Mengenal Macam Macam Barang Dalam Ilmu Ekonomi



Mengenal Macam Macam Barang Dalam Ilmu Ekonomi – untuk memenuhi kebutuhan, insan memerlukan alat alat pemenuhan kebutuhan, yaitu berupa barang dan jasa.barang atau benda ialah segala sesuatu yang telah menjadi sarana, baik secara pribadi maupun tidak langsung, untuk memenuhi kebutuhan insan dan merupakan barang berwujud. Sedangkan jasa ialah segala sesuatu yang sanggup memenuhi kebutuhan insan yang buka barang berwujud. 


Mengenal Macam Macam Barang Dalam Ilmu Ekonomi Mengenal Macam Macam Barang Dalam Ilmu Ekonomi

Macam macam barang sanggup digolongkang berdasarkan beberapa cara ibarat berikut:
1. Dari segi cara memperoleh

Barang ekonomi
Merupakan barang yang memiliki kegunaan dan langka adanya atau jumlahnya terbatas. Artinya, jumlahnya lebih sedikit dibandingkan dengan yang diharapkan masyarakat. barang ekonomi hanya sanggup kita peroleh dengan pengorbanan. Hampir setiap barang yang kita perluakan merupakan barang ekonomi. Contohnya makanan, minuman, pakaian, rumah dan kendaraan.

Barang ekonomi sanggup dikelompokkan lagi sebagai berikut :

Barang ekonomi berwujud

Barang konsumsi
Merupakan barang yang keberadaannya tidak memerlukan pengolahan lagi dan sanggup pribadi dipakai untuk memenuhi kebutuhan manusia. Barang ini sering pula disebut barang jadi atau barang akhir. Barang konsumsi sanggup dibagi lagi menjadi dua yaitu barang konsumsi tidak tahan usang dan barang konsumsi tahan lama.

Barang konsumsi tidak tahan usang yaitu barang yang habis satu kali pakai ibarat kuliner dan minuman.

Barang konsumsi tahan usang yaitu barang konsumsi yang penggunaannya sanggup lebih dari satu kali pemakaian ibarat pakaian, perabot.

Barang produksi
Merupakan barang yang dipakai untuk memenuhi kebutuhan insan secara tidak langsung. Barang ini dipakai untuk menghasilkan barang barang konsumsi atau barang modal lainnya.

Barang produksi dibagi lagi yaitu barang produksi satu kali pakai ibarat materi mentah dan materi baku dan barang produksi lebih dari satu kali pakaiseperti mesin, peralatan pabrik.

Barang ekonomi yang tidak berwujud atau jasa
Contohnya jasa dokter, jasa guru, salon kecantikan, pengacara.

Barang bebas
Merupakan barang yang jumlahnya berlimpah. Barang ini tersedia dalam jumlah yang melebihi dari yang diharapkan masyarakat. barang bebas sanggup kita peroleh tanpa pengorbanan ibarat udara yang kita hirup, sinar matahari.

Barang illith
Merupakan barang yang jumlahnya berlebihan. Barang ini melebihi dari jumlah yang diharapkan sehingga harus dikurangi. Jumlah barang yang berlebihan itu justru merugikan bahkan membahayakan kehidupan manusia. Barang itu dalam jumlah tertentu sangat diharapkan insan ibarat air dan api. Jumlah air kalau melimpah maka sanggup mengakibatkan banjir.oleh alasannya ialah itu barang barang ini perlu dibatasi jumlahnya sesuai dengan kebutuhan manusia.

2. Dari segi fungsinya

Barang substitusi
Merupakan barang pengganti yaitu barang yang pemakaiannya sanggup saling mengganti. Misalnya roti yang merupakan pengganti beras, ikan yang sanggup mengganti daging.

Barang komplementer
Merupakan barang pelengkap yaitu barang yang dalam penggunaannya saling melengkapi. Barang komplementer gres memiliki nilai pakai kalau pemakaiannya digabungkan dengan barang lainnya misalnya kendaraan beroda empat dengan bensin, tinta dengan pulpen.

3. Dari segi jaminan

Barang bergerak
Merupakan barang yang dipergunakan sebagai jaminan untuk memperoleh kredit atau proteksi jangka pendek. Contohnya perhiasan sebagai jaminan untuk memperoleh proteksi dari pegadaian

Barang tidak bergerak
Merupakan barang yang dipergunakan sebagai jaminan untuk memperoleh kredit aau proteksi jangka panjang. Contohnya tanah atau rumah sebagai jaminan untuk memperoleh proteksi dana dari bank.

4. Dari segi proses pembuatannya
Dari segi proses pembuatannya, barang sanggup dibedakan sebagai berikut
Bahan mentah pola kapas
Barang setengah jadi pola benang
Barang jadi pola pakaian

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel