Macam Macam Sistem Ekonomi




Kali ini, siapabisnis.com akan mengulas perihal Macam Macam Sistem Ekonomi

Sistem ekonomi tradisional
Sistem ekonomi tradisional merupakan sistem ekonomi yang dasar. Pola ajaran di dalam mengolah faktor faktor produksi masih sangat terbatas. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan keahlian maupun modalnya. Cara berproduksi hanya mengandalkan tenaga insan dan tergantung dari faktor alam.
 akan mengulas perihal Macam Macam Sistem Ekonomi Macam Macam Sistem Ekonomi

Ciri ciri sistem ekonomi tradisonal sebagai berikut:
-Belum ada pembagian kerja
-Pertukaran dilaksanakan dengan jalan tukar barang lantaran belum dikenal uang
-Hasil produksi dan sistem distribusi terbentuk lantaran kebiasaan (tradisi) yang berlaku di dalam masyarakat
-Jenis produksi ditentukan sesuai dengan kebutuhan
-Kehidupan masyarakatnya bersifat kekeluargaan
-Tanah merupakan sumber kehidupan dan sumber kemakmuran
Sistem ekonomi komando
Dalam sistem ekonomi ini pemerintah sepenuhnya menentukan corak acara ekonomi yang akan dilakukan. Ini berarti pemerintah akan menjawab dan menuntaskan masalah ekonomi pokok yang pertama, yaitu barang apa yang harus diproduksikan dan berapa jumlahnya. Jawaban dari masalah ini yaitu dalam bentuk suatu perencaaan ekonomi yang sangat terinci mengenai acara kegiatan produksi yang harus dilakukan di dalam beberapa tahun mendatang. Berdasarkan perencanaan atas jenis dan jumlah barang yang akan diproduksikan, tubuh perencanaan ekonomi negara tersebut akan menunjukkan kiprah tugas kepada aneka macam uni produksi. Unit unit produksi tadi diwajibkan untuk mencapai target tertentu di dalam acara memproduksikan barang.
Dalam sistem ekonomi komando, proses ekonomi berjalan lantaran dikomandokan dari pusat. Semua keputusan berada di tangan pemerintah pusat. Di sini rumah tangga, perusahaan dan industri hanyalah sebagai pelaksana saja, tidak bebas bertindak sekehendaknya. Itu sebabnya sistem ekonomi ini dinamakan pula sistem ekonomi perencana sentral.

Ciri ciri sistem ekonomi komando sebagai berikut:
-Semua alat dan sumber produksi yaitu milik negara. Oleh lantaran itu alat alat produksi dan sumber produksi dimiliki dan dikuasai negara, maka hak milik perseorangan tidak ada. Setiap orang di dalam negara yang menganut sistem perekonomian ini tidak mempunyai apa apa. Mereka hanyalah sebagai pelaksana, hanya sebagai objek.
-Kebijaksanaan perekonomian diatur oleh pemerintah. Pemerintah sebagai penguasa akan menciptakan rencan pembangunan nasionalnya. Segala kebijakan yang akan dilaksanakan sepenuhnya oleh pemerintah.jenis pekerjaan dan pembagian kerja diatur oleh pemerintah. Jenis jenis pekerjaan di dalam suatu negara serta pembagian kerja diatur oelh pemerintah. Rakyat tidak sanggup menentukan dan bebas untuk berpindah pindah pekerjaan.
-Sistem ekonomi komando dianut oleh negara negara eropa timur ibarat Rusia, Rumania.

Kebaikan sistem ekonomi komando sebagai berikut:
-Pemerintah bertanggung jawab sepenuhnya terhadap perekonomian
-Pemerintah sanggup menentukan jenis jenis industri
-Pemerintah mengatur distribusi barang
-Mudah melaksanakan pengendalian dan pengawasan

Keburukan sistem ekonomi komando sebagai berikut:
-Hak milik perseorangan tidak ada kecuali barang barang yang sudah dibagikan
-Potensi, inisiatif dan kreasi setiap warga tidak berkembang dan cenderung mati.

Sistem ekonomi pasar bebas
Dalam sistem ekonomi pasar bebas, anggota masyarakat diberikan kebebasan yang sepenuhnya untuk menentukan acara ekonomi yang ingin mereka lakukan. Yang dimaksud dengan kebebasan penuh dalam acara ekonomi yaitu suatu sistemekonomi di mana pemerintah sama sekali tidak campur tangan dan tidak berusaha mempengaruhi acara ekonomi yang dilakukan masyarakat. seluruh sumber daya yang tersedia dimiliki dan dikuasai oelh anggota anggota masyrakat dan mereka mempunyai kebebasan penuh untuk menentukan bagaimana sumber daya tersebut akan digunakan. Mereka bebas menentukan jenis jenis pekerjaan yang ingin mereka kembangkan, dan jenis barang barang yang akan mereka beli dari pendapatan yang diperoleh. Sistem ekonomi yang menunjukkan kebebasan sepenuhnya pada anggota masyarakat untuk menentukan acara ekonomi yang dilkakukan disebut sebagai laissez faire yang artinya : Biarlah mereka melaksanakan pekerjaan yang sesuai dengan harapan mereka. dalam sistem ekonomi ini yang menciptakan keputusan dan menjalankan keputusan keputusan yaitu rumah tangga, perusahaan, dan industri. Mereka bebas mengikuti kehendaknya dalam batas batas norma, aturan dan tradisi di negaranya. Oleh alasannya yaitu itu, dalam sistem ekonomi pasar bebas terdapat kebebasan ekonomi. Dalam hal ini kepada perorangan dan swasta diberi kesempatan ekonomi tanpa banyak campur tangan dan kendala dari negara. 

Ciri ciri sistem ekonomi pasar bebas sebagai berikut:
-Semua alatdan sumber produksi berada di tangan perseorangan, masyarakat atau perusahaan perusahaan. Dalam hal ini masyarakat secara individu maupun kelompok diberi kebebasan untuk mengatur dan memilikinya
-Adanya pembagian kelas dalam masyarakat yaitu kelas pemilik dan kelas pekerja
-Adanya persaingan antar pengusaha, lantaran setiap orang diberi kebebasan mempunyai dan berusaha makan persaingan antarpengusaha tidak sanggup dihindarkan. Masing masing bertujuan mencari keuntungan sebesar besarnya.

Kebaikan sistem ekonomi pasar sebagai berikut:
-Setiap individu bebas mengatur perekonomiannya dan tidak perlu menunggu perintah dari pemerintah, sehingga bebas berusaha mencapai keuntungan sebesar besarnya
-Setiap individu bebas mempunyai alat alat produksi
-Adanya persaingan antar pengusaha mendorong kemajuan
-Produksi menurut atas apa yang diharapkan oleh masyarakat

Keburukan sistem ekonomi pasar bebas sebagai berikut
-Menimbulkan penindasan terhadap insan yang lain, yang kaya semakin kaya, yang miskin semakin miskin.
-Menimbulkan monopoli sehingga merugikan masyarakat
-Tidak adanya pemerataan pendapatan, lantaran setiap orang berlomba mengejar keuntungan yang besar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel