaran tuntutan hgidup bersama dalam masyarakat. kedudukan tertentu dalam masyarakat mengharuskan orang mempunyai atau melakukan banyak sekali hal biar dipandang layak. Misalnya sepatu, pakaian dinas, kendaraan bermotor, pemberian dan lain lain.

Kebutuhan psikologis
Berhubugan dengan sifat rohani insan contohnya kebutuhan akan rasa anam, rasa dihargai oleh sesama, kebutuhan akan ketentraman hati dan kebebasan mengatur sendiri.

Jenis kebutuhan ini tidak semua bersifat ekonomis, dan juga tidak semuanya sanggup dipenuhi dengan perjuangan ekonomi. Misalnya kebahagiaan tidak sanggup dibeli dengan uang.

3    3.  Kebutuhan berdasarkan waktu

Kebutuhan sekarang
Merupakan kebutuhan yang tidak sanggup ditunda atau harus dipenuhi segera contohnya makanan, pakaian, kesehatan.

Kebutuhan masa depan
Artinya persiapan persiapan yang dilakukan untuk menghadapi kebutuhan pada waktu yang akan tiba contohnya pembelian padi oleh pemeriantah untuk menghadapi isu terkini paceklik.

Kebutuhan yang tidak tertentu waktunya
Disebabkan sesuatu yang terjadi secara tiba tiba atau tidak disengaja yang sifatnyua insidental. Misalnya kebutuhan ke pengacara untuk urusan hukum.

Kebutuhan sepanjang waktu
Kebutuhan ini memerlukan waktu yang usang dan boleh dikatakan sepanjang waktu, contohnya kebutuhan mencari ilmu.

4    4.   Kebutuhan berdasarkan bentuk dan sifatnya

Kebutuhan jasmani atau material
Kebutuhan ini merupakan kebutuhan yang dibutuhkan oleh jasmani dan merupakan benda berwujud. Misalnya makanan, minuman, pakaian.

Kebutuhan rohani atau spiritual
Kebutuhan ini berafiliasi dengan rohani dan sifatnya tidak berwujud. Misalnya menonton film, pendidikan dan agama.

5. Kebutuhan berdasarkan subjek yang membutuhkan

Kebutuhan individu
Merupakan kebutuhan yang pribadi berafiliasi dengan perorangan. Antara orang yang satu dengan yang lain kebutuhannya berbeda, contohnya kebuthan seorang buruh berlainan dengan kebuthan seorang manajer.

Kebutuhan kelompok
Merupakan kebutuhan yang dirasakan oleh sekelompok orang secara bersama, yaitu oleh masyarakat desa/kota sebagai keseluruhan. Misalnya keamanan, alan, jembatan, angkutan unun, listrik. Kebutuhan ini disebut kebutuhan kolektif.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel