Pengertian Dan Tujuan Konsumsi Dalam Ilmu Ekonomi


Pengertian dan Tujuan Konsumsi dalam Ilmu Ekonomi - Konsumsi merupakan tujuan simpulan seluruh acara ekonomi masyarakat. Mungkin saja terjadi orang sanggup memenuhi sebagian kebutuhannya dengan jalan pribadi dan mudah. Apabila kita tinggal mengambil singkong atau sayuran dari kebun sendiri, proses produksi dan konsumsinya sederhana. Akan tetapi, dalam masyarakat modern di mana telah dilakukan pembagian kerja dan penggunaan uang, proses tersebut menjadi jauh lebih kompleks. Orang harus mencari pekerjaan untuk memperoleh penghasilan, lalu dari penghasilannya itu gres sanggup membeli barang dan jasa yang dibutuhkan.
Pengertian dan Tujuan Konsumsi dalam Ilmu Ekonomi  Pengertian dan Tujuan Konsumsi dalam Ilmu Ekonomi


Pengertian Konsumsi
Konsumsi dalam arti ekonomi ialah semua penggunaan barang dan jasa yang dilakukan insan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Barang dan jasa yang digunakan dalam proses produksi tidak termasuk konsumsi lantaran barang dan jasa itu tidak digunakan untuk memenuhi kebuthan hidup manusia. Barang dan jasa dalam proses produksi itu digunakan untuk memproduksi barang lain.

Sebagaimana telah diuraikan, barang konsumsi ialah barang yang pribadi sanggup digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Sedangkan barang produksi ialah barang yang dipergunakan untuk menghasilkan barang lain. Orang yang mengkonsumsi disebut konsumen, dan pengusaha yang menghasilkan barang disebut produsen.

Seorang konsumen belum tentu seorang produsen. Akan tetapi seorang produsen umumnya juga sebagai konsumen. Misalnya petani selain bergfungsi sebagai produsen hasil pertanian, juga sebagai konsumen atau pemakain barang konsumsi. Petani sebagai produsen membutuhkan alat pengolah tanah, pupuk, obat pemberantas hama, dan bibit padi. Petani sebagai konsumen membutuhkan makanan, pakaian, perumahan, dan alat alat rumah tangga. Pada umumnya barang memiliki faedah /kegunaan bagi manusia. Faedah didenifisikan sebgai kemampuan suatu barang untuk memenuhi suatu kebutuhan. Faedah bagi seseorang merupakan tanda-tanda probadi. Itulah sebabnya maka suatu barang sanggup sangat berfaedah bagi seseorang, tetapi justru tidak demikian bagi orang lain. Buah durian bagi orang yang suka memiliki faedah yang tinggi dalam memenuhi kebutuhannya akan buah buahan. Sebaliknya bagi yang tidak suka, baunya saja sudah sangat mengganggu.

Tujuan Konsumsi
Tujuan konsumsi ialah memperoleh kepuasan setinggi tingginya dan mencapai tingakt kemakmuran dalam arti terpenuhinya banyak sekali macam kebutuhan. Kebutuhan itu baik kebutuhan pokok / primer. Sekunder. Barang mewah, maupun kebutuhan jasmani dan kebutuhan rohani.

Persoalan Ekonomi yang Dihadapai Konsumen
Pokok problem ekonomi yang dihadapi oleh setiap orang dan setiap keluarga ialah orang ingin hidup layak sebagai insan dan sebagai warga masyarakat. untuk itu dibutuhkan bermacam macam barang dan jasa, ibarat makanan, pakaian, rumah, radia, kendaraan dan sebagainya. Barang barang itu semua harus dibeli. Untuk sanggup membeli barang barang dan jasa dibutuhkan uang.

Jadi seorang konsumen atau suatu keluarga di satu pihak berhadapan dengan kebutuhan kebutuhan hidup yang harus dipenuhi, di lain pihak dihadapkan dengan harga yang harus dibayar dan besarnya penghasilan yang membatasi apa dan berapa yang sanggup dibeli.

Dengan demikian persoalannya ialah bagaimana dengan penghasilan yang tertentu dan terbatas orang sanggup memenuhi semua kebutuhan hidupnya dengan sebaik mungkin. 

Menghadapi problem ini, seorang konsumen harus bertindak rasional dalam mempergunakan /membelanjakan uangnya, yaitu bertindak ekonomis. Bertindak hemat artinya mempertimbangkan antara hasil dan pengorbanan.

Hasil yaitu terpenuhinya kebutuhan kebutuhan lantaran kegunaan barang dan jasa yang dikonsumsi. Terpenuhinya kebutuhan itu menjadikan suatu rasa kepuasan. Hasil yang diperoleh dari mengkonsumsi barang dan saja disebut kepuasan. Kemampuan barang jasa untuk memenuhi kebutuhan insan disebut kegunaan /faedah. Pengorbanan yaitu harga yang harus dibayar atau perjuangan yang perlu dicurahkan untuk memperoleh barang dan jasa yang dibutuhkan. www.siapabisnis.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel