Pengertian Dan Tujuan Produksi



Pengertian dan Tujuan Produksi - Pada mulanya insan sanggup mencukupi kebutuhannya sendir. Misalnya insan membutuhkan masakan dengan mencari atau memasak sendiri. Manusia membutuhkan masakan dengan mencari atau memasak sendiri. Manusia membtuhkan pakaian dengan membuat sendiri dari kulit kayu atau kulit hewan. Manusia memerlukan rumah dengan mendirikan sendiri. Akan tetapi, kemajuan tingkat kehiduapan insan menjadikan insan tidak sanggup mencukupi kebutuhannya sendiri. Meskipun petani sanggup menghasilkan beras, ia tidak sanggup mencukupi semua kebutuhannya tanpa pertolongan orang lain, contohnya kebuthan akan baju memerlukan jasa penjahit.

Dengan demikian timbul pembagian kerja dalam masyarakat. pembagian kerja merangsang insan memupuk bakatnya masing masing guna meningkatkan mutu barang yang dibuat baik untuk memenuhi kebutuhan sendiri maupun kebutuhan orang lain. Usaha itulah yang disebut produksi.
Pada mulanya insan sanggup mencukupi kebutuhannya sendir Pengertian dan Tujuan Produksi

Pengertian Produksi
Produksi yaitu setiap tindakan yang membuat atau menambah faedah / manfaat. Pangkal pohon yang tertinggal sehabis pohonnya di tebas tidak ada faedahnya dan biasanya di tinggal begitu saja. akan tetapi seorang pengrajin jeli sanggup memanfaatkannya. Pangkal pohon tersebut di gajli dan diambil lalu dibuat sebuah meja. Meja itu sengaja dibuat dengan banyak meninggalkan bekas pangkal tersebut yang justru memberi corak keindahan tersendiri pada meja yang dibuatnya. Kayu yang terbuang tersebut menjadi berfaedah dan faedah yang terjadi dalam hal ini yaitu faedah kegunaan bentuk. Apabila pengrajin tadi tinggal di desa tidak jauh dari hutan daerah penebangan pohon, maka meja tersebut tidak akan ada yang membeli, sekalipun bentuknya indah. Meja itu harus dipindahkan tempatnya dan diangkut ke kota daerah konsumen yang bisa dan mau membelinya. Makara di desa daerah membuatnya, meja itu tidak berfaedah tetapi sehabis dipindah tempatnya ke kota, meja tersebut menjadi barang berfaedah. Faedah yang timbul dalam hal ini yaitu kegunaan tempat.dapat dikatakan produksi meliputi setiap perjuangan insan yang baik secara eksklusif maupun tidak eksklusif dalam menghasilkan barang dan jasa biar berkhasiat untuk memenuhi suatu kebutuhan manusia.

Dengan demikian suatu acara disebut produktif apabila sungguh sungguh membantu atau menyumbangkan sesuatu yang berkhasiat dalam proses produksi masyarakat. contohnya pekerjaan tukang catut (makelar) yang hanya menaikkan harga dan tidak menambah faedah atau guna ekonomi itu tidak termasuk acara produksi. Sebaliknya suatu hobby menyerupai memelihara ternak unggas atau fotografi sanggup diproduktifkan untuk menambah penghasilan keluarga.

Tujuan Produksi
Produksi barang dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan untuk tujuan sebagai berikut:

Memenuhi kebutuhan masyarakat
Dalam memenuhi kebutuhan hidup masyarkat membutuhkan banyak sekali macam barang. Barang barang tersebut diproduksi oleh perusahaan. Perusahaan dalam memproduksi barang jumlahnya diubahsuaikan dengan jumlah yang dibuthkan masyarakat. apabila jumlah yang diproduksi melebihi jumlah yang diharapkan masyarakat, hasilnya barang akan turun.

Mencari keuntungan
Tujuan perusahaan memproduksi barang ialah mencari keuntungan atau keuntungan setinggi tingginya. Laba diperoleh dari selisih antara penerimaan dengan biaya produksi. siapabisnis.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel