Pengertian Dan Jenis Jenis Motif Ekonomi


Pengertian Motif Ekonomi - Manusia umumnya selalu merasa dirinya kekurangan. Itulah sebabnya insan berusaha mengatasi kekurangan tersebut dengan melaksanakan tindakan yang disebut tindakan ekonomi. Kaprikornus lantaran utama insan melaksanakan tindakan ekonomi ialah keinginan mencukupi kebutuhan sampai menjadi sejahtera atau makmur. Sebab lantaran yang mendorong insan melaksanakan tindakan ekonomi disebut motif ekonomi.

Motif ekonomi ialah alasan yang mendorong menusia melaksanakan tindakan ekonomi. Untuk mencukupi kebutuhan hidupya insan berusaha mancari nafkah. Kaprikornus mencukupi kebutuhan hidup termasuk motif ekonomi, sedangkan berusaha mencari nafkah termasuk tindakan ekonomi.
 Manusia umumnya selalu merasa dirinya kekurangan Pengertian Dan Jenis Jenis Motif Ekonomi


Apabila tindakan insan diarahkan pada suatu tujuan tertentu, artinya bahwa tindakan ekonomi tersebut mempunbyai maksud maksud tertentu, tindakan ekonomi tadi dilakukan menurut motif ekonomi. Misalnya dari seluruh penghasilan yang diterima seseorang dengan cara hidup hemat. Tujuannya ialah, dikemudian hari sanggup mempunyai kawasan tinggal. Perbuatan ekonomi dengan hidup berhemat itu mempunyai tujuan tertentu, yaitu mempunyai sebuah rumah. Kaprikornus motif ekonomi di sini merupakan motif yang mendorong suatu tindakan ekonomi insan untuk mencapai kemakmuran. Atau suatu motif yang mendorong insan untuk bertindak hemat atau hemat.

Beberapa motif tindakan insan sebagai berikut:

Motif mencari laba
Motif mencari keuntungan ialah dorongan untuk mecari keuntungan atau keuntungan yang didorong oleh penemuan atau penemuan penemuan.

Motif memperoleh kekuasaan
Motif memperoleh kekuasaan ditujukan untuk sanggup memperoleh kekuasaan dalam masyarakat. contohnya pengusaha pengusaha yang relatif sudah makmur masih terus bekerja keras berbagi perusahaannya dengan cara kerja yang efisien atau ekonomi, dengan impian ia sanggup menguasai perdagangan yang lebih luas.

Motif memperoleh penghargaan
Sebagian orang beropini bahwa supaya menjadi terpandang dalam masyarakat, harus mempunyai kekayaan melebihi kekayaan orang lain, contohnya berupa tanah, emas, dan mobil.

Ditinjau dari segi ekonomi, cara yang demikian kadang kadang tidak efisien. Fungsi sosial kekayaan tersebut kurang bermanfaat bagi banyak orang. Kecuali bila kekayaan yang banyak itu disimpan di bank, atau dipakai untuk mendirikan perusahaan yang banyak menyerap tenaga kerja.

Motif sosial
Motif sosial ialah keinginan untuk menolong sesama manusia. Misalnya memberi dukungan pada orang yang terkena musibah, menyantuni fakir miskin dan memberi sumbangan pada kawasan tempat ibadah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel